Serupa Tapi Tak Sama, 7 Kuliner Nusantara Mirip Urap

Selain pecel, menu sayuran lainnya yang populer di Indonesia adalah urap. Ini merupakan sayur mayur rebus yang dicampur dengan sambal yang terbuat parutan kelapa berbumbu. Kuliner yang sebenarnya cukup sederhana tapi banyak yang penggemarnya. Ternyata, sama halnya dengan pecel yang memiliki banyak sekali kembaran, urap juga tidak jauh beda. Ada beberapa kuliner Nusantara mirip urap.

1. Gudangan, Jawa Tengah

Gudangan, Via Instagram dapur_mamaalba
Gudangan, Via Instagram dapur_mamaalba

Gudangan merupakan kuliner yang terdiri dari sayur mayur rebus kemudian disajikan dengan kelapa parut. Untuk jenis sayuran bermacam-macam, lebih dari satu varian. Gudangan ini merupakan kuliner yang mirip sekali dengan urap. Untuk jenis sayurannya, bisa bayam, wortel, kubis, kacang pancang, dan lain sebagainya. Salah satu sayur yang khas gudangan ini adalah wortel, sementara urap tidak selalu ada. Ada versi direbus ada yang tidak.

2. Urap Latoh, Rembang

Urap latoh, Via Instagram bhekti_art
Urap latoh, Via Instagram bhekti_art

Di Rembang juga ada masakan yang mirip sekali dengan urap. Namanya pun tidak jauh beda, yakni urap latoh. Namun bahan yang digunakan cukup berbeda. Jika biasanya urap dengan menggunakan sayur mayur darat, lain halnya dengan kuliner yang berasal dari Rembang ini. Sayurannya adalah latoh atau rumput laut. Rasanya kenyal-kenyal gurih perpaduan rumput laut dan parutan kelapa.

3. Jukut Urab, Bali

Jukut urab, Via instagram foodieandtravels
Jukut urab, Via instagram foodieandtravels

Jika urap biasanya memanfaatkan banyak sekali sayur mayur, sedikit berbeda dengan jukut urab dari Bali ini. Sayuran yang digunakan hanya dua macam saja, yakni kacang panjang dan juga tauge kemudian dicampur dengan sambal dari parutan kelapa. Uniknya lagi, bumbunya nanti diberi tambahan terasi, jadi aromanya cukup sedap.

4. Anyang, Sumatera

Anyang, Via Instagram bang_deef
Anyang, Via Instagram bang_deef

Sementara itu untuk anyang merupakan sejenis sayuran menyerupai urap yang berasal dari Sumatera. Untuk sayurannya bisa bermacam-macam, tapi salah satu yang cukup khas adalah penggunaan dari pakis. Selanjutnya untuk bumbunya, kelapa disangrai terlebih dahulu kemudian dicampur dengan beragam bumbu mentah lalu dicampurkan ke sayur yang sebelumnya sudah direbus.

5. Trancam, Jawa Tengah

Trancam, Via Instagram ianandariskia
Trancam, Via Instagram ianandariskia

Ada pula trancam dari Jawa Tengah yang sekilas mirip dengan urap. Bedanya, jika urap menggunakan sayur mayur yang direbus atau dikukus, trancam sedikit berbeda. Sayuran yang digunakan di sini dibiarkan mentah. Ada mentimun, petai cina, daun kemangi, kacang panjang dan lain-lain kemudian dicampur dengan bumbu kelapa yang juga masih mentah.

6. Srombotan, Bali

Srombotan, Via Instagram nanoe_biroe
Srombotan, Via Instagram nanoe_biroe

Srombotan merupakan sayuran khas Klungkung, Bali. Sayuran yang digunakan mulai dari kecipir, pare, toge, dan lain-lain yang dimasak setengah matang. Kemudian nanti setelah direbus akan diberi bumbu kalas yang terdiri dari santan yang diberi tumbukan kunyit, lengkuas, bawang merah, bawang putih, ketumbar dan sedikit kencur. Santan berbumbu ini akan dimasak hingga mengental.

7. Kuluban, Jepara

Kuluban, Via Instagram makanan_jepara
Kuluban, Via Instagram makanan_jepara

Tidak jauh beda dengan urap, ada kuluban dari Jepara. Ini mrupakan menu tradisional berbahan dasar sayur mayur yang dicampur dengan parutan kelapa. Beda urap dengan kuluban adalah penggunaan nangka muda rebus dan taoge yang disajikan secara mentah. Sementara urap tidak ada nangka rebus dan taoge yang digunakan sudah direbus terlebih dahulu.

Ragam urap dari berbagai daerah yang bisa dicicipi ya. Setidaknya, dengan mencicipi berbagai kuliner mirip urap di atas, kamu tahu dengan betul jika satu macam urap saja memiliki banyak kembaran. Dan hal tersebut juga menandakan jika Indonesia ini kaya dengan beragam perbedaanya.

Tags
kuliner Indonesia kuliner nusantara mirip urap urap
Share