Pilihan Kuliner di Jogja paling Pas Untuk Dicicipi Saat Liburan Long Weekend

Mencari makanan enak itu sudah seperti memburu jarum dalam tumpukan jerami, susah-susah gampang. Itu karena penampakan belum tentu sesuai dengan rasa alias meski rupanya cantik dan menggiurkan, belum pasti rasanya itu enak. Maka dari itu, kamu harus pintar-pintar mencari informasi biar acara liburanmu pada long weekend nanti lebih menyenangkan. Memang sih, urusan perut ini kadang sangat pelik. Bisa mempengaruhi semangat dan mood jalan-jalan. Travelingyuk merekomendasikan Jogja dengan segala keindahannya.

Tempat wisata banyak melimpah dan yang pasti kuliner lezat mudah didapatkan. Biar kamu nggak bingung dengan banyaknya pilihan, ikuti saja saran dari Travelingyuk berikut ini. Dijamin mantap nggak cuma bikin kenyang, tapi juga lidah bisa bergoyang. Di mana saja tempat dan seperti apa menu—menunya? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

1. Kepiting Bang Ja’i

Kepiting Bang Ja’i [image source]
Kepiting Bang Ja’i khusus menjual olahan seafood yang akrab di lidah. Menu andalan di tempat ini adalah sajian kepiting dengan bumbu istimewa sehingga rasa lezatnya merasuk sampai ke dalam. Kamu bisa menemukan Kedai Bang Ja’i di JL.Seturan Raya No. 16, Jogja. Setelah sampai di lokasi segera pilih menu seperti Kepiting, Udang, Cumi, Kerang & Ikan. Dengan membayar Rp. 170 ribu kamu sudah bisa menikmati satu porsi kepiting yang idealnya untuk dua orang, kalau kamu nggak rela bagi-bagi sih silakan saja habiskan sendiri.

2. Sate Ayam Podomoro

Sate Podomoro [image source]
Inilah sate legendaris di Jogja karena sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu. Tentu yang membuatnya bertahan adalah cita rasa yang konsisten dari waktu ke waktu sehingga penggemarnya pun tak pernah berkurang, justru terus bertambah banyak. Satu porsi sate yang disiram dengan bumbu kacang bisa kamu nikmati bareng nasi atau lontong, tinggal pilih saja sesuai dengan seleramu. Sate Ayam Podomoro eksis di Jalan Mataram No. 11, Yogyakarta dan buka dari pukul 10 pagi hingga 8 malam, jadi buruan ya, jangan sampai kehabisan.

3. Indochine Bistro Vietnamese & Thailand Food

Indochine Bistro [image source]
Masih bisa nolak jika disuguhi makanan berwarna-warni di Indochine Bistro? Sekali lihat, pasti kamu ingin buru-buru menyantap. Yang ada dalam foto ini adalah menu khas dari Vietnam, berbentuk lumpia dengan isi berupa sayuran, buah, tempe, tahu, udang, hingga berbagai jenis ikan. Sebelum di makan, bisa dicocolkan terlebih dahulu ke saus khusus. Restoran yang terletak di Jalan Kledokan, Senturan, Jogja ini juga menawarkan menu dari Thailand.

4. Kedai Roti Bakar 543

Kedai Roti Bakar [image source]
Jika akhir pekan dengan libur panjang ini kamu belum punya rencana dan bingung mau ke mana, yuk langsung saja pasang niat ke Kedai Roti Bakar 543 di Jalan Selokan Mataram No. 99, Senturan. Kamu bisa mencoba menu-menu baru seperti Roti Bakar Smoked Beef yang harganya hanya Rp. 16 ribu. Rasanya gurih dan terdapat keju di bagian tengahnya. Jika masih lapar ada juga Indomie Bolognese, Indomie Teriyaki, Roti Bakar Red Velvet, Brownie Boat, Mojito Strawberry, Thai Tea serta masih banyak yang lainnya.

5. Rumah Makan Haji Cijantung

RM Cijantung [image source]
Hari Sabtu itu bisanya waktu untuk keluarga, kamu sudah sibuk bekerja dalam sepekan. Nggak ada salahnya pergi makan bersama dengan keluarga untuk menikmati momen kebersamaan. Pilihan yang tepat adalah Rumah Makan Haji Cijantung dengan menu yang beragam, cocok untuk berbagai kalangan. Baik yang kecil maupun sudah tua. Menu di sini harganya mulai dari Rp. 5 ribu kamu bisa memesan lalapan dan sambal dadak. Seperti apa menu tersebut? Langsung saja datang ke Jalan Gejayan No. 12 untuk mencicipi hidangannya.

6. Mak Semarangan

Mak Semarangan [image source]
Mak Semarangan, bukan hanya restoran biasa tapi juga menghadirkan galeri batik dan coffe shop dalam satu tempat. Lokasinya berada di Jalan Monjali No. 90 A tepatnya di depan Aizza Komputer. Tempatnya cukup instagrama-able dengan boneka-boneka besar. Untuk makanan ada mie kopyok kikil daging sapi. Sebenarnya menu ini adalah khas Semarang, namun yang ada di Jogja ini juga patut diperhitungkan.

7. Bakmi Doring

Bakmi Doring [image source]
Bakmi Doring ini unik sekali karena cara memasaknya tidak dengan kompor melainkan menggunakan tungku dan bara api dari arang. Hal itu membuat rasa dari bakmi rebus di tempat ini jadi begitu istimewa. Selain kenyang, kamu bisa menghangatkan diri di dekat tungku, seru bukan? Penjual Bakmi Doring menjajakan dagangannya di Jalan Suryowijayan No. 348 Jogja. Buka dari jam 5 sore hingga 12 malam.

Itulah beberapa kuliner Jogja yang pas untuk akhir pekan nanti, kamu bisa mencatatnya biar tidak lupa. Selamat berakhir pekan yang panjang ya guys!

Tags
Jogja kuliner kuliner Jogja
Share