3 Judul Lagu yang Terinspirasi Tempat-tempat di Ngawi, Pernah Tahu?

Belakangan ini penikmat musik di Indonesia banyak menggandrungi musik bergenre Campursari.  Lagu-lagunya pun banyak yang mengusung tema tempat di suatu daerah, tak terkecuali di Ngawi. Mau tahu, judul lagu apa saja yang terinspirasi tempat-tempat di Ngawi? Simak ulasan berikut, yuk.

Kartonyono Medot Janji

lagu ngawi
Tugu Gading Kartonyono (c) Prasetia Bhayu/Travelingyuk

Lagu pertama berjudul Kartonyono Medot Janji yang dibawakan oleh penyanyi pendatang baru bernama Denny Caknan. Lagu ini bercerita tentang putusnya dua orang anak muda yang putus cinta di Kartonyono. Ia terinspirasi membuat judul lagu Kartonyono ketika ada pembongkaran tugu lama yang diganti dengan yang baru.

lagu ngawi
Kartonyono dari ketinggian via instagram/adib_setyo

Kartonyono sendiri adalah perempatan di tengah pusat Kota Ngawi. Di tengah perempatan terdapat tugu gading yang menjadi ikonnya. Terdapat tujuh gading yang menopang satu gading emas di atasnya. Tampak depan bertuliskan “Ngawi ramah”.

Perlu kalian tahu, Tugu Kartonyono yang terbaru ini bisa berputar 360°. Jadi, apabila kalian ingin berfoto di sekitaran tugu tidak perlu berjalan di depan tugu, Teman Traveler cukup menunggu saat tugu menghadap kalian. Unik kan?

Dalan Anyar

lagu ngawi
Tugu depan Terminal Kertonegoro (c) Prasetia Bhayu/Travelingyuk

Kedua, ada lagu berjudul Dalan Anyar yang dinyanyikan oleh Didi Kempot.
Lagu Dalan anyar bercerita tentang seseorang yang mengetahui pasangannya berduaaan dengan orang lain di ring road Ngawi, sebelah barat dari Terminal Kertonegoro. Inspirasi Didi kempot membuat lagu itu berasal dari pembuatan ring road yang diresmikan oleh presiden Susilo Bambang Yudhoyono kala itu. 

Terminal Kertonegoro adalah terminal terbesar di Kabupaten Ngawi. Lokasinya berada di sebelah barat dari Kota Ngawi. Sangat strategis karena  dekat dengan jalur ring road dan pintu masuk gerbang tol. Terminal ini berada di tengah jalur poros antara Kota Surabaya dan Jogja.

Langit Mendung Kutho Ngawi

Jalan menuju Ngawi (c) Prasetia Bhayu/Travelingyuk

Terakhir, ada Langit Mendung Kutho Ngawi yang dilantunkan oleh Dalang Poer. Lagu Langit Mendung Kutho Ngawi sendiri berisi sebuah puisi menceritakan seorang pasangan yang ternyata tak mencintai pasangannya sendiri, dengan kenangan di berbagai tempat di kabupaten Ngawi. Mulai dari jalannya, suasananya hingga sebuah sendang dengan nama Sendang Glagah. 

Alun-alun Ngawi via instagram/yoganendi

Itulah kumpulan judul lagu yang terinspirasi tempat-tempat di Ngawi. Kalau dilihat-lihat, semua lagunya memiliki tema yang sangat menyedihkan. Tapi, Ngawi sendiri akan selalu memberikan keceriaan bagi siapa saja yang datang ke sini.

Tags
Indonesia Jawa Timur kontributor lagu ngawi Ngawi Wisata
Share