Kuliner Malang Berkuah Hangat, Nikmat di Tengah Dinginnya Malam

Malang punya banyak pesona khas. Mulai dari iklim sejuk, destinasi menarik, hingga makanan enak. Ketiga hal tersebut saling berkaitan. Misalnya saja bagaimana kuliner Malang berkuah hangat terasa lebih nikmat di tengah dinginnya suhu Kota Bunga.

Berikut adalah rekomendasi beberapa kuliner Malang berkuah hangat, yang cocok menemani Teman Traveler selama melancong di sekitar kota. Yuk, kita simak bersama.

Bakso Malang

Bakso Malang via instagram.com/aniprayogo

Rekomendasi pertama tentu saja adalah bakso. Ikon kuliner Malang yang sudah tersebar ke seluruh penjuru Indonesia. Mencicipi sajian satu ini wajib banget hukumnya jika tengah berada di Kota Bunga.

Dibandingkan dengan bakso lain, bakso di sini memang punya keunikan tersendiri. Mulai dari kuah, tampilan, hingga cara pemesanannya pun unik. Pembeli bisa mengambil sendiri isi mangkuk sesuka hati, Komposisinya juga boleh diatur sesuai selera.

Komponen bakso malang tak hanya terdiri dari pentol bakso. Masih ada pangsit, bakwan, tahu rebus, bakso urat, bakso halus, bakso goreng, dan aneka gorengan lainnya. Paduan tersebut lantas disempurnakan dengan siraman kaldu sapi segar dan gurih.

Angsle

Angsle biasanya dijual malam hari via instagram.com/andhikazrt

Inilah sajian paling cocok untuk menghangatkan diri di tengah dinginnya Malang. Makanan khas berupa wedang ini siap memberikan kehangat lewat kandungan jahe di dalamnya. Tambahan isian seperti roti, kacang tanah sangrai, kacang hijau rebus, ketan putih kukus, tape singkong, dan bubur mutiara, membuat rasanya makin nikmat.

Kuliner Malang berkuah hangat ini biasanya dijual malam hari dan lumrah ditemui di pinggir jalan. Biasanya dalam satu tempat, Teman Traveler juga bisa membeli ronde dan, jika beruntung, tahwa. Ketiga sajian ini sama-sama ampuh menghangatkan tubuh. Dijamin bakal terasa lezat disantap di tengah dinginnya udara malam.

Orem-Orem

Orem Orem via instagram.com/ammamamo

Orem-orem merupakan makanan khas yang disajikan bersama ketupat, tauge, potongan kecil tempe, telur asin, dan kuah santan kental nan gurih. Dulunya makanan ini disajikan hanya di saat-saat tertentu, seperti pernikahan atau syukuran. Namun kini, Teman Traveler bisa membelinya dengan mudah sebagai street food.

Cwie Mie Malang

instagram.com/albest89/
Cwie Mie Malang via instagram.com/albest89

Dari namanya saja sudah bisa ditebak bahwa sajian satu ini merupakan kuliner peranakan Tionghoa. Cwi Mie sendiri sering juga disebut sebagai mie pangsit. Biasanya disajikan bersama cacahan ayam, taburan daun bawang, selada, dan kuah yang ditempatkan di wadah terpisah.

Soto Lombok Malang

Soto Lombok Malang via instagram.com/chrisellaelynda

Soto merupakan makanan unik, lantaran hampir seluruh wilayah Indonesia punya varian masing-masing. Malang sendiri tidak punya soto yang cukup unik untuk disebut sebagai hidangan khas. Meski begitu, di Kota Bunga Teman Traveler bisa menemukan beragam warung soto dengan racikan unik dan berbeda satu sama lain.

Salah satu yang cukup legendaris adalah Soto Lombok. Penyebarannya lumayan luas di Malang, baik berupa cabang resmi maupun KW. Oh ya, nama Lombok sendiri tidak terinspirasi dari pulau di Nusa Tenggara Barat, melainkan Jalan Lombok, tempat kuliner lawas ini berdiri.

Satu hal yang cukup unik dari Soto Lombok adalah penyajiannya menggunakan mangkuk kecil. Sementara untuk isiannya terdiri dari potongan daging ayam kampung, tauge, telur rebus, irisan kol, taburan koya, dan potongan kentang yang khas.

Nasi Rawon

Nasi Rawon via instagram.com/uunhendrawijaya

Rawon bukan makanan eksklusif Malang lantaran bisa ditemukan di banyak daerah lain. Namun banyak yang menganggap rawon sebagai makanan khas Jawa Timur. Oleh karena itu, wajib hukumnya mencicipi
kuliner Malang berkuah hangat ini jika sedang berada di Kota Bunga.

Sajian ini hadir dengan kuah hitam plus nasi, potongan daging sapi, tauge, bawang goreng, sambal, dan krupuk. Kuahnya sedikit terasa manis dan lezat. Penggunaan bahan khusus bernama keluak membuat sajian ini kerap berikan sensasi gurih dan sedap yang bikin nagih.

Itulah sederet kuliner Malang berkuah hangat yang bisa Teman Traveler coba. Pastinya bakal makin terasa nikmat disantap di tengah belaian dingin udara malam Kota Bunga. Bagaimana, tertarik mencicipi yang mana dulu nih?

Tags
Indonesia kontributor kuliner malang Malang
Share