20 Kuliner Khas Tegal yang Lezatnya Kebangetan

Pernah makan di Warung Tegal? Di tempat makan tersebut tersedia berbagai macam pilihan menu. Rasanya tentu saja enak-enak. Dari yang pedas hingga segar, semuanya bisa kamu cicipi dengan harga yang lumayan murah. Apakah kamu tidak penasaran seperti apa kuliner di tempat asalnya? Travelingyuk telah memilihkan beberapa kuliner Tegal yang bisa kamu coba, uhlala.

1. Blendung

Blendung
Blendung Via Instagram/@maulanapradityo

Blendung umumnya dijual di pasar tradisional. Terbuat dari jagung yang direbus hingga lunak lalu diberi sedikit bumbu dan parutan kelapa. Rasanya gurih dan sedikit ada rasa asinnya. Selain itu, manisnya jagung juga menambah kelezatan dari blendung ini. Biasanya jajanan tradisional di Tegal tersebut disajikan dengan menu lainnya.

2. Tahu Hasan

Tahu Hasan
Tahu Hasan Via Instagram/@kulinertegal

Jika kamu berkunjung ke Tegal, cobalah mencicipi Tahu Hasan yang lumayan terkenal. Ada isian yang dibuat dengan bumbu spesial. Jadi semakin melengkapi rasa gurih dari tahu tersebut. Letaknya sendiri ada di dekat Toserba Basa atau sebelah selatan Koramil Tembok Luwung. Pemiliknya berjualan dengan gerobak warna kuning dari siang hingga sore.

3. Lontong Cap Go Meh

Lontong Cap Go Meh
Lontong Cap Go Meh Via Instagram

Sesuai namanya, kuliner Tegal ini cocok banget disantap saat perayaan Imlek. Tampilannya memang seperti lontong sayur pada umumnya. Baru setelah masuk ke dalam mulut, kamu akan menemukan rasa istimewa. Di dalamnya ada isian berupa telur hingga suwiran ayam. Lalu di mana kamu bisa menemukan hidangan khas ini? Mari langsung menuju ke Warung Ibu Wing di Jalan Jenderal Sudirman, Slawi. Satu porsinya hanya dihargai sekitar Rp15.000.

4. Bubur Ayam Mang Hardi

Bubur Ayam Mang Hardi
Bubur Ayam Mang Hardi Via Instagram/@tegal_foodies

Bubur Ayam ini bisa jadi pilihan untuk sarapan atau makan siang di Tegal. Harganya murah meriah dengan porsi melimpah. Yang menggiurkan selain ayamnya adalah tambahan kerupuk gurih. Untuk menikmatinya, datang ke lokasi Bubur Mang Hardi di Jalan Merpati No. 70.

5. Es Lontrong

Es Lontrong
Es Lontrong Via Instagram/@tegal_foodies

Hanya dengan uang sebesar Rp4.000 kamu sudah bisa melegakan tenggorokan dengan es lontrong. Minuman legendaris di Tegal tersebut berisi kacang hijau dan cincau. Kemudian juga ditambah dengan gula merah dan santan. Ajak teman-temanmu untuk menikmati kuliner ini di Jalan Mayjend Sutoyo, Slawi. Tepatnya di dekat Telkom.

6. Rujak Teplak

Rujak Teplak
Rujak Teplak Via Instagram/@putri_meilovitasari

Rujak teplak adalah kuliner khas Tegal dengan cita rasa unik. Berbeda dari kuliner serupa pada umumnya, rujak teplak memiliki sambal khas yang dipadukan dengan berbagai macam sayuran. Sekarang ini tidak banyak tempat makan yang menjualnya. Bila ingin coba kamu bisa mencari penjual rujak teplak di sekitar Pasar Banjaran.

