Kuliner Kuah Khas Sulawesi, Hangat di Perut dan Kaya Rasa Rempah

Kuliner khas Sulawesi memang dikenal memiliki citarasa bumbu rempah yang kuat. Banyak kuliner kondang yang berasal dari salah satu pulau ini, berkuah ataupun tidak. Kali ini Travelingyuk akan membahas kuliner kuah khas Sulawesi. Penasaran ada apa saja? Yuk ikuti ulasannya seperti berikut ini.

Coto Makassar

Coto Makassar, via Instagram/separuhakulemak
Coto Makassar, via Instagram/separuhakulemak

Kuliner kuah khas Sulawesi pertama yang kondang di berbagai penjuru negeri adalah coto Makassar. Bisa dibilang ini merupakan soto ala Sulawesi yang menggunakan kuah dari sapi lalu dipadu dengan berbagai macam rempah. Isi dari coto Makassar beragam, mulai dari jantung, hati sapi, sampai dengan babat. Biasanya, kuliner satu ini dipadukan dengan burasa, mirip lontong namun bentuknya pipih.

Sop Konro

Sop Konro, via Instagram/numpangsaveresep.id
Sop Konro, via Instagram/numpangsaveresep.id

Tidak kalah lezat yang selanjutnya ada sop konro. Bisa dibilang kuliner khas Sulawesi satu ini tidak kalah enak dengan yang sebelumnya. Bahan utama membuat makanan ini adalah iga sapi.

Bumbu-bumbu yang digunakan antara lain, pala, kayu manis, ketumbar, dan beberapa rempah lain. Sementara citarasanya sendiri adalah gurih. Biasanya makanan ini juga dipadukan dengan burasa, bisa juga dengan nasi putih hangat.

Pallubasa

Pallubasa, via Instagram/nganre_rong
Pallubasa, via Instagram/nganre_rong

Kuliner kuah selanjutnya dari Sulawesi adalah Pallubasa. Jika dilihat sekilas, makanan ini mirip dengan coto Makassar. Bedanya, ada tambahan telur mentah yang menyembul di permukaan. Bentuknya memang sup dengan kuah kental dengan daging sapi sebagai bahan dasar kaldunya. Tidak hanya sapi, daging kerbau pun biasanya juga dimanfaatkan. Kuliner yang cukup unik, bisa dicoba jika jelajah Sulawesi ya.

Sup Kaledo

Sup Kaledo, via Instagram/beta.makan.terus
Sup Kaledo, via Instagram/beta.makan.terus

Ada lagi namanya sup kaledo yang berasal dari Palu, Donggala, Sulawesi Tengah. Kaledo merupakan singkatan dari sup kaki lembu Donggala. Untuk membuat dagingnya empuk perlu perebusan yang cukup lama. Untuk kuahnya tidak terlalu kental, tanpa penambahan santan. Bumbu yang digunakan cukup sederhana yakni cabai segar, asam, cabai, dan beberapa rempah tertentu.

Kapurung

Kapurung, via Instagram/makassarlapar
Kapurung, via Instagram/makassarlapar

Kuliner selanjutnya adalah kapurung. Merupakan kuliner khas masyarakat Lawu, Palopo, Sulawesi Selatan. Bahan utama pembuatan kuliner ini adalah tepung sagu yang kemudian ditambahkan dengan daging ayam, aneka seafood, termasuk ikan, jagung, sampai sayuran. Kuahnya terbuat dari bumbu kacang yang bikin rasanya makin gurih.

Itulah ragam kuliner kuah khas Sulawesi yang bisa dicicipi saat berkunjung ke sana. Jangan lewatkan mencoba langsung di daerah asalnya, ya. Bagaimana, apakah ada kuliner favorit Teman Traveler di atas?

Tags
Indonesia kuliner kuah khas Sulawesi kuliner sulawesi sulawesi
Share