6 Rekomendasi Kuliner Merakyat ala Tamara Bleszynski

Indonesia mempesona bukan hanya karena panorama alamnya, namun juga karena kekayaan budayanya. Salah satunya adalah warisan kuliner. Hal itu disadari benar oleh Tamara Bleszynski. Wanita keturunan Polandia itu punya selera kuliner yang berbeda dari artis kebanyakan. Alih-alih menyantap hidangan lezat di restoran atau kafe mewah, Tamara justru lebih suka menikmati hidangan tradisional. Dia cukup sering mengunggah foto soal kegemarannya itu di Instagram. Lantas apa saja menu-menu kuliner Tamara Bleszynski yang bisa menjadi inspirasi?

1. Durian

Durian bisa dibilang sebagai buah nasional karena membuat hampir semua orang Indonesia tergila-gila. Beberapa daerah di Indonesia punya caranya sendiri-sendiri untuk menikmatinya. Ambil contoh di Medan, yang memang terkenal dengan duriannya. Ada banyak sekali warung yang khusus didirikan bagi penggemar buah berduri tajam tersebut. Salah satu yang terkenal antara lain Ucok Durian dan Pelawi Durian.

Ilustrasi buah durian via Instagram siticoleman

Di Bandung lain lagi. Paris Van Java belakangan ini punya banyak kafe-kafe unik yang menyediakan hidangan modern bernuansa durian. Sebut saja matcha durian, es krim durian, dan masih banyak lagi. Meski masing-masing daerah punya cara berbeda, satu yang pasti adalah rasanya dijamin akan tetap lezat.

Tamara Bleszynski asyik nikmati durian via Instagram tamarablezynskiofficial

Tamara Bleszynski pun termasuk salah satu penggemar durian. Lihat saja bagaimana asyiknya sang seleb melahap durian dalam foto di atas. Jadi ingin ikut makan ya?

2. Pisang goreng

Pisang goreng disajikan di atas piring via Instagram novimayasari

Bersantai melepas lelah di sore hari, tentu takkan nikmat tanpa camilan dan minuman. Salah satu jajanan favorit rakyat Indonesia untuk kesempatan semacam ini adalah pisang goreng. Selain nikmat, harganya juga murah. Meski demikian, belakangan pisang goreng sudah mengalami perkembangan. Tak hanya sekedar dibaluri tepung dan dicelupkan di minyak panas, kini ada banyak pelaku usaha kuliner yang melakukan inovasi, seperti pisang nugget, pisang crispy, atau pisang dengan topping coklat atau keju.

Tamara santap pisang goreng saat jadi sukarelawan di pengungsian, via Instagram tamarablezynskiofficial

Tak diduga, jajanan sederhana seperti pisang goreng pun ternyata juga memikat seorang Tamara Blezynski. Sang seleb tampak sangat menikmati jajanan tersebut kala menjadi sukarelawan di pengungsian.

3. Nasi Rames

Hidangan nasi campur dengan beragam lauk via Instagram nascampurbali1

Nasi rames atau biasa disebut juga dengan nasi campur juga merupakan salah satu menu favorit rakyat Indonesia. Biasanya disajikan dengan porsi nasi lumayan, kemudian dipadukan dengan beragam lauk seperti sayur, sambal goreng kentang, kering tempe, ayam goreng atau empal, dan masih banyak lagi.

Tamara Blezynski nikmati hidangan nasi campur via Instagram tamarableszynskiofficial

Nikmatnya nasi rames membuat menu ini mudah sekali ditemui di warung-warung pinggir jalan. Harganya juga relatif, tergantung lauk yang dipilih. Tak salah lagi jika nasi campur disebut sebagai hidangan yang begitu merakyat. Tamara sendiri juga termasuk salah satu pengemar nasi rames. Dalam salah satu unggahannya di Instagram, ia pernah membagikan foto dirinya memakan nasi bungkusan kala sedang berada di Jakarta.

4. Nasi Liwet Sunda

Hidangan nasi liwet disajikan di atas daun pisang via Instagram cateringdijakarta_murah

Nasi liwet sendiri sebenarnya bukan sebuah hidangan, melainkan cara memasak nasi. Namun demikian, masing-masing daerah di Indonesia punya cara sendiri dalam menyajikannya. Di kawasan Jakarta, nasi liwet biasanya dijadikan sepaket dengan hidangan nasi uduk, sementara di dereah Sunda atau Jawa Barat, umumnya dihidangkan dengan beragam lauk menggugah selera.

Tamara lakukan tradisi ngaliwet di Argentina via Instagram tamarablezynskiofficial

Namun yang paling unik adalah cara penyajiannya, yakni dengan ditata di lembaran besar daun pisang dan kemudian dimakan beramai-ramai menggunakan tangan. Trasi ngliwet atau ngaliwet dalam bahasa Sunda ini pernah dipraktekkan oleh Tamara ketika ia berada di Kedutaan Besar Indonesia di Argentina beberapa saat lalu.

5. Bubur

Hidangan bubur Manado via Instagram rickysetiawan040591

Bubur ayam sudah jadi salah satu menu andalan rakyat Indonesia saat membutuhkan asupan tenaga di pagi hari. Dari sekian banyak jenis, bubur ayam Jakarta-lah yang sepertinya sudah terkenal di mana-mana. Hampir di seluruh Indonesia selalu saja ada tempat yang menjajakan makanan ini. Rasa yang muncul dari kombinasi bubur, potongan ayam, cakue, dan kacang, plus sedikit kuah kaldu ayam menghasilkan sensasi tiada dua.

Tamara santap bubur manado via Instagram tamarablezynskiofficial

Lama tinggal di Bali, Tamara rupanya kangen juga dengan bubur ayam Jakarta. Ia pun tak pikir panjang untuk mampir ketika melihat ada warung yang menjual makanan tersebut di Pulau Dewata. Selain bubur ayam Jakarta, Tamara juga doyan melahap bubur khas Manado. Hidangan ini terdiri dari beragam sayuran dan sama sekali tidak mengandung daging. Biasanya disajikan sebagai sarapan dan juga dianggap makanan ‘pergaulan’ antarsuku.

6. Lontong Sayur

Ilustrasi Lontong Sayur via Instagram dbonsaikitchen

Dari sekian banyak kuliner ala Betawi yang melegendaris, lontong sayur adalah salah satu yang paling populer. Mencarinya juga relatif mudah karena ada banyak sekali warung makanan yang menjajakannya di ibu kota. Lontong sayur biasanya juga disajikan di acara-acara khusus seperti hajatan pengantin atau Hari Raya Idul Fitri.

Banyak yang menyukai rasa gurih dari kuah santan, dipadukan dengan sayur rebung, telur, lontong, udang, serta taburan krupuk. Tamara Bleszynski juga termasuk salah satu pecinta lontong sayur. Ia sempat mengakui hal tersebut ketika menemui media beberapa saat lalu.

Tags
Indonesia kuliner merakyat Tamara Bleszynski
Share