4 Kuliner Khas Lebaran dari Berbagai Daerah, Sudah Coba yang Mana?

Isti

Isti

On Indonesia

Indonesia bukan hanya negara yang kaya akan keindahan alamnya. Budaya serta tradisi yang dianut oleh masyarakat juga sangat beragam. Termasuk juga ketika lebaran tiba. Selain saling bermaaf-maafan, menyantap hidangan khas lebaran menjadi agenda wajib. Menariknya, kuliner khas lebaran dari satu daerah dengan lainnya berbeda. Seperti di bawah ini.

1. Opor Ayam (Jawa)

Opor Ayam
Opor Ayam via instagram/@ernayuliyant

Siapa yang tak tahu opor ayam. Masakan ini dikenal sebagai menu utama saat lebaran tiba di meja orang-orang Jawa dan sekitarnya. Opor ayam terbuat dari ayam rebus yang diberi bumbu kental dari santan. Tak lupa tambahan bumbu rempah dari serai hingga kencur agar makin nikmat. Biasanya, sajian ini disajikan bersama dengan lontong atau ketupat. Tak lupa tambahan sambal goreng ati untuk menambah kenikmatan.

Opor Ayam di Jawa
Opor Ayam di Jawa via instagram/@ydhcsr

2. Ayam Gagape (Makassar)

Ayam Gagape
Ayam Gagape via instagram/@belangaindonesia

Jika di Jawa ada opor ayam, lain halnya dengan Makassar. Menu utama saat lebaran datang di sini adalah ayam gagape. Sajian istimewa dari ayam kampung yang dimasak dengan bumbu khas sulawesi. Biasanya, sajian ini disantap dengan ketupat. Sebenarnya, ayam gagape sedikit mirip dengan opor ayam. Bedanya, hidangan ini memiliki kuah yang lebih sedikit dan kental. Terkadang, ada tambahan serundeng di atasnya untuk menambah kelezatan.

Ayam Gagape Makassar
Ayam Gagape Makassar via instagram/@sahabat_bakery_cake

3. Rendang dan Gulai Nangka (Sumatera Barat)

Ilustrasi Gulai Nangka
Ilustrasi Gulai Nangka via instagram/@mayasefry

Seperti kesehariannya, menu makanan Sumatera Barat tak jauh dari yang berkuah santan. Salah satu yang tak pernah lupa ada gulai nangka dengan potongan nangka muda dengan campuran daging iga serta kacang panjang. Biasanya menu ini disantap dengan ketupat. Tak hanya itu, rendang juga menjadi pilihan menu ketika kamu berlebaran di kota Padang dan sekitarnya. Tentu saja rasanya lezat dan bikin ketagihan.

Rendang
Rendang via instagram/@kulinerbdg

4. Semur Betawi (Jakarta)

Semur Betawi
Semur Betawi via instagram/@myhappy_tummy

Seperti kota di Pulau Jawa lainnya, opor ayam juga biasa disajikan sebagai menu utama ketika lebaran. Namun, beberapa tempat menggunakan menu lain yang tak kalah menggiurkan. Salah satunya semur betawi. Hidangan ini terbuat dari daging sapi yang memiliki rasa manis dan gurih di lidah. Hidangan ini sangat cocok disantap usai menunai ibadah sholat Idul Fitri. Tentunya makin asyik jika makan bersama keluarga besar.

Semur daging ala betawi
Semur daging ala betawi via instagram/@ide_memasak

Nah, itulah kuliner khas lebaran dari berbagai daerah yang kelezatannya tak perlu ditanya. Bagaimana, kamu sudah yang mana saja nih?