Kuliner Unik Serba Ketan, dari Topping Coklat hingga Campur Durian

Kuliner Indonesia memang sangat beragam, contohnya aneka olahan mie seperti bakmi Jogja, mie kocok Bandung, dan aneka mie lainnya. Masakan nusantara lainnya yang wajib dicoba adalah kuliner unik serba ketan. Ada yang bertopping coklat hingga yang dicampur buah durian seperti yang bakal Travelingyuk bahas berikut ini, yuk cobain!

1. Ketan Durian

Ketan Durian
Ketan Durian via Instagram/@elsaelwin

Salah satu kuliner unik serba ketan yang wajib dicicipi adalah Ketan Durian. Ketan disiram dengan susu kental manis, lalu diberi tambahan durian. Setiap suapannya langsung bikin nagih. Kamu bisa mencoba ini saat berkunjung ke Batu. Karena salah satu satu kuliner khas Batu adalah Ketan Legenda di mana ketan durian lah yang menjadi andalannya.

Ketan dengan durian
Ketan dengan durian via Instagram/@anisapriandini

2. Mango Sticky Rice

Mango Sticky Rice, kuliner serba ketan
Mango Sticky Rice, kuliner serba ketan via Instagram/@bananaleafph

Ada juga mango sticky rice. Ini merupakan makanan khas Thailand yang kini mulai banyak ditemukan di Indonesia. Tak sedikit kafe dan restoran yang menyediakan kuliner jenis ini. Yaitu ketan yang disantap dengan buah mangga, tak lupa  taburan wijen di atasnya. Kini tak perlu ke Negeri Gajah Putih untuk mencicipi makanan ini. Bahkan sudah banyak yang menjual kuliner ini lewat online, lho.

Mango Sticky Rice
Mango Sticky Rice via Instagram/@abetrana

3. Ketan Serundeng

Ketan dengan serundeng
Ketan dengan serundeng via Instagram/@christina_leny

Kuliner unik serba ketan lainnya adalah yang bertopping serundeng. Ketan serundeng adalah salah satu makanan khas Betawi yang kini sudah semakin susah ditemukan. Ketannya dimasak dengan campuran kelapa sehingga rasanya semakin gurih. Kemudian ketan disajikan dengan taburan serundeng di atasnya. Setiap gigitan adalah perpaduan rasa dari ketan yang manis dengan serundeng yang enak dan pedas.

Ketan Serundeng
Ketan Serundeng via Instagram/@michellemawar

4. Wedang Cor

Wedang Cor
Wedang Cor via Instagram/@melanyhandoyo

Wedang cor adalah kuliner yang hanya bisa ditemukan di Jember. Wedang artinya minuman dalam Bahasa Jawa. Minuman ini terbuat dari air jahe, susu, dan ketan hitam. Paling nikmat disantap saat malam hari karena langsung menghangatkan badan. Kamu bisa mencicipi wedang yang satu ini saat berkunjung ke Jember, yaitu Wedang Cor Mbah As yang berlokasi di Pajajaran, Kebonsari, Sumbersari.

Wedang Cor dengan Ketan
Wedang Cor dengan Ketan via Instagram/@pecel_rawon

5. Ketan Sambel

Ketan dengan Sambel
Ketan dengan Sambel via Instagram/@odoyketansusu

Beberapa daerah menyebutnya dengan ketan sambel, namun di tempat lain lebih dikenal dengan nama ketan bubuk. Hal ini ternyata dikarenakan rasa bubuk yang ditaburkan di atas ketan memiliki sedikit rasa pedas. Kuliner unik serba ketan yang satu ini mungkin sudah banyak ditemukan di berbagai daerah. Variannya pun sudah beragam, dari ketan susu hingga yang diberi taburan keju. Pasti kamu sudah pernah coba.

Ketan Sambel
Ketan Sambel via Instagram/@endhycatering

Ternyata banyak juga kuliner unik serba ketan yang bisa dicoba di Indonesia. Enak-enak dan rasanya bikin nagih, serta langsung membuat kenyang. Bagaimana, kamu suka yang mana?

Tags
Indonesia kuliner serba ketan
Share