10 Kuliner Ubud Terfavorit, Berburu Makanan Ditemani Pesona Bali

Ubud merupakan salah satu kawasan wisata terkenal di Bali. Daerah ini cukup kondang di kalangan turis lantaran punya kekayaan seni dan budaya, serta alam memesona. Namun selain itu, ada juga sederet kuliner Ubud enak yang wajib dicoba.

Berikut Travelingyuk berikan sejumlah rekomendasi kuliner Ubud bagi Teman Traveler yang berencana untuk liburan ke Bali dalam waktu dekat. Oh ya, beberapa sajian dalam daftar ini mengandung unsur non-halal, jadi bagi kalian yang muslim harap perhatikan ya. Oke, tanpa banyak kata lagi yuk kita simak bersama ulasan lengkapnya.

1. Warung Babi Guling Bu Oka

Babi Guling Bu Oka via Instagram/@sasmitaedo

Babi guling merupakan makanan khas Bali yang cukup populer. Salah satu rekomendasi babi guling terkenal di Ubud adalah Warung Babi Guling Bu Oka. Berlokasi di Jalan Tegal no. 2, berseberangan dengan Ubud Royal Palace, warung ini tak pernah sepi pengunjung.

Pengunjung bisa melihat langsung proses memasak babi guling di sini. Soal rasa, paduan lembutnya daging babi dan renyahnya kulit benar-benar ciptakan kenikmatan tersendiri yang pantang dilewatkan. Seporsi Babi Guling ala Bu Oka disajikan bersama nasi putih dan lawar yang diguyur bumbu kacang sedap.

2. Ayam Betutu Pak Sanur

Ayam Betutu via Instagram/@iniyusing

Betutu merupakan makanan khas Bali yang biasanya menggunakan ayam dan bebek. Salah satu rekomendasi warung Betutu di Bali adalah Ayam Betutu Pak Sanur. Kelezatannya sudah begitu terkenal dan disukai banyak wisatawan.

Sajian ayam betutu di sini benar-benar terasa gurih dan juicy. Ditambah lagi tiap penyajiannya diberi tambahan usus goreng, kacang tanah, sayur tumis, dan sambal. Beralamat di Jl. Arjuna No. 19, siap-siap datang lebih awal karena menu andalan di Warung Pak Sanur ini selalu cepat habis. 

3. Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku

Ayam Betutu via Instagram/@lindagunawan8

Selain Ayam Betutu, kuliner ayam ala Ubud lain yang wajib dicoba adalah Naso Ayam Kedewatan Ibu Mangku. Lokasinya berada di Jalan Raya Kedewatan. Seporsinya terdiri dari nasi, ayam bumbu, telur rebus, sate lilit, dan aneka sayur. Dari segi penampilan, hampir mirip seperti nasi campur. 

Disajikan dengan bumbu rempah, kuliner satu ini benar-benar terasa khas. Sensasi pedasnya cukup dominan dan makin menggugah selera makan. Sangat cocok buat Teman Traveler yang mengaku sebagai pecinta pedas. 

4. Bebek Betutu Pak Rimpin

Bebek Betutu via Instagram/@yuwka_une

Betutu dari bebek tawarkan rasa relatif lebih enak ketimbang yang berbahayan ayam. Hal ini lantaran proses masaknya lebih rumit dan lama. Nah, salah satu tempat yang recommended untuk menyantap hidangan ini di Ubud adalah Bebek Betutu Pak Rimpin.

Warung legendaris ini telah berdiri sejak 1975. Banyak pelanggan rela datang jauh-jauh hanya untuk merasakan lembut dan gurihnya Bebek Betutu ala Pak Rimpin. Tekstur bebeknya memang istimewa karena dimasak dengah minyak kelapa dan rempah. Selain itu rasanya seolah meleleh di mulut, meninggalkan kenikmatan tersendiri di lidah.

5. Warung Bu Rus

Warung Makan Bu Rus via Instagram/@warungmakanburus

Tempat makan ini sediakan sajian khas pedesaan Bali dengan cita rasa lezat. Alamatnya ada di Jalan Suweta no.9. Meski tempatnya kecil, warung ini selalu ramai didatangi pengunjung lho.

