Kuliner Lebaran Khas Sumatra, Semua Mengandung Santan yang Gurih

Teman Traveler sudah persiapkan segala kebutuhan buat mudik? Nah kalau sudah sampai di kampung halaman jangan lupa icip kuliner lebaran khas di sana, termasuk Sumatra. Mulai dari Aceh sampai Palembang, terdapat makanan yang mengandung santan. Apa saja?

Kuah Labu, Aceh

Kuliner Lebaran Khas Sumatra
Kuah Labu, Aceh via Instagram @dapurnasha

Kuliner lebaran khas Sumatra ini biasa disantap oleh masyarat Aceh, disebut dengan kuah labu atau labu kuah kuning. Bahan utama makanan lezat ini adalah santan, labu air yang bentuknya memanjang warna hijau seperti terong, iga atau daging, dan sayur lainnya.

Sedangkan bumbunya adalah bawang, cabai, daun kari, kembang lawang, kayu manis, dan jahe. Banyak ya rempah-rempahnya? Pasti rasanya enak banget! Ada bumbu yang dihaluskan lalu ditumis dengan iga yang telah dipotong-potong. Barulah ditambah santan dan labu air. Kuah labu biasanya disantap dengan potongan ketupat.

Gulai Nangka Iga Sapi, Medan

Gulai Nangka Iga Sapi, Medan via Instagram @dewi.yuliana23
Gulai Nangka Iga Sapi, Medan via Instagram @dewi.yuliana23

Gulai nangka iga sapi adalah salah satu kuliner lebaran khas Sumatra yang ada di meja orang-orang Medan dan sekitarnya. Sayur tersebut berbahan dasar buah nangka muda, iga sapi, dan tentunya santan. Jangan lupa menggunakan buah nangka muda yang mengkal alias setengah matang.

Biasanya gulai nangka iga sapi juga ditambah sayur lain seperti kacang panjang, buncis, atau lainnya sesuai selera. Rempah yang digunakan sehingga menghasilkan kelezatan adalah bawang, kencur, terasi goreng, ketumbar, dan merica. Pendamping makan gulai nangka iga sapi adalah lontong atau ketupat.

Rendang, Padang

Rendang, Padang via Instagram @meimei.sipit
Rendang, Padang via Instagram @meimei.sipit

Siapa yang belum pernah makan rendang? Wah, sepertinya sudah pernah semuanya, ya. Bagaimana tidak, salah satu kuliner Sumatra Barat ini memang telah tersebar ke penjuru Indonesia. Namun lebih lezat kalau menyantapnya langsung di kota asal.

Beruntung banget buat Teman Traveler yang mudik ke daerah Padang dan sekitarnya, bisa menyantapnya sebagai sajian khas saat lebaran. Rendang asli Minang biasanya dimasak cukup lama sekitar 7-8 jam, sampai kuah benar-benar habis. Bahkan ada yang rendangnya sampai menghitam. Disitulah letak kenikmatannya.

Anam, Palembang

Anam, Palembang via Instagram @etrindarmin
Anam, Palembang via Instagram @etrindarmin

Selanjutnya adalah anam yang menjadi kuliner khas lebaran Sumatra tepatnya di Palembang dan sekitarnya. Isian sayur anam ialah daging ayam yang telah dipotong dadu. Sedangkan bumbunya menggunakan bawang, serai, lengkuas, jahe, temu kunci, kencur, daun jeruk, kunyit, pala bubuk, cengkeh, ketumbar, dan merica.

Banyak banget rempahnya! Teman Traveler terbayang bagaimana nikmatnya menyantap sayur anam? Semua bumbu tersebut dihaluskan lalu ditumis sampai berbau harum, barulah dicampur santan dan ayam.

Itulah setidaknya 4 kuliner khas Sumatra yang disajikan saat lebaran. Teman Traveler ada rekomendasi lain? Kasih tahu, dong?

Tags
Indonesia kuliner kuliner lebaran Kuliner Lebaran Khas Sumatra Sumatra
Share