Makanan Ndeso yang Harus Kamu Coba saat Berkunjung ke Jogja

Kota Jogja bisa dibilang surganya wisata kuliner karena di sana kita bisa menemukan berbagai macam hidangan mulai dari tradisional sampai kekinian. Yang sering mencuri perhatian wisatawan adalah aneka makanan ndeso legendaris bercita rasa tinggi dan tetap jadi favorit hingga kini. Penasaran? Berikut ini daftarnya!

1. Sate Klathak Pak Bari

Sate Klathak Pak Bari yang istimewa [image source]

Merupakan sate dari daging kambing yang diolah menggunakan garam kemudian dibakar di atas bara api. Dagingnya yang tebal terasa matang sempurna hingga ke dalam karena dipanggang dengan menggunakan tusuk yang terbuat dari besi. Selanjutnya hidangan ini disajikan bersama kuah gulai yang kaya akan bumbu dan rempah. Rasanya begitu istimewa saat mendarat di lidah. Bahkan saking istimewanya, kuliner yang satu ini pun masuk dalam film populer AADC menjadi salah satu tempat makan yang dikunjungi Cinta dan Rangga.

Sate Klathak favorit Rangga AADC [image source]
Nama : Sate Klathak Pak Bari

Harga : Rp20.000,-/porsi (isi 2 tusuk)

Alamat : Pasar Wonokromo, Jl. Imogiri Timur, Km. 10, Kecamatan Jetis, Kabupaten Bantul

Buka : 18.30-02.00

2. Entok Slenget Kang Tanir

Entok Slenget Kang Tanir yang ngehits [image source]

Bagi kamu para penggemar makanan hot, kuliner jogja yang ndeso satu ini wajib kamu coba. Hidangannya berupa entok yang dimasak pedas atau biasa disebut slenget. Dagingnya embuk dan gurih serta kuah cairnya terasa nendang dengan berbagai bumbu rahasia di dalamnya. Bisa juga dihidangkan tanpa cabai khusus pelanggan yang tidak suka pedas. Kedai ini selalu ramai pengunjung, karena itu setiap hari dagangannya selalu habis sebelum waktu tutup yang ditentukan tiba. Jika takut kehabisan, bisa langsung menghubungi contact person agar harapanmu untuk menikmati Entok Slenget Kang Tanir tidak pupus begitu saja.

Hidangan tradisional yang tetap jadi favorit [image source]
Nama : Entok Slenget Kang Tanir

Harga : Rp25.000,-/porsi (sudah termasuk nasi dan minum)

Alamat : Jl. Raya Turi Donokerto, Sleman, Yogyakarta

Buka : 16.00 – 21.00 (biasanya sudah habis pukul 19.00)

3. Pecel Baywacht Mbah Warno Anderson

Pecel Baywacht Mbah Warno Anderson yang hits dan fenomenal [image source]

Mungkin banyak yang dibuat penasaran dengan nama kuliner Jogja yang satu ini. Jadi, konon katanya Pecel Baywacht disematkan karena Mbah Warno pemiliknya yang telah berumur 95 tahun, hanya mengenakan kutang saat sedang berjualan. Ia kemudian diibaratkan sebagai Pamela Anderson yang berbikini dalam serial Baywatch. Yang membuatnya berbeda dengan pecel lain adalah adanya kembang turi sebagai isi selain bayam, kacang panjang, keningkir, dan toge. Bumbunya pun terasa kental, gurih, pedas dan manis membuat lidah bergoyang. Beberapa lauk seperti lele dan welut goreng serta tempe dan tahu tersedia di sini.

Pecel Mbah Warno yang ndeso tapi bikin kangen [image source]
Nama : Pecel Baywacht Mbah Warno Anderson

Harga : mulai Rp5.000,-/porsi (ada biaya tambahan untuk lauk)

Alamat : JL. Desa Wisata Kasongan, Bantul (selatan ayam goreng Mbah Cemplung)

Buka : 09.00-16.00

4. Sego Abang Lombok Ijo “Mbah Widji”

Sego Abang “Mbah Widji” dengan sambelnya yang spesial [image source]

Warung ini menyajikan makanan yang berbeda dari biasanya, karena menggunakan sego abang alias nasi merah dalam menunya. Lauk yang tersedia antara lain, ayam goreng , empal sapi , tahu dan tempe bacem yang gurih. Tak lupa sayur pepaya, sayur tempe, ditambah sambal bawang. Semuanya merupakan kombinasi yang pas dengan rasa nendang bikin kenyang.

Lauk ayam yang menggoda di Warung Sego Abang Lombok Ijo “Mbah Widji” [image source]
Nama : Warung Makan Lombok Ijo “Mbah Widji”

Harga : Rp1.000,- sampai Rp20.000,-

Alamat : Jl. Pakem-Turi km 1, Harjobinangun, Sleman, Jogja

Buka : sampai jam 18.00

5. Bakmi Pak Pendek

Bakmie Semarang Pak Pendek Gejayan [image source]

Salah satu hidangan bakmie favorit di Jogja. Bumbu kuahnya begitu terasa saat mendarat di lidah. Sangat segar jika disantap untuk makan malam. Bihun yang dicampur dengan sayur, daging, dan isian lainnya berpadu menjadi satu menghasilkan rasa yang nendang. Sebelum datang kemari kamu harus menyiapkan hati untuk mengantri karena disini ramai pembeli. Tapi siapapun dijamin rela menunggu kalo bakmienya seenak ini.

Bakmie Pak Pendek [image source]
Nama : Bakmi Semarang Pak Pendek

Harga : sekitar Rp12.000,-

Alamat : Jl.Affandi Gejayan, Jogja (dekat Jembatan Merah)

Inilah beberapa makanan ndeso tersohor di Yogyakarta dengan rasa istimewa. Kalau sudah begini, masih ragu buat nyobain makanan ndeso?

Tags
Bak mie Indonesia kuliner Pecel Sego Abang Yogyakarta
Share