Incip Lentho, Kuliner Khas Boyolali yang Diolah dengan Resep Turun Menurun

Advertisement
Advertisement

Indonesia dikenal sebagai surganya wisata alam dan juga kuliner. Banyak alam yang menarik untuk dikunjungi dengan keunikan yang jarang ditemukan di tempat lain. Termasuk pula makanan enak yang menggoda lidah. Keberagaman kuliner ini bisa dilihat juga di Boyolali. Adalah lentho atau disebut juga dengan Mentho yang sayang untuk dilewatkan. Penasaran kan? Yuk, simak penuturan Kontributor Travelingyuk, Rizky Nusantara tentang kuliner khas Boyolali ini.

Asal Usul Lentho

Tekstur kacang nya sangat terasa
Tekstur kacangnya sangat terasa (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Kuliner khas Boyolali ini merupakan makanan dari parutan kelapa dan juga kacang tanah yang digoreng garing. Lentho lahir di Desa Andong, Kecamatan Andong, Kabupaten Boyolali. Menurut sejarah, makanan ini dibuat oleh warga yang dulu masih dalam garis kemiskinan saat penjajahan. Mereka menggunakan bahan masakan apapun agar bisa makan. Hingga hasilnya, jajanan pasar khas Boyolali ini.

Citarasa Gurih yang Bikin Nagih

Lentho
Lentho (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Lentho bisa menjadi alternatif souvenir khas Boyolali. Hal ini karena citarasanya yang bikin nagih. Makanan tersebut memiliki rasa gurih yang selalu terasa di setiap gigitan. Uniknya lagi, resep Lentho di Andong menggunakan resep turun temurun yang hingga saat ini masih dipertahankan. Teman Traveler yang ingin merasakan citarasa unik yang masih terjaga puluhan tahun bisa mampir ke desa di Boyolali ini.

Warung Legendaris dengan Jajanan Enak

Rasanya gurih
Rasanya gurih (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Salah satu yang masih menyajikan lentho adalah Rukini atau disapa Mbah Rukini. Beliau menjual jajanan tersebut dengan harga murah meriah, yaitu Rp5.000 dengan isi 50 biji.

Istimewanya kuliner Lentho
Istimewanya kuliner Lentho (c) Travelingyuk/Andre Fauzy

Warung Mbah Rukini ini memang sudah terkenal hingga penjuru Boyolali sebagai pemilik lentho terenak. Selain itu, tempat ini merupakan salah satu warung legendaris karena sudah berdiri puluhan tahun lamanya.

Jajanan Istimewa untuk Disantap di Sore Hari

Resep turun temurun
Resep turun temurun (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Lentho memiliki bentuk lonjong dan paling pas dinikmati dengan secangkir teh atau kopi. Namun jangan salah, bentuk lentho khas Boyolali ini berbeda dengan lainnya. Teksturnya sedikit keras dan lebih garing. Citarasanya juga lebih gurih.

Penasaran dengan rasa legendaris dari Lentho ini? Ayo berkunjung ke Desa Andong, dan borong kuliner khas Boyolali satu ini. Dijamin, lidah bakal berontak jika berhenti makan. Bagaimana, apakah ini termasuk kuliner favoritmu?

Advertisement
Tags
Boyolali Indonesia Jawa Tengah Kuliner Boyolali Kuliner Nusantara Travelingyuk
Share