4 Kuliner untuk Ulang Tahun di Asia, Ada Makna di Balik Rasa

Ulang tahun memang identik dengan kue tart yang nantinya akan dibagi-bagikan kepada keluarga dan juga sahabat. Namun, di balik itu semua, ada beberapa negara yang merayakan ulang tahun dengan kuliner tertentu. Bisa dibilang, itu adalah bagian dari tradisi yang mempunyai makna besar di baliknya. Maka dari itu, Travelingyuk kali ini akan membahas tentang kuliner untuk ulang tahun di beberapa negara di Asia. Berikut adalah ulasannya.

1. Mochi Manis, Jepang 

Mochi via shutterstock/finchfocus

Alih-alih membuat kue besar untuk merayakan ulang tahun, Jepang memilih kue lain yang sudah sangat dikenal. Adalah mochi dengan rasa manis dan berbentuk bulat. Ternyata, warga negeri sakura tersebut membuat makanan satu ini supaya bisa dibagikan secara adil kepada keluarga dan kerabat dekat lainnya.  

2. Mi Panjang Umur, China 

Mie Panjang Umur via instagram/panjangumursilaturahmie

Seperti yang telah kita ketahui bahwa mi dalam kepercayaan warga China adalah sebagai simbol panjang umur. Tentunya dengan alasan ini tak heran bila mi goreng menjadi menu utama yang biasanya disajikan saat perayaan ulang tahun.

Warga Tiongkok biasanya mengonsumsi mi goreng dengan menggunakan sumpit khas Tiongkok. Untuk cara makannya pun juga tidak boleh sembarangan. Memakan mi tidak boleh putus, agar filosofi panjang umur tetap bisa dipertahankan.  

3. Tumpeng, Indonesia 

kuliner ulang tahun asia
Tumpeng via facebook/Pawon Ndoro Putri

Indonesia juga mempunyai makanan khas untuk perayaan ulang tahun. Apalagi kalau bukan tumpeng dengan nasi serba kuning yang biasa disebut Tumpeng Punar. Untuk lauknya yang digunakan bermacam-macam. Seperti kedelai goreng, abon, kering tempe dan masih banyak lagi. Ragam lauk ini menggambarkan harmoni rasa yang timbul dari rasa syukur atas berkah umur yang telah diberikan oleh Tuhan.  

4. Payesh, India 

kuliner ulang tahun asia
Payesh via shutterstock/Mukesh Kumar

Di negara India, masyarakat yang berulang tahun akan diberi makanan payesh yang merupakan puding beras. Tradisi makan payesh ini dinamakan mayer hat’er payesh yang artinya payesh buatan ibu. Payesh dibuat dari nasi, susu, gula, pistashio, almond dan rempah-rempah seperti kapulaga, kunyit dan daun salam. Dengan menyantap payesh, diharapkan orang yang berulang tahun tidak akan lupa akan ibu yang telah melahirkan dan membesarkannya. 

Itulah beberapa kuliner ulang tahun di beberapa negara di Asia. Semuanya memiliki makna indah di baliknya. Bagaimana, apa Teman Traveler ingin mencoba salah satunya saat berulang tahun nanti? 

Tags
China India Indonesia jepang kuliner kuliner ulang tahun asia
Share