7. Tahu Upil

Tahu Upil
Tahu Upil Via Instagram/@aikkitchen

Tahu Upil adalah sebutan unik untuk kuliner khas Tegal yang sekarang banyak dijadikan sebagai oleh-oleh. Bentuknya tidak begitu besar dan dibuat dengan mengkombinasikan tahu dengan aci. Paling nikmat jika menyantapnya dengan cabai rawit. Salah satu penjualnya adalah toko Tahu Murni Putra.

8. Gulali

Gulali
Gulali Via Instagram/@fatiicha_icha

Jika beruntung, kamu bisa menemukan salah satu penjual jajanan jadul yaitu gulali di Tegal. Tepatnya di lapangan kota ada seorang wanita yang sudah berumur. Nenek tersebut menawarkan gulali yang dibalut dengan tepung. Menikmati kuliner seperti ini mungkin akan mengingatkanmu pada kenangan masa kecil.

9.  Kupat Glabed

Kupat Glebed
Kupat Glebed Via Instagram/@kulinertegal

Kupat Glabed bisa banget membuat perutmu kenyang. Lidah juga sudah pasti puas sekali. Kamu bisa mencoba potongan ketupat yang disajikan bersama tempa dan disiram dengan kuah glabed. Semakin lezat apabila disantap dengan sate ayam atau kerang. Kalau kamu belinya di sekitaran bundaran patung obor Slawi harganya sekitar Rp5.000 sedangkan satenya sekitar Rp2.500.

10. Nasi Ponggol

Nasi Ponggol
Nasi Ponggol Via Instagram/@kulinertegal

Nasi Ponggol ini biasa dijadikan menu sarapan pagi oleh masyarakat Tegal. Isiannya ada nasi dengan beberapa lauk seperti sambal goreng tempe. Kemudian dibungkus dengan daun pisang dalam porsi yang tidak begitu banyak.  Karena kepopulerannya, saat ini nasi ponggol tidak hanya dijual saat pagi, tapi juga malam hari.

11. Nasi Goreng Mas Amin

Nasi Goreng Mas Amin
Nasi Goreng Mas Amin Via Instagram/@kulinertegal

Nasi goreng Mas Amin ini adalah salah satu kuliner enak yang recommended. Porsinya lumayan banyak dengan berbagai pelengkap yang melimpah. Kamu bisa menemukan suwiran daging ayam, udang, telur, hingga bakso. Selain itu, kamu juga bisa mencoba menu lain seperti capcay. Lokasi nasi goreng Mas Amin ada di Jalan AR. Hakim.

12. Rujak Krupuk Mie

Rujak Kerupuk
Rujak Kerupuk Via Instagram/@kulinertegal

Sebenarnya ini adalah kuliner favorit anak-anak kecil di tegal. Biasanya bisa dibeli di warung-warung rujak. Isinya ada kerupuk yang disiram dengan bumbu rujak. Rasa gurih dari kerupuk dan bumbu rujak itu ngangenin banget. Apalagi jika rasa pedasnya nampol. Untuk mencicipi, kamu bisa langsung request ke penjualnya.

13. Bakso Mahkota Putera

Bakso Mahkota
Bakso Mahkota Via Instagram/@kulinertegal

Biasanya bakso disantap dengan siomay goreng atau kerupuk, di Warung Bakso Mahkota Putera ada yang unik. Kamu bisa menambahkan pilus yang bentuknya seperti bola-bola kecil ke dalam mangkok bakso. Menyantapnya bersamaan dengan menyeruput kuah adalah kenikmatan tiada tara. Pilhan menunya juga banyak, kamu bisa mencoba yang isi telor, bakso urat, bakso besar, bakso tahu hingga mie. Bakso Mahkota Putera berada di Jalan Kapten Sudibyo No. 174.

