Kuliner Viral di Tahun 2020 yang Diburu Saat Pandemi

Advertisement
Advertisement

Tahun 2020 diawali dengan kondisi yang memprihatikan bagi semua kalangan. Pasalnya virus Covid-19 yang menyebar di Indonesia melumpuhkan segala sektor industri, apalagi industri kuliner dan wisata. Namun, wisata kuliner kembali bangkit dengan memunculkan inovasi keren dan mampu menarik minat wisatawan dan masyrakat hingga bermunculan makanan viral. Wah, apa saja ya kuliner viral yang diburu saat pandemi?

1. Cumi Bakar Daffa

Screenshot via instagram/@hendry.jonathan

Sekilas, kuliner cumi bakar sudah biasa ditemui. Namun, cumi bakar yang berlokasi di Syahdan, Kemanggisan, Jakarta menawarkan cara membakar cumi unik bak sedang debus yang jadi viral. Api besar membakar seluruh cumi bahkan terkadang mengenai wajah para pemasak.  Menu yang dijual hanya cumi bakar dengan dua pilihan ukuran, yakni biasa harga Rp 7.000 dan jumbo dengan isian pentol harga Rp 15.000. Untuk saos cocolnya juga ada dua pilihan, saos padang dan saos tomat. Wajib banget lah dicoba bagi para pecinta seafood.

2. Tunqu Nangkring

Via ig/@tunqunangkring_jogja

Pedagang kaki lima yang satu ini adanya di Jogja, tepatnya di Jalan Mangkubumi, Gowongan, sebelah selatan Grand Zuri. Jajajan yang dijual adalah pizza varian manis atau gurih yang harganya cuma Rp 30.000 –  Rp. 40.000-an aja loh. Rasanya bener-bener mantep dan gak kalah sama pizza resto mewah. Disini, teman traveler bisa lihat langsung proses pembuatan pizzanya sambil nunggu pesanan. Varian rasa dan isi juga cukup lengkap dengan nama yang unik seperti pitza sarang lemak, pitza daging gulung, pitza iwak segoro, pitza gagal diet, dan masih banyak lagi. Pizza viral buka setiap pukul 16.30- 22.00.

3. Bubur Hayam

Via ig/@buburhayam

Kulliner yang satu ini pasti banyak disukai kalangan. Yap, bubur ayam yang lembut dan yummy, cocok dimakan waktu sarapan, makan siang, dan makan malam juga. Kabarnya, sehari mereka bisa menjual 2000 porsi. Makanan dari olahan beras ini tengah viral karena isiannya berupa kuning telor kampung spesial yang masih utuh, rempelo ati, bawang goreng, daun bawang, kacang, irisan ayam, dan bawng goreng. Selain bubur ayam, bubur ketannya juga nikmat banget dengan isian tambahan ice cream dan potongan buah manga. Menu lezat bubur hayam yang berlokasi di Jalan Johor Nurhadi, Kotabaru, Jogja bisa teman traveler nikmati mulai pukul 06.00- 22.30.

4. Bakwanday

Via ig/@bakwanday

Bakwan yang disebut khas dari Pontianak ini tengah jadi incaran para pelancong dan penduduk Indonesia. Gorengan yang sebenranya simple ini ternyata dikembangkan menjadi makanan kekinian bahkan memiliki kelas premium. Seperti halnya bakwan pada umumnya, bakwanday berbahan dasar tepung terigu dan isian sayur. Namun, yang khas dari Bakwanday adalah variasi menu seperti isian rebon, teri, dan pepperoni. Untuk melengkapi makan, saos sambal cocol juga disiapkan dalam wadah plastik. Selain itu, bungkusannya gak pake plastik, tapi menggunakan kertas bercorak koran yang disesuaikan dengan gerobak khas bakwanday. Karena kepopulerannya, bakwanday kini tengah punya kemitraan yang di beberapa kota besar seperti Bandung, Surabaya, Depok, Tangerang, Jakarta, Cibubur, Jogja dan Bekasi. Nah yang kepo sama lokasinya langsung aja buka Instagram “bakwanday”.

Rasanya pengen cepetan nyoba nih. Teman traveler yang belum coba dan lagi berada di kota-kot tersebut bisa banget deh nyobain kuliner viral di tahun 2020 ini. Nah, bagi yang punya referensi makanan viral lain boleh dong dibagikan infonya. Selamat menikmati kuliner viral!

Advertisement
Tags
kuliner jakata kuliner Jogja kuliner viral kuliner viral tahun 2020 tahun 2020
Share