10 Kuliner Merah Putih yang Siap Semarakkan Perayaan Ulang Tahun Indonesia

Bulan Agustus akhirnya datang juga, berarti sudah saatnya warga Indonesia bersiap-siap menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia. Biasanya para remaja putri dan ibu rumah tangga mempersiapkan kuliner yang akan dilombakan di masing-masing tempat tinggalnya. Contohnya seperti kuliner berwarna merah putih dengan beragam jenis. Yuk deh lihat ragam makanan kemerdekaan di bawah ini, siapa tahu bisa jadi referensi Teman Traveler semua. 

Bubur Merah Putih 

kuliner merah putih
Bubur Merah Putih via instagram/giandra_almond

Pasti Teman Traveler sudah tak asing lagi dengan bubur merah putih. Ya, makanan satu ini memang sering dihidangkan pada perayaan ulang tahun Indonesia. Rasanya yang manis bercampur gurih membuat orang-orang tidak ingin melewatkan kuliner ini saat 17 Agustus. 

Tumpeng Merah Putih 

Tumpeng Merah Putih via instagram/ayam_laos_bumira

Tak lengkap rasanya apabila ulang tahun Indonesia tidak disajikan tumpeng berwarna merah putih. Nah, sebenarnya rasanya sama saja dengan tumpeng pada umumnya, namun perbedaannya hanya pada warnanya. 

Tart Merah Putih 

Tart Merah Putih via instagram/rahmakrisbiant

Kue tart merah putih juga bisa jadi kuliner yang dihidangkan saat perayaan ulang tahun Indonesia. Dengan begitu ulang tahun Indonesia di 2019 ini bisa membawa suasana berbeda. Hayo, siapa yang mau membuat tart merah putih untuk 17 Agustus nanti? 

Puding Merah Putih 

Puding Merah Putih via instagram/ardinasalinata

Setelah makanan utama, jangan lupa kuliner penutupnya. Teman Traveler bisa membuat puding merah putih agar sesuai dengan tema kemerdekaan. Jangan lupa tambahkan buah berwarna senada supaya puding terlihat lebih menarik. 

Martabak Merah Putih 

Martabak Merah Putih via instagram/markobar1996

Makanan satu ini bisa jadi pilihan untuk menyemarakkan ulang tahun Indonesia. Yaitu martabak dengan warna merah putih. Kalau Teman Traveler menghidangkannya, pasti ada banyak orang yang mencicipinya karena penasaran dengan rasanya. 

Donat Merah Putih 

Donat Merah Putih via instagram/voilajogja

Ada lagi makanan yang bisa digunakan untuk menyambut perayaan Indonesia. Adalah donat merah putih yang tentu bakal menarik perhatian nantinya. Ini karena donat berwarna merah putih masih sangat jarang ditemui. 

Klepon Merah Putih 

Klepon Merah Putih via instagram/husnulll17_store

Bukan hanya makanan modern, kuliner tradisional juga bisa Teman Traveler hidangkan. Misalnya seperti klepon dengan warna merah putih. Makanan satu ini bisa jadi nilai tambah ketika dilombakan, karena mengangkat kuliner asli Indonesia. 

Cenil Merah Putih

Cenil Merah Putih via instagram/diahnimpuno

Teman jajanan dari klepon adalah cenil. Berbeda dari jajanan tradisional sebelumnya, cenil punya tekstur yang kenyal, tapi tetap dengan cita rasa yang manis dan gurih dari tambahan parutan kelapa di atasnya. 

Bolu Kukus Merah Putih

Bolu Kukus Merah Putih via instagram/ayoe_widya83

Jajanan tradisional ini yang paling mudah ditemukan di pusat kue pasar pagi. Selain bentuknya yang cantik seperti bunga, warnanya pun jadi salah satu bagian paling menarik yang jadi incaran. Untuk momen 17-an pas banget kalau disambut dengan bolu kukus warna merah putih.

Awuk-awuk

Awuk-awuk via instagram/ardhaniluvnabva

Kue tradisional yang identik dengan perayaan 17-an ini bercita rasa manis dari gula putih dan gurih dari kelapa parutnya. Jajanan berbahan dasar ketan yang dikukus ini punya tekstur yang lembut. Walaupun keberadaannya sudah cukup langka, tapi cara membuatnya tak sulit kok. 

Ternyata ada banyak sekali jenis kuliner merah putih yang bisa dihidangkan pada perayaan ulang tahun Indonesia. Mulai dari modern hingga tradisional. Jadi, mana nih makanan yang ingin digunakan Teman Traveler untuk menyambut 17 Agustus nanti? 

Tags
Indonesia kuliner kuliner merah putih
Share