Rekomendasi Kuliner Lezat Khas Solo, Dijamin Bikin Ketagihan

Selain sebagai kota budaya, Solo juga terkenal akan kuliner khasnya. Kota Batik punya beragam sajian otentik yang dijamin bikin Teman Traveler ketagihan. Nah, buat kalian yang berencana berkunjung dalam waktu dekat, yuk simak rekomendasi kuliner lezat khas Solo berikut ini.

Nasi Liwet

kuliner_1_Tet.jpg
Komponen nasi liwet (c) Esti Traveler/Travelingyuk

Nasi Liwet sangat populer di Solo. Seporsinya disajikan dengan wadah daun pisang, terdiri dari nasi putih, sayur labu siam, suwiran ayam, dan telur rebus. Semua komponen tersebut diguyur kuah santan kental
nan gurih yang kerap disebut dengan istilah areh. Rasanya benar-benar memanjakan lidah.

Tak sulit menemukan penjaja nasi liwet di Solo. Hampir pasti ada di tiap sudut kota. Namun salah satu yang cukup recommended adalah Nasi Liwet Yu Sani Solo Baru di Jalan Ir Soekarno. Seporsinya bisa Teman Traveler tebus dengan bermodal Rp15.000 saja.

Timlo Sastro

20190908_145332_c71.jpg
Timlo Sastro (c) Esti Traveler/Travelingyuk

Kuliner legendaris ini ada di daerah Pasar Gedhe. Sajiannya bisa dibilang mirip soto, terdiri dari mie soun, suwiran ayam, potongan sosis solo, irisan telur dadar, dan wortel. Semua bahan tersebut lantas disiram kuah kaldu ayam yang gurih. Rasanya sungguh bikin ketagihan karena memang selezat itu.

Satu porsi Timlo Sastro bisa Teman Traveler dapatkan dengan harga Rp20.000, dengan porsi lumayan banyak dan komplet. Jika penasaran ingin mencoba, langsung saja kalian meluncur ke Jalan Kapten Mulyadi. 

Selat Solo

kuliner_3_iK4.jpg
Selat Solo (c) Esti Traveler/Travelingyuk

Selat Solo merupakan makanan khas Solo yang mendapat sedikit pengaruh Eropa. Komponennya terdiri dari wortel, tomat, buncis, acar, potongan kentang goreng, irisan telur, mayones dan potongan daging bistik atau daging segar.

Salah satu kedai selat solo paling terkenal di Kota Batik adalah Mbak Lies Serengan. Selain disajikan dengan sayur-sayuran segar dan daging empuk, kuahnya juga terasa gurih dan manis. Seporsinya dibanderol Rp45.000. Cukup mahal memang, namun sebanding dengan cita rasa yang ditawarkan. Teman Traveler bisa mencicipinya di Jalan Veteran, Serengan Solo. 

Jenang Lemu

20190830_192009_rDQ.jpg
Jenang Lemu (c) Esti Traveler/Travelingyuk

Inilah salah satu kuliner legendaris yang wajib dicoba jika mampir ke Solo. Bubur ini disajikan dengan lauk pauk dan sayuran sederhana, seperti sambel goreng, opor, sayur terik, dan beragam macamnya. Teman Traveler juga bisa menikmatinya bersama aneka lauk seperti tahu, aneka gorengan, telur puyuh, ceker, atau lainnya.

Jenang Lemu ini makin nikmat disantap sambil lesehan sembari merasakan suasana indah sudut kota. Penasaran? Teman Traveler bisa langsung meluncur ke Jalan Brigjen Sudiarto. Seporsinya dibanderol seharga Rp10.000 saja.  

Cabuk Rambak

kuliner_2_jDJ.jpg
Penjual Cabuk Rambak (c) Esti Traveler/Travelingyuk

Makanan khas Solo satu ini terbuat dari ketupat nasi dan disajikan bersama sambal khas wijen serta lauk karak. Satu hal yang membuatnya unik adalah sambalnya. Terbuat dari campuran kemiri, kelapa parut, dan bumbu khusus lainnya.

Cabuk Rambak biasa disajikan dengan wadah dari daun pisang. Teman Traveler bisa menemukan beberapa penjualnya di sekitaran Jalan Re Martadinata, Warungmiri. Seporsinya biasa ditawarkan dengan harga Rp5.000 saja.

Itulah beberapa rekomendasi kuliner lezat khas Solo yang bisa Teman Traveler coba. Semuanya otentik dan dijamin bakal bikin lidah kalian ketagihan. Jika sedang berencana menjelajah wisata Solo, jangan lupa mencicipi semuanya ya.

Tags
Indonesia kontributor kuliner Solo Solo Travelingyuk
Share