Kuliner Unik dengan Buah Sebagai Wadah, Mau Coba?

Melisa

Melisa

On Indonesia

Menu unik menjadi ‘senjata’ bagi para pelaku usaha kuliner untuk menarik para pengunjung. Karenanya, setiap saat ada saja makanan-makanan lucu yang menggoda untuk dicoba. Saat ini, hidangan hits di berbagai kafe dan restoran adalah makanan dan minuman yang menggunakan kulit buah sungguhan sebagai wadah. Unik dan menarik, ya. Seperti apa penampakannya?

1. Nasi Goreng Nanas

Nasi goreng dengan wadah nanas
Nasi goreng dengan wadah nanas via Instagram/@kopioey

Nasi goreng merupakan menu yang selalu ada hampir di setiap restoran. Makanan khas Indonesia ini pun memiliki banyak jenis, di antaranya nasi goreng kambing, nasi goreng teri, hingga nasi goreng mozarella. Ada satu lagi yang menarik karena unik, yaitu nasi goreng nanas. Tak hanya dicampur dengan potongan buah nanas, namun makanan ini juga disajikan di dalam wadah yang dibuat dari kulit nanas. Kamu bisa mencicipi kuliner lucu ini di Bangi Kopitiam.

Nasi goreng nanas
Nasi goreng nanas via Instagram/@sayurbox

2. Bakso Kelapa

Bakso dengan wadah kelapa
Bakso dengan wadah kelapa via Instagram/@jakartarandomeats

Siap yang tak doyan makan bakso? Kuliner merakyat ini memiliki banyak peminat. Apalagi belakangan varian bakso semakin banyak bermunculan. Sebut saja bakso beranak, bakso buaya, hingga yang terbaru adalah bakso raksasa yang super besar. Jika kebanyakan bakso tersebut disajikan di mangkuk, berbeda halnya dengan sajian di Rumah Makan Doyan Makan, Alam Sutera. Di sini, bakso disuguhkan di dalam kelapa. Namanya Bakso Kelapa Muda, bola-bola daging, kuah, dan tambahan lainnya langsung disendok dari buah kelapa yang masih ada kulit degannya.

Bakso Kelapa
Bakso Kelapa via Instagram/@ninifebriani

3. Es Melon

Es Melon Patbingsoo
Es Melon Patbingsoo via Instagram/@maemcanci

Rasanya segar banget kalau bisa menikmati semangkuk es buah di siang hari yang panas. Apalagi dengan bonus ice cream di atasnya. Ternyata ada yang jauh lebih menarik, nih. Rumah makan ala Korea, Patbingso, menyajikan es dengan potongan buah bulat-bulat lucu dan dimasukkan dalam mangkok yang terbuat dari buah melon segar. Saat es habis, masih bisa makan buahnya, nih. Kamu juga bisa memilih apakah es krimnya di atas sebagai topping atau disembunyikan di dalam buah? Semuanya sama-sama segar!

Es Melon
Es Melon via Instagram/@gozali.foodish

4. Es Jeruk

Aiskrim Jeruk
Aiskrim Jeruk via Instagram/@aiskrimsmd

Es krim merupakan dessert yang disukai banyak orang, baik anak-anak maupun orang dewasa. Ada banyak macam es krim menarik dengan berbagai rasa, misalnya coklat, vanilla, dan yang terbaru adalah matcha atau green tea. Ternyata ada juga yang tak kalah unik dan menarik untuk dicoba, yaitu es krim jeruk. Bukan disajikan dalam cup atau cone, es krim ini disuguhkan dalam wadah kulit jeruk. Karena itu rasa jeruknya pun sangat kuat. Belum lagi di dalamnya juga ditambahkan bulir jeruk asli. Yakin tak mau coba?

Aiskrim dengan wadah jeruk
Aiskrim dengan wadah jeruk via Instagram/@aiskrimsmd

5. Es Mangga

Es Mangga wadah Mangga
Es Mangga wadah Mangga via Instagram/@razsubarkah

Paling enak memakan buah memang langsung dari buah utuhnya. Ternyata kamu juga bisa mencoba es buah langsung dari potongan buahnya, lho. Rumah makan ala Korea Jjigae House, yang ada di Muara Karang, Jakarta Utara, menyediakan es mangga yang dikemas sangat apik. Potongan-potongan mangga ditumpuk di atas buah mangga yang dibekukan. Ada tambahan selasih dan es krim di atasnya. Wah, boleh juga menyantap es ini untuk ngadem dari panasnya Jakarta.

Es Mangga Jakarta
Es Mangga Jakarta via Instagram/@jjigaehouse

Ternyata banyak juga yang kreatif mengganti piring dan mangkok dengan kulit-kulit buah. Selain lebih segar, menu-menu di atas menjadi lebih cantik dan menggugah selera. Bagaimana, kamu sudah coba yang mana?