Deretan Kuliner Khas Pemalang, Enak dan Bikin Kenyang

Advertisement

Pemalang memang selama ini tidak terlalu terdengar dalam hal pariwisata. Meskipun begitu, bukan berarti Pemalang tidak memiliki destinasi wisata yang patut untuk dijelajahi. Ada beberapa yang bisa jadi alternatif liburan kok, misalnya saja Pantai Widuri, Bukit Kukusan, Widuri Water Park dan lain-lain. Tidak hanya destinasi wisata, kota yang terletak Jawa Tengah ini juga menyuguhkan banyak kuliner khas yang bisa dicicipi kenikmatannya. Inilah jajaran kuliner khas Pemalang yang bisa dicoba.

Nasi Grombyang

Nasi Grombyang khas Pemalang, Via Instagram venijulianti
Nasi Grombyang khas Pemalang, Via Instagram venijulianti

Jika dilihat sepintas, nasi grombyang ini menyerupai rawon dengan kuah hitamnya. Tapi, kuliner asal Pemalang ini memiliki rasa yang lebih gurih lantaran terdapat parutan kelapa sangrai sebagai bahan penyusunnya. Untuk lauk yang digunakan adalah daging sapi ataupun juga kerbau, lalu dipadukan dengan kuah manis, irisan daun bawang lalu ditaburi bawang goreng. Enak disantap kala hangat.

Sate Loso

Sate Loso, Via Instagram venijulianti
Sate Loso, Via Instagram venijulianti

Jika sate biasanya memanfaatkan daging sapi, kambing ataupun juga ayam, kuliner dari Pemalang ini menggunakan daging kerbau. Tapi dalam perkembangannya, sekarang juga sudah banyak sate loso yang memanfaatkan daging sapi. Daging ini dibacem terlebih dahulu sebelum dibakar. Bumbunya ada dua macam, bumbu kacang dan juga bumbu sate. Untuk nama dari sate loso ini sendiri lantaran pembuatnya adalah Mbah Loso. Uniknya, sate ini biasanya disajikan bersama dengan sup yang berisi tulang muda, urat dan juga taoge.

Lontong Dekem

Lontong Dekem, Via Instagram dikkisgetaway
Lontong Dekem, Via Instagram dikkisgetaway

Kuliner Pemalang lain yang tidak kalah enak dengan yang sebelum-sebelumnya adalah lontong dekem. Ini merupakan lontong yang dipadukan dengan sate khas dekem. Untuk sate pelengkapnya ada dua varian yang bisa dipilih. Pertama, sate dengan potongan yang dipipihkan sebelumnya lalu ditusuk dengan menggunakan lidi lalu disiram dengan kuah. Kedua, yakni ada sate goreng yang memiliki isi jeroan ayam ataupun kulit yang dibumbui dengan serundeng kelapa.

Bongko Mento

Bongko Mento, Via Instagram rabbit.inthekitchen
Bongko Mento, Via Instagram rabbit.inthekitchen

Bongko mento terbuat dari bahan tepung terigu yang didadar lalu diisi dengan tumisan buah pepaya muda yang dibumbui lalu ditambah dengan suwiran ayam. Bahan-bahan itu lalu dibungkus dengan memanfaatkan daun pisang, kemudian dikukus sampai matang. Citarasa kuliner satu ini adalah manis dan gurih.

Kepiting Lemburi

Olahan kepiting lemburi, Via Instagram sriadiani
Olahan kepiting lemburi, Via Instagram sriadiani

Kepiting lemburi atau yang disebut juga dengan kepiting cangkang lunak juga menjadi salah satu kuliner khas Pemalang yang bisa dicicipi. Rasanya nikmat dan kamu tidak akan takut dengan cangkang kepiting yang tajam lagi jika diolah dengan cara seperti ini. Kepiting yang digunakan untuk membuat kuliner satu ini juga spesial, dipilih yang montok dengan banyak telur di dalamnya. Rasanya benar-benar bikin ketagihan para penikmatnya.

Pecak Belut

Pecak Belut, Via Instagram herlianaagus
Pecak Belut, Via Instagram herlianaagus

Buat kamu para pecinta kuliner belut, bisa coba pecak belut khas Pemalang yang sudah cukup tersohor. Ini merupakan kuliner dari bahan dasar belut citarasa pedas. Hal yang membuatnya makin enak, biasanya pecak belut ini disajikan dalam cobek dengan taburan bawang goreng yang melimpah serta lalapan. Sangat enak disantap kala hangat dengan sepiring nasi punel.

Kraca

Kraca, Via Instagram nuriyah_yahya
Kraca, Via Instagram nuriyah_yahya

Kraca merupakan kuliner lainnya dari Pemalang yang gampang ditemui saat bulan Ramadan tiba. Ini merupakan kuliner yang terbuat dari bahan dasar keong. Keong dimasak dengan kuah bening lalu diberi tambahan daun kemangi sehingga akan menghilangkan aroma amis dari keong. Cara menikmati kreco paling enak adalah dengan menyedot isinya, yummy bikin air liur mengucur.

Kurang greget rasanya jika jalan-jalan ke Pemalang tanpa mencicipi berbagai kuliner khasnya. Yuk cicipi satu per satu kuliner Pemalang yang sudah disebutkan di atas, supaya bisa menikmati kelezatan makanan dari daerah lainnya, nggak hanya masakan rumah saja ya.

Advertisement
Tags
Indonesia Jawa Tengah kuliner khas pemalang pemalang
Share