Kuliner Khas Ende NTT, Citarasa Istimewa dan Nendang di Lidah

Kabupaten Ende merupakan salah satu wilayah yang terdapat di Nusa Tenggara Timur (NTT). Dalam hal pariwisata, tempat yang kondang dengan Rumah Pengasingan Bung Karno ini juga memiliki kuliner nendang di lidah lho. Tentu saja bisa menjadi santapan saat berkunjung ke Ende. Nah, jangan khawatir hilang arah dan tak tahu kuliner apa saja yang perlu dicoba. Berikut ini adalah adalah kuliner khas Ende yang bisa dicoba.

Jagung Titi

Jagung Titi, via Instagram/ria_niknik
Jagung Titi, via Instagram/ria_niknik

Jagung dahulu meurpakan makanan pokok masyarakat NTT, tak salah banyak olahan yang terbuat darinya. Pertama ada yang namanya jagung titi, ini merupakan camilan favorit rakyat NTT, khususnya di Flores, Alor, Ende dan lain-lain.

Bisa dibilang ini merupakan jenis camilan yang enak disantap dengan kopi ataupun teh. Biasanya olahan jagung ini juga dicampuri dengan kacang tanah goreng. Renyah bikin nggak berhenti makan.

Jagung Bose

Jagung Bose, via Instagram/wayfarer_project
Jagung Bose, via Instagram/wayfarer_project

Jagung bose merupakan kuliner khas Ende yang biasanya disantap oleh masyarakat Timor. Ini merupakan bubur kenta dari jagung putih yang direbus dengan menggunakan santan ditambah campuran kacang merah. Rasa dari jagung bose ini adalah tawar dan cocok disantap dengan hidangan pendamping seperti halnya daging se’i, karmanaci, dan juga tumis bunga pepaya.

Jagung Catemak

Jagung Catemak, via Instagram/ella_kerupik_manyuss
Jagung Catemak, via Instagram/ella_kerupik_manyuss

Ada pula namanya jagung catemak. Makanan ini berbahan dasar jagung dan ditambah dengan kacang-kacangan, labu lilin, dan sayuran hijau lainnya. Cara pengolahannya ditambah dengan berbagai rempah dan penyedap rasa. Untuk citarasa utamanya adalah asin namun menyegarkan. Sekilas, kuliner ini mirip dengan kolak, namun rasanya berbanding terbalik.

Kue Rambut

Kue Rambut, via Instagram/belangaindonesia
Kue Rambut, via Instagram/belangaindonesia

Satu lagi makanan yang bisa banget kamu coba di Kabupaten Ende yakni kue rambut atau jawada. Ini merupakan kue yang memiliki bentuk menyerupai bihun. Warnanya cokelat keemasan dengan bentuk segitiga. Aromanya begitu khas dan rasanya manis. Kue rambut ini dibuat dengan menggunakan bahan-bahan seperti halnya tepung beras, santan, gula aren, air nira, garam, dan juga minyak.

Mencicipi kuliner khas suatu daerah merupakan pengalaman yang bisa dibilang tak terlupakan. Maka dari itulah Teman Traveler, jangan lupa cicip-cicip jika pergi ke suatu tempat, khususnya yang baru dikunjungi ya.

Tags
Indonesia kuliner khas Ende Nusa Tenggara Timur
Share