Kuliner Kota Lama Semarang, Buat Jujugan Liburan Lebaran

Teman Traveler yang libur lebaran di Semarang, jangan lupa sempatkan untuk kulineran. Kalau mau sekalian berwisata, coba saja ke kawasan Kota Lama. Nah Teman Traveler juga harus icip kuliner Kota Lama Semarang. Mulai dari gulai kambing legendaris sampai beragam olahan ikan.

Nasi Koyor Kota Lama

Kuliner Kota Lama Semarang
Nasi Koyor Kota Lama Instagram via @semarangfoodmatters

Selanjutnya ada Nasi Koyor Kota Lama, yang berada di Jalan Letjen. Suprapto. Sesuai dengan namanya, tempat ini menyajikan nasi plus koyor alias bagian empuk pada lutut sapi. Tekstur koyor sendiri begitu empuk dan lumer di mulut.

Nasi dan koyor kemudian disajikan di atas piring yang telah dialasi daun pisang, setelah disiram dengan kuah dan diberi kecap manis. Kalau mau lebih merasakan keseruan saat makan nasi koyor, coba jangan pakai sendok tapi daun pisang. Itulah salah satu keistimewaan penyajian makanan ini.

Gulai Bustaman Pak Sabar

Gulai Bustaman Pak Sabar via Instagram @yoyo_djojoatmodjo
Gulai Bustaman Pak Sabar via Instagram @yoyo_djojoatmodjo

Gulai Bustaman Pak Sabar merupakan salah satu kuliner Kota Lama, tepatnya di Tanjung Mas, Semarang. Tempat makan tersebut cukup mudah ditemukan, karena lokasinya di belakang Gereja Blenduk. Gulai di kedai ini punya keunikan yaitu kuahnya tidak menggunakan santan, namun tetap terasa sedapnya.

Tidak heran, tempat ini sering dijadikan jujugan kulineran. Bagaimana tidak? Ia juga termasuk legendaris karena telah eksis semenjak 1971an. Teman Traveler cukup merogoh kocek Rp30 ribuan per porsi.

Ikan Bakar Cianjur

Ikan Bakar Cianjur via Instagram @rachmaditjan
Ikan Bakar Cianjur via Instagram @rachmaditjan

Kuliner Kota Lama Semarang lainnya adalah Ikan Bakar Cianjur, yang menyajikan beragam olahan ikan. Menu andalan yang harus dicoba adalah gurame asam manis, gurame bakar, dan gurame goreng. Masih ada jenis ikan lainnya yaitu nila dan lele. Kalau pengin mencoba menu selain ikan juga bisa, ada ayam bakar dan udang tumis pete.

Jangan lupa pesan sayurannya, seperti tumis pucuk labu, tumis kangkung, dan lalapan segar. Ikan Bakar Cianjur pun menawarkan varian nasi goreng dan nasi liwet. Teman Traveler harus siapkan budget Rp90 ribuan untuk satu porsi olahan ikan.

Sate dan Gule Kambing 29

Sate dan Gule Kambing 29 via Instagram @krisnamurti8
Sate dan Gule Kambing 29 via Instagram @krisnamurti8

Teman Traveler yang pengin cobain sate bisa langsung mampir ke kedai Sate dan Gule Kambing 29. Letaknya ada di seberang Gereja Blenduk. Gampang ditemukan, ya. Nah mumpung lagi di Semarang, mending langsung cobain kedua menunya. Jangan lupa untuk menambah perasan jeruk nipis dan sedikit sambal ke sate maupun gulenya. Satu porsi makanan di sana dihargai Rp60 ribuan.

4 tempat kuliner di atas lokasinya berada di sekitaran Taman Kota Lama Semarang. Jadi jaraknya cukup berdekatan. Lumayan, deh, dalam sehari bisa sekalian cobain banyak makanan.

Tags
Indonesia Jawa Tengah Kota Lama kuliner Kuliner Kota Lama Semarang semarang
Share