Kuliner Lebaran Khas Jawa, Pernah Cobain?

Teman Traveler yang mudik ke Jawa, jangan sampai lewatkan icip kuliner lebaran khas yang ada. Berhubung pulau ini cukup luas, masing-masing kawasan punya penganan tersendiri. Namun ternyata 4 makanan di bawah ini punya satu kesamaan, yaitu bumbunya menggunakan santan. Ada apa saja, sih?

Opor Ayam, Jawa

Opor Ayam, Jawa via Shutterstock
Opor Ayam, Jawa via Shutterstock

Rasa-rasanya kurang lengkap kalau saat lebaran belum menyantap kenikmatan opor ayam. Kuliner lebaran khas Jawa satu ini memang selalu dicari dan jadi favorit di kala perantau pulang kampung. Walaupun ia bisa ditemukan di mana saja, namun buatan rumah tentunya kelezatannya lebih terasa. Teman Traveler setuju?

Opor ayam sendiri berbahan dasar santan, ayam, dan kalau mau biasanya ditambah sedikit potongan kentang. Biasanya ia disajikan dengan lalapan seperti timun, kemangi, dan selada. Demi menyeimbangkan kandungan santannya. Opor ayam juga sebagai pendamping makan ketupat maupun lontong.

Ketupat Betawi, Jakarta

Kuliner Lebaran Khas Jawa
Ketupat Betawi, Jakarta via Shutterstock

Salah satu kuliner Betawi yang hadir di meja makan saat perayaan lebaran adalah ketupat Betawi. Makanan satu ini bukan hanya merujuk pada ketupatnya namun juga sayur pepaya yang diserut halus dan dimasak dalam santan. Lauk wajib sebagai teman makan ketupat betawi adalah semur daging, jengkol, tahu, telor, maupun kentang. Siapa pernah cobain?

Lentog, Kudus

Lentog, Kudus via Shutterstock
Lentog, Kudus via Shutterstock

Lentog merupakan salah satu kuliner lebaran khas Jawa, yang disantap oleh masyarakat Kudus. Makanan satu ini berisi potongan lontong, ditambah sayur gori alias nangka muda, lodeh tahu maupun tempe. Biasanya diberi taburan bawang goreng dan dimakan bareng beberapa jenis sate.

Sate tersebut di antaranya usus, ati ampe, dan telur puyuh. Kalau di tempat makan, lentog disajikan di piring yang telah dialasi daun pisang. Sehingga ketika menyantapnya terasa lebih nikmat, perpaduan santan dengan daun pisang. Teman Traveler sudah ada yang pernah icip lentog?

Kella Pate, Madura

Kella Pate via Instagram @zeina_maniez
Kella Pate via Instagram @zeina_maniez

Kuliner selanjutnya datang dari Madura, disebut kella pate. Makanan yang bisa ditemui saat lebaran tersebut berisi daging ikan tenggiri yang telah digoreng. Setelah itu, dimasak dengan santan dan bumbu-bumbu.

Rempah-rempahnya terdiri dari bawang, jinten, kencur, terasi, cabai, belimbing wuluh dan lainnya. Lebih umami lagi kalau menyantap kella pate barengan sama potongan lontong atau ketupat.

Itulah 4 dari banyaknya kuliner lebaran khas di Pulau Jawa. Teman Traveler yang mudik, pengin banget nyobain makanan apa?

Tags
Indonesia Jawa kuliner kuliner lebaran Kuliner Lebaran Khas Jawa
Share