Teman Traveler bisa temukan WArung Bu Rus di gang lebar yang membentang dari pintu masuk Puri Agung Ubud di Jalan Raya Ubud. Menu andalan di sini adalah nasi campur Bali dengan tambahan lauk seperti sate lilit, tahu, tempe, sayuran, dan sambal khas Bali.

6. Warung Rama

Warung Rama via Instagram/@rainbowdrop_nori

Tempat makan ini tergolong legendaris karena telah berdiri sejak 15 tahun lalu. Alamatnya ada di Nyuh Gading 3, Ubud searah dengan Bumi Sehat dan Taman Hati Yoga. Tempatnya sangat nyaman dan tawarkan suasana tenang, cocok untuk melepas lelah sambil mengisi perut.

Menu yang tersedia antara lain ayam goreng, nasi campur, cap cay, nasi merah, fruit salad, banana pancake, nasi goreng, dan masih banyak lagi. Namun yang jadi andalan tentu saja adalah nasi campur Bali. Sajian satu ini selalu jadi buruan para turis.

7. Kopi Desa Ubud

Kopi Desa Ubud via Instagram/@kopidesaubud

Selain makan berat, Teman Traveler juga bisa temukan banyak tempat nongkrong apik di Ubud. Salah satunya adalah Kopi Desa di Jalan Banjar, Penestanan Kaja, Sayan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar. Sesuai namanya, di sini kalian bisa ngopi sambil ditemani suasana tradisional ala Bali yang menyenangkan. Interiornya juga tak kalah cantik, libatkan unsur bebatuan, kayu, dan bambu.

Selain menikmati kopi, Teman Traveler juga bisa habiskan waktu dengan membaca buku-buku yang disediakan pengelola. Oh ya, jika tak suka ngopi, tempat ini juga sediakan menu lain seperti telur orak-arik, omelet, dan nasi goreng.

8. Kedaton

Kedaton via Instagram/@ayu_dyah_satyawati

Rumah makan ini beralamat di Jl. Raya Pengosekan, Ubud, Gianyar, Bali. Mereka sediakan menu andalan berupa nasi campur. Lauknya bebas dipilih sendiri, mulai dari ayam suwir hingga sate lilit. Jika makan di tempat, Teman Traveler akan mendapat tambahan kuah jukud atau sayur kedelai hitam secara gratis. 

9. Warung Sate Kakul

Sate Kakul via Instagram/@baliculture14

Makan sate kambing atau ayam tentu sudah biasa. Namun di Warung Sate Kakul, kalian bisa coba menyantap nikmatnya sate siput atau kakul. Panganan ini sejatinya identik sebagai masakan desa karena bahannya mudah didapatkan di sawah, terutama yang belum ditanami padi. Meski begitu, sate kakul ala warung yang beralamat di Jalan Raya Kengetan ini telah jadi kuliner favorit para turis. 

Sate Kakul di sini disajikan dengan bumbu khas Bali yang tawarkan sensasi pedas. Racikannya terdiri dari aneka rempah bercita rasa tajam, hasilkan perpaduan unik ketika disantap bersama kenyal daging kakul. Benar-benar bikin penikmatnya ketagihan. Hidangan ini paling cocok dinikmati bersama nasi putih hangat plus sayur ares. 

10. Kuliner Pasar Ubud

Pasar Ubud via Instagram/@masjacob

Terakhir ada Pasar Ubud, tempatnya mencari aneka kuliner dengan harga terjangkau. Pilihannya beragam, mulai dari kue ketan, gethuk, dan klepon, hingga makanan berat macam bubur bali, nasi jinggo, serta nasi campur. Sembari jalan-jalan berburu sarapan, kalian juga bisa mencicil beli oleh-oleh khas Bali untuk sanak keluarga di rumah.

Pasar Ubud biasanya ramai dipadati pembeli, namun justru inilah yang membuatnya terasa seru. Jika penasaran, kalian bisa langsung datang ke Jalan Raya Ubud No. 35, Ubud.

Itulah rekomendasi 10 kuliner Ubud favorit yang bisa Teman Traveler coba. Tak perlu bingung lagi deh mencari tempat sarapan sekaligus nikmati suasana Bali. Jadi, kapan mau liburan ke Bali dan mencoba semua sajian di atas?

Tags
Bali kuliner bali kuliner ubud Ubud
Share