Kuliner Wonogiri yang Pasti Kurang Kalau Cuma Makan Sekali

Advertisement

Apa yang paling ingin kamu jumpai saat bertandang ke Wonogiri? Wisata atau kuliner? Sebenarnya tak perlu memilih karena kamu bisa mendapatkan kedua hal itu dengan mudah. Setelah puas jalan-jalan menikmati alam, mari santap hidangan khas yang super enak. Berikut ini rekomendasi dari Travelingyuk.

1. Trancam hingga Pepes di Rumah Makan Alami Sayang

Terancam
Terancam [image source]
Yang unik di tempat ini adalah panggilan mesra pada para pelanggan. Jangan kaget, saat datang hendak pesan makanan kamu akan dipanggil sayang. Bukannya tanpa alasan, panggilan tersebut digunakan untuk membuat pengunjung semakin nyaman. Hidangannya lengkap dan kebanyakan khas Jawa seperti sayur trancam hingga pepes. Letak warung ada di Jl. Wonogiri-Ngadirojo km 6, Desa Ngadirojo Kidul.

Rumah Makan
Rumah Makan [image source]

2. Ayam Panggang Mbok Tiyem

Ayam Goreng
Ayam Panggang [image source]
Yang ini adalah kuliner legendaris Wonogiri. Ayam panggangnya telah dijual sejak tahun 1960-an. Umur yang sudah puluhan tahun dan menjadi bukti bahwa rasanya lezatnya memang bukan isapan jempol belaka. Saat ini pengelola adalah anak Mbok Tiyem yang bernama Sri Wahyuni. Meski  pemilik telah berganti, tapi kelezatannya tak pernah berubah. Coba saja langsung dengan mengunjungi Desa Sambi, Jatisrono, Wonogiri.

Ayam Goreng
Ayam Goreng [image source]

3. Bakso Titoti

Bakso Titoti
Bakso Titoti [image source]
Berada di Jalan Panglima Sudirma Kecamatan Giritirto, Bakso Titoti adalah santapan yang ramai pengunjung hampir setiap hari. Pertama kali muncul sekitar tahun 1987 dan hingga sekerang tetap setia menyajikan bakso yang enak. Kesuksesannya terbukti dengan sejumlah cabang yang tersebar di Pulau Jawa.

Bakso Titoti
Bakso Titoti [image source]

4. Wader Goreng Waduk Gajah Mungkur

Wader Goreng Waduk Gajah Mungkur
Wader Goreng Waduk Gajah Mungkur [image source]
Wader adalah jenis ikan yang mudah ditemukan di sungai. Rasanya gurih ketika digoreng, apalagi menggunakan tepung. Bayangkan saat menyantapnya dibarengi dengan nasi hangat dan sambal pedas. Temukan olahan wader di Waduk Gajah Mungkur dengan harga sekitar Rp7000 per porsinya.

Wader Goreng Waduk Gajah Mungkur
Wader Goreng Waduk Gajah Mungkur [image source]

5. Pindang Kambing

Pindang Kambing
Pindang Kambing [image source]
Pindang Kambing yang ada di Wonogiri terbuat dari tepung dengan tambahan kikil dan jeroan kambing. Agar rasanya semakin khas, dibungkus dengan daun jati. Selain di santap langsung, pindang kambing dapat dijadikan lauk pendamping nasi. Saat ini derah yang terkenal  menjual kuliner tersebut adalah Kecamatan Ngadirejo.

Pindang Kambing
Pindang Kambing [image source]
Itulah beberapa pilihan kuliner di Wonogiri yang rasanya enak-enak. Kamu sudah punya pilihan favorit? Segera saja cicipi semuanya!

Advertisement
Tags
Indonesia Jawa Tengah Wonogiri
Share