Kuliner Manis Hits Jogja, Murmer Cocok untuk Berbuka

Bagaimana puasa Teman Traveler sejauh ini? Ada rencana berbuka dengan apa? Jika belum punya ide, ada sejumlah kuliner manis hits Jogja bisa dipilih sebagai menu buka. Selain nikmat, harganya juga tak terlalu menguras kantong.

Nah, daripada penasaran, yuk kita simak apa saja kuliner manis hits Jogja yang bisa jadi pilihan berbuka. Awas, melihat gambar-gambar di bawah ini rawan bikin ngiler!

Kue Balok Cokelat (Kue Balok Parikesit)

Kue Balok Parikesit (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Meski sejatinya merupakan kuliner khas Jawa Barat, kue balok kini sudah menyebar hingga berbagai daerah. Salah satunya ada di Jogja, dengan mengusung nama Kue Balok Parikesit.

Jajanan satu ini tengah hits dan jadi favorit di Kota Gudeg. Outlet-nya bisa Teman Traveler temukan di kawasan Seturan, Pandega Marta, Lowano, dan Gondokusuman. Selain Jawa Tengah, gerai Kue Balok Parikesit juga ada di Jawa Timur dan Jakarta.

Coklatnya meleleh (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Dari bentuknya, kue balok sekilas mirip pukis. Begitu menyentuh lidah, rasanya manis layaknya brownies. Namun yang jadi ciri khas adalah proses masak menggunakan arang, hingga menciptakan sensasi rasa tersendiri.

Pertama-tama adonan dimasukkan dalam cetakan, sebelum ditutup alat berisi arang. Dalam beberapa saat, kue balok akan mengembang, sementara bagian tengahnya masih leleh layaknya cokelat lumer.

Kue Balok Parikesit bisa Teman Traveler dapatkan dalam kemasan box dengan isi enam, delapan, atau sepuluh kue. Harganya berkisar antara Rp10.000 hingga Rp25.000.

Lupis Rainbow (Kedai Lupis)

Lupis Rainbow (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Kedai Lupis coba hadirkan jajanan tradisional dengan sentuhan kekinian. Kedainya bisa Teman Traveler temukan di Jalan Persatuan, Condong Catur, Sleman. Lupis yang biasanya tampil sederhana dikemas dalam aneka varian menggoda di sini.

Buka sejak 1974, salah satu menu yang kerap jadi favorit pengunjung adalah Lupis Rainbow. Sajian ini terdiri dari tiga macam topping. Teman Traveler bisa memilih salah satu antara cokelat parut, green tea, keju, maupun stroberi.

Lupis kekinian dengan aneka topping (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Cukup rogoh kocek sebesar Rp 15.000, Teman Traveler sudah bisa mendapat tiga lupis dengan tiga topping berbeda nan melimpah. Sementara untuk menu premium, saus yang digunakan bukan gula merah melainkan susu kental manis.

Tekstur lupisnya sendiri terasa lembut dan gurih. Meski mulanya sedikit aneh, terasa pas disandingkan dengan topping keju, green tea, maupun cokelat parut. Manisnya topping dan susu, membuat lupis cocok untuk Teman Traveler jadikan takjil berbuka.     

Roti Kukus Lumer (Rotkus Laka- Laka)

Roti kukus dengan aneka filling (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Roti Kukus Lumer juga bisa jadi pilihan makanan ringan untuk berbuka. Teman Traveler bisa mampir ke salah satu outlet mereka di Condongcatur maupun Taman Siswa. Keduanya buka mulai pukul 15.00 hingga semua bahan habis.

Uniknya, semua roti yang digunakan merupakan homemade dan disajikan fresh from the oven. Teman Traveler bisa memilih varian original, black, maupun pandan. Jangan lupa tentukan filling sesuai selera. Kalian tinggal pilih srikaya, mangga, cappucino, taro, atau lainnya.

Roti kukus pandan choco crunch (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Best seller di sini adalah roti dengan filling choco crunch. Sesuai namanya, roti yang telah siap dengan isian dikukus kurang lebih 5 sampai 10 menit. Hasilnya, roti kian empuk dan isiannya jadi lumer. Manis dan nikmat, dengan sensasi crunchy di isiannya. Seporsinya bisa kalian tebus dengan modal antara Rp10.000 hingga Rp18.000.

Black Salad (Salad Nyoo), Kuliner Manis Jogja Wajib Coba

Menu baru Salad Nyoo (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Sebagai salah satu salad fenomenal di Jogja, Salad Nyoo pantang dilewatkan sebagai opsi takjil berbuka. Kelezatannya tak perlu diragukan, terbukti dengan angka penjualan hingga 3.000 porsi per hari.

Salad Nyoo juga berhasil menyabet penghargaan UMKM Terbaik 2019 versi GoFood dan Zero to Hero 2019 versi GrabFood. Kedai salad ini sudah punya 10 outlet di Jogja dan siap melayani pelanggan mulai pukul 09.00 hingga 21.00.  

Black salad yang segar (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Dengan buah-buahan segar seperti anggur, melon, kelengkeng, kiwi, jeruk, dan stroberi, Salad Nyoo terasa sangat nikmat. Apalagi dengan tambahan dressing dan keju parut, membuat lidah tak berhenti bergoyang.

Selain original, Salad Nyoo hadir dengan varian black dan taro. Rasanya juara, dengan manis pas dan tentu menyegarkan. Tersedia dalam ukuran small (300 ml), medium (500 ml), dan large (650 ml). Per box dibanderol dengan harga mulai Rp16.000 hingga Rp53.000.    

Es Durian (Mendem Duren)

Mendem duren, spesial es durian (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Ingin minuman segar selain es campur atau es kolak untuk berbuka? Teman Traveler bisa cicipi kenikmatan Mendem Duren, mabuk durian dalam Bahasa Jawa. Sesuai namanya, kedai ini sajikan es duren sebagai menu andalan.

Sebagai salah satu sajian es legendaris di Jogja, eksistensi Mendem Duren tak meredup. Bahkan terus eksis hingga kini, meski harus bersaing dengan aneka minuman hits lainnya. Sayap usahanya kini sudah melebar hingga Sumatera, Bali, Kalimatan, dan Sulawesi.

Menggunakan durian asli 100 persen (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Menu favorit di sini adalah Es Mendem Duren, tersedia dalam tiga ukuran: kids (seperempat durian), large (setengah), dan jumbo (satu durian hampir utuh). Teman Traveler bisa request menggunakan susu cokelat atau putih, plus topping kacang, oreo, keju, maupun meses. Satu cup dibanderol antara Rp12.000 hingga Rp21.000.

Bagi para pecinta durian, hidangan satu ini wajib dicoba. Di Jogja outletnya sudah ada 10 buah, salah satunya ada di Jalan Affandi, Kaliurang, Godean, dan Laksda Adisutjipto. Mereka siap melayani pesanan antara pukul 09.00 hingga 23.00.

Bagaimana, sudah tak bingung kan buka dengan apa? Aneka kuliner manis hits Jogja bisa jadi pilihan. Selain nikmat, harganya juga terjangkau. Bagaimana, tertarik mencicipi yang mana?

Tags
Jogja Jogjakarta kontributor kuliner Jogja kuliner jogjakarta Travelingyuk
Share