Selain Ayam Lodho, 4 Kuliner Tulungagung Ini Enaknya Nggak Nanggung

Ayam Lodho merupakan salah satu makanan lezat khas Tulungagung. Hidangan ini menarik perhatian karena dulunya disajikan bersama dengan tiwul. Rasanya pun istimewa, apalagi disantap saat masih hangat. Ternyata, kuliner Tulungagung bukan itu saja. Masih banyak sajian enak yang bahkan dikenal hingga penjuru kota. Seperti sajian di empat warung berikut.

1. Tahu Lontong Mbah Ganong

Tahu Lontong Mbah Ganong, Kuliner Tulungagung di pinggir jalan
Tahu Lontong Mbah Ganong, Kuliner Tulungagung di pinggir jalan via instagram/@tulungagungfoodies

Pecinta kuliner Jawa Timuran pasti tak asing lagi dengan tahu lontong. Sajian nikmat ini menggiurkan berkat sambal kacangnya yang istimewa. Salah satu tempat makan yang menyajikan menu nendang tersebut adalah Tahu Lontong Mbah Ganong. Letak kuliner Tulungagung ini berada di Jalan Adi Sucipto yang bersebelahan dengan rumah duka Rukun Sejati. Menariknya lagi, harga makanan ini murah meriah. Hingga artikel ini ditulis, hanya Rp6.000 per porsi.

Tahu Lontong Mbah Ganong
Tahu Lontong Mbah Ganong via instagram/@tulungagungfoodies

2. Sop Ayam Bu Sumirah

Sop Ayam Bu Sumirah, Tulungagung
Sop Ayam Bu Sumirah, Tulungagung via instagram/@adimichin

Tempat makan berikutnya yang menawarkan kuliner legendaris di Tulungagung adalah Sop Ayam Bu Sumirah. warung yang berada di Jalan Teukur Umar No.9 ini sudah berjualan sejak tahun 90-an dan masih ramai hingga sekarang. Sesuai dengan namanya, menu andalan di sini adalah sop ayam yang mirip dengan soto. Sajiannya sederhana, terdiri dari suwiran ayam goreng, telur rebus, kol iris halus dan soun, dengan taburan irisan daun bawang, bawang goreng dan keripik kentang. Pelengkap di meja ada perkedel kentang, sambal rebus, jeruk nipis, kecap manis, dan kecap asin. 

Sop Ayam Bu Sumirah
Sop Ayam Bu Sumirah via instagram/@tulungagungfoodies

3. Soto Ayam Condong Raos

Kuliner Tulungagung, Soto Ayam Condong Raos
Kuliner Tulungagung, Soto Ayam Condong Raos via instagram/@rianurchoiria

Bukan hanya sop ayam di warung Bu Sumirah, ada satu lagi kuliner Tulungagung yang sudah dijual hampir setengah abad. Namanya Soto Ayam Condong Raos yang dikelola oleh keluarga Bapak Sukeni. Makanan berkuah dengan porsi melimpah ini terletak di Jalan Raya Tulungagung-Trenggalek Km 8, Desa Ngrendeng, Kecamatan Gondang. Uniknya lagi, kamu bisa meminta tambahan telur bebek asin untuk pesananmu. Tentunya, rasanya nikmat. Apalagi kuah gurihnya.

Soto Ayam Condong Raos
Soto Ayam Condong Raos via instagramm/@umi_chans

4. Nasi Goreng Pak Petruk

Burjo Pak Petruk
Burjo Pak Petruk via instagram/@@tulungagungfoodies

Bingung mau berburu makanan apa saat malam di Tulungagung? Tak perlu khawatir, banyak warung tenda dengan menu menggiurkan yang siap memanjakan lidah. Nah, berbicara mengenai kuliner malam di kota ini, coba mampir ke Jalan Hassanudin. Di sekitar RS Lama, ada warung tenda nasi goreng yang terkenal dengan kelezatannya. Namanya Nasi Goreng Pak Petruk yang rasanya nendang. Selain itu, kamu juga bisa memesan burjo enak di samping warung ini.

Nasi Mawut Pak Petruk, Kuliner Tulungagung enak di malam hari
Nasi Mawut Pak Petruk via instagram/@njajan_tulungagung

Itulah empat warung dengan kuliner Tulungagung yang istimewa. Bagaimana, berniat untuk menjajal makanan enak di atas, atau malah sudah pernah mencobanya?

Tags
Indonesia Jawa Timur Kuliner Tulungagung Tulungagung
Share