Kuliner Khas Demak, Yuk Cicip Penawar Lapar saat di Kota Wali

Demak merupakan wilayah yang terdapat di Jawa Tengah. Daerah yang mendapatkan julukan sebagai Kota Wali ini memiliki beragam kuliner yang menggugah selera. Pastikan menyiapkan waktu khusus untuk berburu deretan kuliner khas Demak. Ada apa saja? Yuk ikuti lebih lanjut seperti berikut.

Sop Balungan

Sop Balungan, via Instagram/belangaindonesia
Sop Balungan, via Instagram/belangaindonesia

Kuliner yang menggugah selera perlu dicoba adalah sop balungan. Biasanya dalam sop ini akan berisi wortel, tulang sapi, kentang, kacang merah, dan juga kol. Citarasanya begitu gurih dan mantap sekali menjadi lauk nasi. Khususnya saat udara sedang dingin, sop balungan merupakan salah satu makanan yang direkomendasikan. Jangan sampai melewatkan ya. Ada kuliner lainnya yang tak boleh dilewatkan, yakni bakso balungan.

Botok Telur Asin

Botok telur asin, via Instagram/gendisaiyu
Botok telur asin, via Instagram/gendisaiyu

Botok telur asin merupakan salah satu kuliner khas Demak yang menarik dicoba. Seperti namanya, bahan utama pembuatan makanan ini adalah telur asin mentah yang dipadukan dengan bahan-bahan seperti halnya tahu, cabai merah besar, cabai rawit, kelapa parut kasar, dan pembungkusnya berupa daun pisang. Untuk bumbu-bumbunya sendiri mulai dari bawang merah, bawang putih, kencur, lengkuas, garam, dan tak ketinggalan gula merah.

Asem Asem Daging

    Asem-asem daging, via Instagram/viepey9999
Asem-asem daging, via Instagram/viepey9999

Kuliner khas Demak lain yang perlu sekali buat kamu cicipi adalah asem-asem daging. Bahan bakunya antara lain daging sapi yang dicampurkan buncis, irisan tomat hijau dan bumbu-bumbu penyedap. Misalnya saja ada daun salam, lengkuas, kecap manis, gula merah, asam jawa, dan juga garam. Seperti namanya, makanan ini memiliki citarasa asam-asam namun bikin makan makin berselera.

Nasi Brongkos

Nasi brongkos, via Instagram/cookingwithsheila
Nasi brongkos, via Instagram/cookingwithsheila

Nasi brongkos juga merupakan kuliner khas Demak. Biasanya, makanan ini disajikan untuk menu sarapan. Dalam satu porsinya biasanya akan ada nasi dengan lauk semacam lodeh berkuah hitam dengan isian kentang, kacang merah, tahu, telur, dan berkuah santan. Ditambah dengan kerupuk juga bikin nafsu makan menggila. Makanan ini juga ada di kota lainnya, seperti halnya Jogja.

Jika kamu sedang jelajah kota Demak, jangan lupa mencoba berbagai kulinernya, ya. Citarasa berbeda yang akan membuatmu memberikan penghargaan yang lebih terhadap makanan. Bagaimana, tak sabar untuk mencicipi yang mana dulu, nih?

Tags
Demak Indonesia Jawa Tengah kuliner khas Demak
Share