Kuliner Tradisional Palopo, Citarasa Sulawesi Selatan yang Bikin Melongo

Keindahan Indonesia merata hingga ke setiap sudutnya. Dari Pulau Weh, bagian paling barat nusantara, sampai Merauke yang menawan. Selain itu, kuliner tanah air juga sangat beragam dan selalu bikin rindu. Rasanya, menginjakkan kaki di Indonesia bagian manapun, akan menemukan makanan enak. Termasuk saat berkunjung ke Sulawesi Selatan. Pastikan Teman Traveler mencicipi deretan kuliner tradisional Palopo dan membuktikan sendiri kenikmatannya. Apa saja, ya?

Lawa’ Pakis

Lawa’ Paku via Instagran @adisyanah

Lawa’ pakis merupakan kuliner tradisional Palopo yang hampir selalu ada di hidangan saat acara besar seperti syukuran. Terbuat dari pakis atau biasa juga disebut tanaman paku. Teman Traveler bisa menjajal membuat sendiri karena proses memasaknya cukup mudah. Pakis dipotong lalu ditumis dengan bumbu sederhana seperti bawang putih, bawang merah, cabai rawit merah dan jeruk purut, serta ditambah parutan kelapa tua yang sudah disangrai.

Parede

Parede via Instagram @mrs.achmady

Banyak kawasan di Indonesia yang mempunyai kuliner dengan citarasa asam pedas, salah satunya parede khas Palopo. Perbedaan parede dengan masakan asam pedas lainnya adalah pada penggunaan asam tikala. Menggunakan ikan sebagai bahan dasarnya, seperti bandeng dan kakap. Teman Traveler bisa mencicip parede kepala ikan kakap yang memiliki citarasa segar dan gurih khas ikan laut.

Kapurung

Kapurung via Instagram @hestihhakim

Merupakan kuliner tradisional Palopo yang terbuat dari sari atau tepung sagu. Makanan ini biasanya dimasak dengan mencampur berbagai jenis sayur ditambah ikan atau daging ayam. Teman Traveler bisa menemukan kapurung tidak hanya di Kota Palopo tapi di daerah Luwu lainnya yaitu Kabupaten Luwu, Luwu Utara, dan Luwu Timur. Tersedia di warung-warung bahkan restoran di daerah tersebut.

Dampo Durian

Dampo Durian via Instagram @heartmadedelights

Palopo merupakan salah satu penghasil durian di Sulawesi. Tidak heran terdapat beberapa kuliner tradisional Palopo yang berbahan dasar durian. Dampo durian salah satunya, merupakan olahan durian bercitarasa manis. Kudapan ini berbentuk seperti dodol yang bahannya hanya durian asli dan gula merah atau gula aren.Teman Traveler juga bisa membalur dampo durian yang sudah jadi dengan tepung lalu menggorengnya.

Jadi Teman Traveler ingin menjajal makanan yang mana nih? Bisa juga menyantap semua kuliner tradisional Palopo yang sudah diulas di atas. Selamat berwisata kuliner!

Tags
Indonesia kuliner Kuliner Tradisional Palopo palopo Sulawesi Selatan
Share