14. Bakso Nglaras Roso

Soto Bakso
Soto Bakso via Instagram/@kulinertegal

Bakso ini cukup terkenal di Tegal karena rasanya enak. Berlokasi di  sebelah selatan Kecamatan Adiwerna, warungnya mudah ditemukan. Disediakan beberapa menu pilihan seperti bakso, soto, hingga mie ayam. Jangan sampai melewatkan soto baksonya yang populer. Dalam satu porsi berkuah soto terdapat beberapa bakso. Rasanya segar dan nikmat, apalagi ketika disantap dalam keadaan hangat.

15. Soto Sedap Malam Jenggot

Soto Jenggot
Soto Jenggot Via Instagram/@kulinertegal

Warung soto ini juga dikenal dengan nama Pak Da’an. Berada di  Jalan Raya Talang No. 320. Dari dulu hingga sekarang, kuliner ini setia menghadirkan rasa soto yang nikmat. Ada tambahan bubu tauco yang menyumbang kelezatan tiada tara. Dalam satu mangkuk soto, isiannya melimpah ruah. Mulai dari daging ayam, daging sapi, jeroan seperti usus dan babat. Serta masih banyak lainnya. 

 16. Sop Kikil Warung Bu Umi 

Kuliner Tegal
Kuliner Tegal Via Instagram/@kulinertegal

Makan Sop kikil saat hujan sedang mengguyur adalah kenikmatan yang susah didustakan. Bayangkan saja kehangatan yang didapat dari kuah dengan asap mengepul dan nasi hangat yang menggugah selera. Kikilnya dimasak dengan bumbu spesial jadi rasa enaknya merata. Kamu bisa menemukan kuliner ini di sebuah warung dekat SMK 1 Dukuhturi.

17. Nasi Langgi

Nasi Langgi
Nasi Langgi Via Instagram/@infotegal

Nasi Langgi ini biasanya dibuat saat tiba momen Rabu Wekasan. Kuliner ini sebenarnya nampak seperti nasi dengan lauk pada umumnya. Terdapat daging, mie hingga perkedel. Dengan makanan tersebut biasanya sebagian masyarakat Tegal berbagi dan menikmati kebersamaan. Itulah mengapa hidangan-hidangan khas harus tetap dilestarikan. Bukan hanya karena kelezatannya, tapi juga makna di baliknya.

18. Nasi Bogana

Nasi Bogana
Nasi Bogana Via Instagram/@kulinertegal

Selain nasi ponggol dan langgi, terdapat nasi bungkus lain yang tidak kalah enak. Juga hadir dalam porsi kecil  yang pas untuk sarapan. Namun yang membedakan adalah lauknya. Ada telur yang disandingkan dengan olahan tempe dan sambal khas. Jika ingin beli, kamu bisa ke Warung Je Kimyan. Datanglah saat pagi, karena siang sedikit biasanya sudah habis.

19. Glotak

Glotak
Glotak via YouTube

Glotak memiliki rasa yang lezat, tapi sekarang banyak yang tidak tahu mengenai kuliner ini. Bahan dasar pembuatannya adalah gembus, bahan semacam oncom yang dimasak dengan berbagai macam bumbu. Untuk menambah kelezatannya, maka diberi kaldu dari rebusan tulang sapi atau ayam. Sebagian orang juga memberikan irisan cabai untuk meningkatkan kekayaan rasa.

20. Nasi Lengko

Nasi Lengko
Nasi Lengko Via Instagram/@muzany_svr25

Nasi Lengko umumnya ada di beberapa daerah, termasuk Tegal. Hidangan yang lebih akrab disebut sego lengko ini berisi nasi dengan banyak sekali lauk. Kurang lengkap jika menyantapnya tanpa ditambah dengan sambal. Saat ini penjual nasi lengko tersebar di seantero Tegal. Mulai dari Jalan Setia Budi hingga Nasi Lengko Pak Wir di Tegalsari.

Itulah Tegal dengan berbagai macam kuliner menggiurkan. Jangan harap kamu menemukan warteg ya di sini. Sebagai gantinya kamu bisa mencicipi kuliner di atas. Udah pilih mau yang mana dulu?

Tags
Indonesia Tegal
Share