Cicipi 7 Kuliner Penang Paling Terkenal, Cita Rasa Otentik Kelas Dunia

Main Dimana

Main Dimana

On Kontributor
Kuliner di Penang yang Terkenal Kuliner di Penang yang Terkenal

Bicara soal Penang, Teman Traveler mungkin akan memikirkan sebuah kota sederet bangunan berarsitektur lawas. Namun yang tak kalah menarik tentu saja adalah masakannya. Warisan kuliner Penang bahkan sudah dikenal luas di seluruh dunia.

Pada 2014 silam, Penang sempat dinobatkan sebagai ‘No 1 Food Destination in The World’ oleh Lonely Planet. Nah, berikut adalah lima rekomendasi kuliner Penang yang wajib Teman Traveler coba jika sedang berkunjung ke Malaysia.

Char Koay Teow

Choar Koay Teow di Chulia Street Night Hawker Stalls (c) Main Dimana/Travelingyuk

Pada dasarnya Char Koay Teow merupakan kwetiau yang dimasak menggunakan tungku dan arang. Dibandingkan olahan kwetiau Indonesia yang gurih dan cenderung pedas, Char Koay Teow terasa lebih ringan dan manis.

Makanan ini cukup populer di Penang, jadi tidak sulit menemukannya. Salah satu yang terkenal adalah Chulia Street Night Hawker Stalls yang masuk dalam daftar lima Char Koay Teow paling top di Penang.

Popiah

Popiah di Chulia Street Night Hawker Stalls (c) Main dimana/Travelingyuk

Masih di Chulia Street Night Hawker Stalls, ada jajanan bernama Popiah yang wajib dicoba. Cemilan ini mirip lumpia, hanya saja isiannya menggunakan lobak parut, daun selada, potongan telur, wortel, dan saus manis. Teman Traveler bisa mencoba dua jenis popiah, basah atau goreng.  

Chulia Street Night Hawkere Stalls (c) Main dimana/Travelingyuk

Nasi Lemak

Nasi Lemak dan Sotong Goreng di Projek Nasi Lemak Dato Keramat (c) Main dimana/Travelingyuk

Kalau sudah pernah mencoba nasi lemak biasa, tidak ada salahnya mencoba versi unik dari Projek Nasi Lemak. Tidak seperti kebanyakan, restoran ini menyediakan nasi lemak berwarna biru lho!

Projek Nasi Lemak di Jalan Dato Keramat (c) Main Dimana/Travelingyuk

Jangan khawatir, warna birunya berasal dari bunga telang yang dipercaya baik bagi kesehatan. Ditemani sotong goreng crispy dan daging lembut, sepiring nasi lemak biru ini pasti terasa kurang deh.   

Assam Laksa

Assam Laksa, Loh Bak, dan Popiah (c) Main Dimana/Travelingyuk

Jika sedang berkunjung ke Kek Lok Si Temple, pastikan untuk menyempatkan diri mencicipi asam laksa paling legendaris di Pasar Air Itam. Kedai ini tidak pernah sepi pengunjung, baik lokal maupun mancanegara.

Kedai di Pasar Air Itam Laksa (c) Main Dimana/Travelingyuk

Kuah asam laksa di sini cukup kental, dengan campuran rasa pasta udang, mint, dan kaldu ikan. Di sekitar sini Teman Traveler juga bisa menemukan jajanan seperti Loh Bak dan Popiah. Keduanya bisa dijadikan pelengkap saat menikmati assam laksa.  

Teochew Chendul

Penang Road Famous Teochew Chendul (c) Main Dimana/Travelingyuk

Untuk mengobati rasa haus saat berkeliling Penang di siang hari, melipir saja ke Penang Road Famous Teochew Chendul. Mungkin Teman Traveler akan disambut antrean panjang, tapi sepadan dengan rasa cendol khas Penang ini.

Berbeda dengan cendol Indonesia, rasa Teochew Chendul tidak terlalu manis dan dilengkapi kacang merah. Bentuknya juga berbeda, kurus dan memanjang.  

Penang Road Famous Teochew Chendul (c) Main Dimana/Travelingyuk

Nasi Kandar

Nasi Kandar Line Clear (c) Main Dimana/Travelingyuk

Teman Traveler bisa menemukan banyak kuliner India di Penang, salah satunya Nasi Kandar. Salah satu kedai nasi kandar yang sangat terkenal di sini adalah Nasi Kandar Line Clear. Buka 24 jam, mereka menyediakan dua pilihan nasi, yaitu nasi putih dan nasi briyani. Pengunjung bisa memilih sendiri lauk pauknya, mulai dari ayam goreng, sotong, hingga kepala ikan.

Roti Canai

Roti Canai Telur di Transfer Road (c) Main Dimana/Travelingyuk

Jika sedang bingung memilih menu sarapan saat liburan di Penang, kunjungilah Roti Canai Transfer Road yang selalu dipadati pengunjung. Apapun roti canai yang Teman Traveler pilih, pastikan meminta ‘kuah campur’ agar kuah kari sedap bisa meresap sempurna ke dalam lembutnya roti canai. Tenang saja, walaupun namanya kuah kari, teksturnya tidak kental dan terasa ringan untuk disantap di pagi hari.

Suasana di Roti Canai Transfer Road (c) Main Dimana/Travelingyuk

Itulah pengalaman saya mencicipi tujuh kuliner Penang paling terkenal, dengan cita rasa memanjakan kelas dunia. Bagaimana dengan kalian Teman Traveler? Siap berburu kuliner maknyus di Penang?