5 Kuliner Sehat Berbumbu Kacang, Cita Rasanya Tak Bisa Ditawar

Bakso dan mie ayam bukanlah satu-satu kuliner Indonesia yang digemari banyak kalangan. Menu istimewa berbumbu kacang pun tak lepas dari pandangan. Sebut saja sate dengan aneka daging yang juga difavoritkan turis asing. Selain itu, masih banyak makanan enak bahkan kuliner sehat berbumbu kacang yang cita rasanya tak bisa ditawar. Seperti di bawah ini.

1. Gado-gado

Gado-gado berbumbu kacang
Gado-gado berbumbu kacang via instagram/@movupgyo

Orang Betawi punya kuliner enak yang disajikan dengan bumbu kacang. Apalagi kalau bukan gado-gado yang kini mudah ditemukan di kota-kota besar. Seporsi menu ini dibilang sehat karena menggunakan banyak sayuran seperti selada, buncis, kentang, serta wortel rebus. Tambahan mentimun serta potongan telur rebus juga tak kalah istimewa. Pas banget diaduk rata dengan siraman bumbu kacang serta taburan bawang goreng dan kerupuk. Nah, siapa nih yang hobi makan gado-gado?

Gado-gado
Gado-gado via instagram/@kulinermakanan_

2. Karedok

Karedok berbumbu kacang
Karedok berbumbu kacang via instagram/@chefopek

Tak jauh beda dengan gado-gado, karedok yang merupakan makanan khas Sunda juga menggunakan sayuran sebagai bahan utama. Bedanya, menu ini menggunakan bahan sayuran mentah. Ada mentimun, taoge, kol, kacang panjang, serta daun kemangi. Sementara bumbunya masih menggunakan kacang yang diolah dengan cabai merah, bawang putih, kencur, serta tambahan air asam dan terasi. Soal cita rasa, tak perlu diragukan lagi.

Karedok
Karedok via instagram/@emiliana_ermin

3. Ketoprak

Ketoprak berbumbu kacang
Ketoprak berbumbu kacang via instagram/@fildzah.nadilah

Sedikit berbeda dengan gado-gado dan karedok, ketoprak tidak mengandung banyak sayuran. Namun, menu ini cukup menggugah selera. Apalagi ketika bumbu kacang diaduk dengan isian yang berupa tahu, bihun, mentimun, taoge serta telur rebus. Belum lagi tambahan kecap serta kerupuk yang membuat rasanya istimewa. Bagaimana, ketoprak mana yang menjadi favoritmu?

Ketoprak
Ketoprak via instagram/@thefoodshunter

4. Lotek

Lotek Berbumbu Kacang
Lotek Berbumbu Kacang via instagram/@solo.foodie

Kuliner istimewa ini berasal dari Jawa Barat, tapi kamu dapat menemukannya di banyak tempat. Lotek sendiri biasanya dijajakan bersama dengan gado-gado. Hal ini karena bahannya sekilas mirip. Yap, lotek terdiri dari aneka sayuran rebus mulai dari kacang panjang, labu siam, kangkung, tauge, hingga nangka muda yang disiram dengan bumbu kacang. Perbedaannya, menu ini lebih manis dari gado-gado karena tambahan gula merah  yang lebih banyak.

Lotek
Lotek via instagram/@javafoodie

5. Pecel

Pecel dengan bumbu kacang
Pecel dengan bumbu kacang via instagram/@angelinaenasoesanti

Orang Jawa Timuran pasti tak asing lagi dengan kuliner satu ini. Bagaimana tidak, menu ini selalu manjakan lidah pecinta kuliner saat pagi. Pecel juga kuliner sehat berbumbu kacang yang cukup menyehatkan. Seporsinya terdiri dari sayuran seperti kacang panjang, mentimun, taoge, daun singkong dan daun kemangi. Paduan sayur yang ditambahan di atas nasi ini juga menggiurkan dengan tambahan bumbu kacang bertekstur encer. Tak lupa tambahan rempeyek kacang yang istimewa.

Pecel
Pecel via instagram/@anakjajan

Nah, itulah lima kuliner sehat berbumbu kacang yang sehat dan rasanya nendang banget. Dari keliman makanan di atas, mana nih favoritmu?

Tags
Indonesia kuliner khas Nusantara kuliner tradisional
Share