Ragam Kuliner Unik Meulaboh, Kelezatan Tiada Duanya

Meulaboh sempat menjadi daerah paling parah terkena dampak tsunami pada 2004 silam. Namun kota yang lepas dari Aceh Barat pada 2013 ini sudah bisa kembali bangkit. Di sektor wisata, ragam kuliner unik Meulaboh siap memanjakan siapapun pengunjung yang datang.

Mulai dari minuman hingga makanan berbahan mie, kuliner unik Meulaboh menawarkan sensasi kelezatan yang tiada duanya – sulit didapat di tempat lain. Oleh karena itu sayang sekali jika berkunjung namun tak menjajalnya satu-persatu. Sebagai inspirasi, berikut Travelingyuk berikan daftar ragam kuliner unik Meulaboh yang patut dicoba.

1. Mie Kepiting Harmoni

Mie Kepiting
Mie Kepiting via Instagram aceh.kuliner

Makanan khas Aceh seperti Mie Aceh dengan topping ayam atau daging sapi tentu sudah biasa. Namun jika berkunjung ke Kuala Bubon, ada warung Mie Kepiting Harmoni yang terkenal. Letaknya hanya sekitar 30 menit dari kota Meulaboh.

Bumbu mie acehnya terasa begitu lezat. Namun yang paling jadi andalan adalah ukuran kepitingnya yang cukup besar. Hal tersebut juga menentukan harga per porsinya. Sepiring Mie Kepiting Harmoni bisa dibandrol antara 25 hingga 100 ribu rupiah.

2. Mie Kerang Amponteeh

Mie Kerang
Mie Kerang via Instagram reeshckasahpoetree

Sama seperti Mie Kepiting Harmoni, mie Kerang Amponteeh merupakan variasi lain dari mie Aceh. Disajikan dengan kuah berbumu mirip, namun diberi tambahan beberapa bahan lain seperti acar, timun, jeruk nipis, serta kerupuk. Tentu saja yang menjadi sorotan utama adalah kerangnya, sangat terasa di mulut.

Mie Kerang Amponteeh sangat cocok dinikmati mereka yang gemar makan-makanan pedas. Sebab kuahnya cukup menyengat dan bisa bikin lidah bergoyang. Satu porsi mie ini dihargai sekitar 10 ribu rupiah.

3. Es Kacang

Es Kacang Khas Meulaboh
Es Kacang Khas Meulaboh via Instagram iwan_liem

Es dengan campuran bahan kacang bisa ditemui di beberapa daerah Indonesia. Sabang juga punya sajian jenis, namun dengan sedikit ciri khas yang membuatnya beda.

Es Kacang dari Sabang dibuat dari kacang merah yang sudah direbus. Kacang tersebut lantas dimasukkan dalam gelas penuh air santan dan sirup khusus. Sangat nikmat jika diteguk sembari menikmati angin sepoi-sepoi di pinggir pantai.

4. Kopi tubruk/tebalek

Kopi disajikan dengan gelas terbalik
Kopi disajikan dengan gelas terbalik via Instagram sasmitaedo

Jika berkunjung ke Meulaboh, jangan lupa menikmati kopi tubruk atau kopi tebalek. Sesuai dengan namanya, kopi ini disajikan dalam gelas terbalik yang sudah diberi alas piring kecil. Tujuannya agar ampas kopi tertinggal di bagian atas dan tak ikut masuk mulut ketika dinikmati memakai sedotan.

Konon penyajian kopi semacam ini hanya ada di daerah Meulaboh. Kadang ada juga yang menyajikannya bersama ketan hitam untuk menambah kenikmatan rasa.

5. Sirih

Orang Meulaboh punya kebiasaan makan sirih
Orang Meulaboh punya kebiasaan makan sirih via Instagram fahmiphoto

Sirih sebenarnya bisa ditemukan di mana saja, namun konon bagi masyarakat Meulaboh dedaunan ini tak ubahnya seperti kudapan tradisi. Ke manapun pergi, pasti akan selalu ada saja orang menawarkan sirih untuk dikunyah-kunyah. Rasanya mungkin sedikit pahit bagi yang belum biasa.

Mengunyah sirih bahkan bisa menyebabkan mabuk. Telinga menjadi panas dan kepala pusing. Namun untuk mengatasinya, cukup dengan menenggak air hangat dicampur dengan gula pasir.

Itulah tadi sejumlah kuliner unik Meulaboh yang layak untuk dicicipi jika kebetulan berada di Aceh bagian barat. Jangan sampai melewatkan kelezatan deretan makanan tersebut andai ingin merasakan cita rasa masakan dan minuman unik yang tak ada di tempat lain.

Tags
kuliner meulaboh Wisata
Share