Deretan Kuliner Nasi Hainan Jakarta, Selera Tionghoa di Ibu Kota

Advertisement

Nasi Ayam Hainan merupakan salah satu masakan Tiongkok yang cukup populer di Asia Tenggara. Kebanyakan orang mengkaitkan hidangan ini dengan Singapura atau Malaysia. Namun beruntung bagi para warga ibu kota, kini sudah ada sejumlah lokasi kuliner nasi hainan Jakarta yang bisa dikunjungi.

Ciri khas utama nasi ayam hainan adalah cara masaknya yang sesuai tradisi hainan, di mana seluruh ayam direbus dulu dengan kaldu tulang ayam atau babi. Di Singapura, kaldu diganti dengan air yang sudah dicampur bawang putih dan jahe. Sering disajikan dengan kecap dan rasanya lebih pedas.

Bagi yang penasaran ingin mencoba dan kebetulan tinggal di ibu kota, berikut adalah daftar kuliner nasi hainan Jakarta yang patut dicoba.

1. Boon Tong Kee

Boiled Chicken teman makan Nasi Hainan
Boiled Chicken teman makan Nasi Hainan via Instagram boontongkee.id

Boon Tong Kee punya dua cabang di Jakarta, tepatnya di daerah Kelapa Gading dan Ruko The Metro. Salah satu menu andalannya tentu saja adalah nasi hainan. Sensasi gurih dari nasi bakal terasa kian nikmat jika disantap bersama roasted chicken ala Singapura yang juga disajikan di tempat ini.

Boon Tong Kee punya tempat yang cukup luas. Cocok sekali jika ingin membawa keluarga atau relasi makan siang/malam di restoran ini. Selain nasi hainan, menu lain yang patut dicoba antara lain seafood seaweed soup, udang lada hitam, dan juga signature boiled chicken.

2. Jia Jia

Nasi Hainan ala JiaJia Chicken Rice
Nasi Hainan ala JiaJia Chicken Rice via Instagram jiajiachickenrice

Bagi yang ingin merasakan nasi ayam hainan dengan rasa lebih otentik, sangat disarankan datang ke sini. Beras yang digunakan diimpor langsung dari luar negeri demi menghasilkan sensasi kelezatan berbeda. Dijamin rasanya jauh lebih mendekati nasi hainan yang ada di Singapura.

Pilihan menunya juga lebih bervariasi. Beberapa yang menjadi andalan di sini antara lain steamed chicken rice, roasted chicken rice, dan chicken chaarsiu. Berada di Pasar Mall of Indonesia, Jia Jia cukup populer di antara penggemar nasi hainan di Indonesia karena harganya yang tak terlalu mahal.

3. Mandarin Chicken Rice

Paket lengkap nasi hainan
Paket lengkap nasi hainan via Instagram mandarinchickenrice

Mandarin Chicken Rice terletak di Jl Raya Pajajaran no 27, Bogor Tengah. Sesuai dengan namanya, usaha kuliner ini menawarkan beragam masakan khas Tiongkok untuk memanjakan pelanggannya. Tempatnya cukup luas, cocok untuk dijadikan alternatif kuliner bersama keluarga atau relasi.

Salah satu menu andalan Mandarin Chicken Rice adalah set komplet Hainan Mandarin Chicken Rice. Dibandrol dengan harga 58 ribu rupiah, pelanggan akan mendapatkan nasi hainan, ayam berbumbu, dan juga dua menu pelengkap lain. Selain nasi hainan, masakan lain yang juga patut dicoba antara lain mantau goreng, tahu goreng telur asin, dan mie ayam cashiew.

4. PappaRich

Nasi Hainan dengan roasted chicken
Nasi Hainan dengan roasted chicken via Instagram papparich.id

Tak salah jika para pengunjung di PappaRich begitu ketagihan dengan sajian nasi ayam hainan di sini. Sebab hidangannya disajikan dengan beragam pilihan saus, termasuk kecap asin. Tambahan sederhana ini tentu saja kian memperkaya rasa nasi hainan, yang mulanya sudah bercitarasa gurih.

Selain nasi hainan, restoran masakan Malaysia ini juga menyediakan hidangan lain yang tak kalah nikmat. Di antaranya nasi lemak, laksa, serta Penang Char Kway Teow. PappaRich juga menyediakan Kid’s Meal Set, jadi pengunjung tak perlu ragu mengajak buah hati mereka menikmati santap siang di sini.

5. Wee Nam Kee

Nasi hainan di Wee Nam Kee
Nasi hainan di Wee Nam Kee via Instagram weenamkee_ind

Bergantung pada gaya masakannya, nasi hainan biasanya disajikan dengan steamed atau roasted chicken. Dua-duanya sama-sama enak dan punya cita rasa kelezatan tersendiri. Namun jika bingung memilih, datang saja ke Wee Nam Kee.

Di restoran yang berlokasi di Tangerang dan Jakarta Pusat ini, pengunjung bisa merasakan langsung dua varian ayam tersebut dalam satu menu. Rasanya tentu luar biasa nikmat jika sudah disandingkan dengan gurihnya nasi ala hainan.

Itulah tadi sejumlah kuliner nasi hainan Jakarta yang patut dikunjungi. Jika kebetulan berada di ibu kota dan ingin merasakan sensasi cita rasa Tiongkok, tak ada salahnya menyambangi deretan lokasi kuliner tersebut.

Advertisement
Tags
Jakarta kuliner Wisata Kuliner
Share