Kuliner Warisan Belanda Ini Terkenalnya Sampai Kini, Mana Favoritmu?

Sebagai negara yang ratusan tahun bersinggungan dengan Belanda, wajar jika ada beberapa budayanya yang masuk dan berakulturasi, menjadi bagian dari Indonesia. Termasuk di deretan makanan enaknya. Kuliner-kuliner yang akrab dengan lidah masyarakat Indonesia, beberapanya adalah kuliner warisan Belanda. Nah, penasaran, apa saja kuliner peninggalan Belanda yang sampai saat ini masih banyak diminati?

1. Kue Lapis Legit

Kue Lapis yang Manisnya Legit
Kue Lapis yang Manisnya Legit via Instagram/yunitaanwar

Kue Lapis Legit yang lembut dan manis itu, ternyata warisan kuliner Belanda dengan nama asli Spekkoek. Pada zaman dulu, Spekkoek disajikan dalam Rijsttafel, jamuan makan khas Belanda. Selain aneka masakan dan nasi, kue ini disajikan dalam jamuan tersebut. Hingga kini, meski tergolong sulit dibuat, Lapis Legit atau Spekkoek masih banyak diminati.

2. Semur

Selera Makan Naik dengan Seporsi Semur Daging
Selera Makan Naik dengan Seporsi Semur Daging via Instagram/ettyyuni

Dalam buku masakan tertua di Hindia Belanda, Groot Nieuw Oost-Indisch Volledig Kookboek yang terbit 1902, terdapat resep Semur. Dalam bahasa Belanda, Semur berasal dari kata Smoor, yang artinya rebusan. Tapi, sajian Smoor ini lebih dikenali sebagai masakan daging yang direbus dengan tomat, bawang serta bumbu. Di Indonesia, olahan semur ini divariasikan menjadi bermacam-macam, tidak hanya daging.

3. Kue Cubit

Kue Cubit Warna-warni
Kue Cubit Warna-warni via Instagram/aidi_styleshop

Kue Cubit yang biasa dijajakan oleh pedagang-pedagang di pinggir jalan ini, ternyata juga termasuk kuliner warisan Belanda yang sampai kini, masih banyak diminati.

Kuliner Warisan Belanda
Kuliner Warisan Belanda (c) Travelingyuk/Andre Fauzy

Kue mungil terinspirasi dari Poffertjess, kue mungil asal Belanda. Kue Cubit di Indonesia mulai banyak divariasikan. Teman Traveler bisa bebas memilih topping untuk membuat rasa camilan imut ini semakin enak.

4. Perkedel

Perkedel Kentang, Simple dan Mengenyangkan
Perkedel Kentang, Simple dan Mengenyangkan via Instagram/encim.gendut

Perkedel yang menjadi kegemaran sebagian besar masyarakat Indonesia ini ternyata adalah juga merupakan peninggalan para meneer dan nona Belanda. Nama asli dari kuliner ini adalah Frikadeller, yaitu makanan berbahan kentang dan daging yang digoreng.

5. Kastengel

Varian Bentuk Kastengel, Salah Satu Kue Warisan Belanda
Varian Bentuk Kastengel, Salah Satu Kue Warisan Belanda via Instagram/dhora_kusumadewi

Kue ini menjadi primadona saat Lebaran tiba. Kehadirannya tidak pernah absen. Meski setiap tahun ada, Kastengel selalu habis takbersisa. Nah! Kue asin dengan citarasa keju yang kuat ini, ternyata juga merupakan peninggalan dari Belanda lho, Teman Traveler.

Dalam bahasa Belanda, kue ini bernama Kaasstengels yang artinya “Kaas” keju dan “stengels” adalah batangan. Kaasstengels asli Belanda berukuran lebih besar dan panjang. Tetapi, di Indonesia, ia diadopsi menjadi lebih kecil. Namun, tetap dengan citarasa keju yang kuat dan nagih.

Kuliner warisan Belanda, mulai dari semur hingga kastengel, semua masih bisa dinikmati dan diminati hingga kini. Terus, mana yang jadi favorit Teman Traveler? Semua? Sama!

Tags
kue belanda kue indonesia kuliner belanda kuliner Indonesia
Share