Kuliner Nusantara dengan Mangga, Segar Banget dan Bikin Nagih

Advertisement

Indonesia dikarunia berbagai kekayaan alam yang melimpah. Tak hanya pegunungan dan lautnya, hasil alam seperti buah pun mudah ditemukan di negara kita ini. Kuliner Nusantara juga banyak yang rasanya nendang dan bikin nagih. Ini pula salah satu alasan mengapa banyak para wisatawan kembali lagi ke Indonesia. Di bawah ini adalah deretan kuliner berbahan mangga yang menarik untuk dicoba. Apa saja, ya?

1. Sambal Mangga

Sambal Mangga
Sambal Mangga via Instagram/@dad_dish

Mangga merupakan salah satu buah yang memiliki banyak penggemar. Apalagi para ibu hamil yang sering ngidam buah ini untuk dicocol dengan garam saja. Siapa yang menyangka bahwa mangga juga nikmat untuk dibuat campuran sambal. Paduan rasa asam, segar, dan pedas menyatu dalam mulut. Sambal ini cocok untuk teman lalapan dengan lauk ayam atau bebek goreng. Apalagi disantapnya dengan nasi hangat. Wah, menu makan siang yang sempurna, ya.

Kuliner nusantara, Sambal Mangga
Kuliner nusantara, Sambal Mangga via Instagram/@nisyarifiani

2. Nasi Goreng Mangga

Nasi Goreng Mangga 
Nasi Goreng Mangga via Instagram/@rzianakitchen

Siapa yang doyan dengan nasi goreng? Masakan ini merupakan salah satu kuliner tanah air yang banyak digemari para turis. Tak hanya wisawatan biasa, menurut berita bahwa mantan Presiden Amerika, yaitu Barack Obama juga memasukkan nasi goreng dalam daftar makanan Indonesia favoritnya. Seiring berjalannya waktu, kini makin banyak campuran yang dijadikan topping agar nasi goreng makin menggiurkan. Setelah diberi campuran sambal matah yang hits, ternyata kini ada juga nasi goreng mangga yang super segar. Wah, sekali suap bisa bikin nggak bisa berhenti nih.

Kuliner Nasi Goreng Mangga 
Kuliner Nasi Goreng Mangga via Instagram/@senduk_besi

3. Jus Mangga

Jus mangga
Jus mangga via Instagram/@inagram_dayo

Sebagai negara yang tropis, es punya banyak pengemar di seluruh daerah tanah air. Selain caranya gampang dan praktis, menu ini bisa langsung dipraktekkan sendiri di rumah masing-masing. Salah satu buah yang enak untuk jus adalah mangga. Ditambah dengan banyak bongkahan es batu yang melimpah dan susu, wah sekali teguk langsung bikin tenggorokan dan hati adem. Kamu juga bisa membuat jus dari beragam buah, seperti buah naga dan melon. Cocok nih untuk minuman ringan di siang hari.

Mango Juice
Mango Juice via Instagram/@hungerstory

4. Rujak Gobet

Rujak Gobet dengan mangga
Rujak Gobet dengan mangga via Instagram/@food_and_passion

Ingin makan rujak yang praktis? Cicipi saja rujak gobet yang segar dengan kuah pedas. Biasanya rujak berisi buah yang diiris besar-besar lalu dicocol sambal kacang. Namun dalam rujak gobet, buah-buah diiris memanjang seperti serat-serat. Lalu dimasukkan dalam kuah yang sudah dicampur dengan bumbu rujak, tak lupa tambahan es batu lah menjadikan kudapan ini semakin segar. Tinggal sajikan dalam gelas-gelas kecil untuk teman ngobrol di sore hari. Tinggal nyendok, deh.

Rujak Gobet
Rujak Gobet via Instagram/@liannakesuma

Wah ternyata buah mangga nggak cuma bisa dimakan biasa. Ada beragam kuliner nusantara unik yang menggunakan buah ini sebagai campurannya. Bagaimana, ada yang kamu suka?

Advertisement
Tags
bahan mangga Indonesia kuliner Nusantara
Share