Kuliner Khas Kalimantan Barat, Bumbu Rempah dan Pedasnya Menggoyang Lidah

Rempah-rempah dan bumbu pedas telah menjadi ciri khas kuliner khas Kalimantan Barat. Nah, apa saja makanan yang termasuk dalam kategori ini? Kita simak yuk satu persatu makanan khas Kalbar yang pedasnya menggoyang lidah ini.

Bubur Pedas Sambas

Bubur pedas Sambas via instagram/le_montminli

Bubur pedas merupakan makanan khas Kalimantan Barat yang berasal dari suku Melayu di Sambas, Kalimantan Barat. Awalnya, bubur ini merupakan sajian di kerajaan Sambas yang kemudian menjadi sangat digemari masyarakat karena manfaat kesehatannya. Teman Traveler yang tidak menyukai sayur, bubur pedas ini dapat menjadi solusi dalam memenuhi konsumsi sayur harian dengan rasa yang nikmat.

Kuliner khas Kalimantan Barat ini terbuat dari beras yang dihaluskan, kemudian di oseng tanpa minyak. Selanjutnya, bubur ini dicampur dengan beraneka sayuran seperti kangkung, pakis, daun kesum, wortel, ubi, dan rempah-rempah lainnya. Untuk menambah cita rasa, biasanya bubur pedas ditambahkan dengan daging, ikan teri, serta taburan kacang goreng. Tidak ada yang sanggup menolak enaknya kuliner tradisional asal Sambas ini.

Asam Pedas Tempoyak Khas Ketapang

Asam Pedas Tempoyak via instagram/resepiown

Makanan khas yang satu ini berasal dari daerah Ketapang, Kalimantan Barat. Pembeda masakan asam pedas khas Ketapang dengan yang lainnya adalah penambahan tempoyak ke dalam kuliner ini. Tempoyak merupakan daging buah durian yang telah difermentasikan. Penikmat durian biasanya langsung menyukai makanan yang dicampur dengan tempoyak.

Asam pedas khas Ketapang menggunakan ikan patin sebagai bahan utamanya. Ikan patin sendiri memiliki daging yang lembut serta rasa yang khas dan cocok dikombinasikan dengan sambal tempoyak.

Kerupuk Basah Khas Kapuas Hulu

Kerupuk Basah via instagram/wakeba_

Kerupuk yang satu ini tidak renyah dan crispy. Bentuknya bisa dibilang lebih mirip dengan empek-empek, namun lebih panjang dan tidak digoreng. Kerupuk basah basah biasanya dimasak dengan cara dikukus. Namun, Teman Traveler juga bisa menikmatinya dengan cara digoreng.

Kerupuk Basah terbuat dari campuran tepung sagu dan ikan. Biasanya masyarakat hulu menggunakan ikan belida sebagai bahan pembuatan makanan unik ini. Selain itu, ikan tenggiri atau ikan tawar lainnya juga dapat digunakan. Kuliner ini disajikan dengan saos kacang, mirip seperti siomay atau pun sate.

Mie Kepiting Pontianak

Mie Kepiting Pontianak via instagram/yulicious09

Mie kepiting Pontianak adalah makanan wajib yang harus kalian coba saat singgah ke Pontianak. Makanan khas Kalimantan Barat ini hampir sama dengan mie ayam, namun toping yang disajikan berupa daging, bakso ikan, udang, daging kepiting, kecambah, dan pangsit goreng.

Mie ini memberikan sensasi berbeda bagi kalian pecinta kepiting atau pun mie ayam. Kuliner khas Kalimantan Barat ini dapat Teman Traveler jumpai di Jalan Setia budi atau di jalan Gajah Mada, Pontianak.

Kunjungan ke Kalimantan Barat belum lengkap tanpa menikmati ragam kuliner khas dari berbagai daerah ini. Buruan dicoba, ya!

Tags
Indonesia Kalimantan Barat kuliner khas Indonesia
Share