5 Kuliner Khas Riau Wajib Coba, Bikin Nagih Lho!

Bicara soal wisata kuliner, Provinsi Riau punya banyak makanan khas yang tak kalah nikmat dibanding sajian tradisional dari daerah lain di Indonesia. Banyak makanan otentik Bumi Lancang Kuning yang patut Teman Traveler coba, mulai dari Asam Peda Baung hingga Mie Sagu. Penasaran? Yuk, simak ulasan rekomendasi kuliner khas Riau berikut ini.

Asam Pedas Baung

Asam Pedas Baung
Asam Pedas Baung via Instagram.com/iwanpasto

Saat liburan ke Riau, Teman Traveler jangan sampai tidak mencicipi Asam Pedas Ikan Baung. Sajian populer di Bumi Lancang Kuning ini disajikan bersama racikan bumbu yang sanggup bangkitkan selera nafsu makan penikmatnya. Daging ikannya terasa lembut padat, tanpa duri halus sama sekali. 

Olahan asam pedas ini biasanya diracik menggunakan aneka bumbu seperti lengkuas, jahe, kunyit, cabai merah, bawang merah, bawang putih, garam, dan untuk membangkitkan cita rasa, asam. Jenis yang digunakan biasanya adalah asam kandis atau air asam jawa, dicampurkan bersama kuah.

Setelah dimasak masakan ini akan berwarna jingga kemerahan. Dari tampilannya saja sudah nampak menggugah selera bukan?

Roti Jala

save_20190915_131900_01_qC0.jpeg
Roti Jala siap santap via Instagram.com/through_helenaeyes

Makanan khas Riau satu ini terbuat dari olahan tepung terigu. Rasanya sangatlah nikmat, terutama jika disantap sore hari sebagai teman minum kopi atau teh. Namun tahukah Teman Traveler? Awalnya roti ini hanya dihidangkan saat acara besar saja. Seiring berkembangnya zaman, roti jala kini bisa dengan mudah ditemui di hampir tiap sudut Riau.

Roti Jala biasanya disajikan bersama kuah kari, plus isian daging sapi, kambing, maupun ayam. Selain itu, ada juga yang menikmati panganan ini bersama siraman saus atau kuah durian.

Bolu Kemojo 

img_20190915_133329_01_XSn.jpeg
Bolu Kemojo via Instagram.com/liliswahyuwardanii

Buat Teman Traveler yang mampir Riau, kurang pas rasanya jika belum mencicipi Bolu Kemojo atau membawanya sebagai buah tangan untuk sosok terkasih. Kue berwarna hijau ini memiliki cita rasa unik, berbeda dibandingkan makanan sejenis. 

Warna hijau pada bolu ini berasal dari campuran air suji dan daun pandan. Jadi selain coraknya yang kelihatan mencolok, aroma yang muncul juga benar-benar khas. Rasanya pun sangat nikmat, benar-benar tiada duanya deh

Lakse Kuah

save_20190915_101558_WdW.jpeg
Nikmatnya Lakse Kuah via Instagram.com/yuli_jun

Makanan khas satu ini terbuat dari ikan laut segar, umumnya tongkol atau teri yang ditumbuk halus dan disajikan bersama mie sagu. Teman Traveler bisa menjumpainya di kawasan sekitar Kepulauan Riau.

Kuahnya sendiri menggunakan santan kelapa encer plus tambahan beberapa rempah. Harga per porsi hidangan ini cukup murah, hanya sekitar Rp10.000. Benar-benar wajib Teman Traveler cicipi. 

Mie Sagu

save_20190914_153158_Ze2.jpeg
Mie Sagu via Instagram.com/daithien2_

Makanan berbahan dasar sagu ini berasal dari Selat Panjang, Kabupaten Bengkalis. Mie Sagu sangat cocok buat Teman Traveler yang sedang menjalani program diet karena kandungan kalorinya tidak sebanyak mie dengan bahan lain. Teksturnya cukup kenyal, biasa disajikan berkuah maupun digoreng.

Itulah sederet kuliner khas Riau yang bisa Teman Traveler jajal jika sedang mampir suatu saat nanti. Jadi, mana yang ingin kalian coba lebih dulu? 

Tags
kontributor kuliner riau Riau Travelingyuk
Share