Kuliner Khas Banjar yang Bikin Ketagihan

Advertisement

Merupakan anugerah tersendiri tinggal di Indonesia yang memiliki keragaman budaya luar biasa. Tak cuma soal budaya, makanan di Indonesia pun banyak jenisnya mulai dari Sabang sampai Merauke. Dan jangan salah, bukan hanya Pulau Jawa saja yang menjadi gudang makanan enak, pulau-pulau lain pun tak kalah hebat soal kuliner.

Nah, kali ini TravelingYuk akan mengajak Anda berwisata kuliner di Banjar, Kalimantan Selatan. Makanan enak apa saja yang bisa dicoba di sini? Yuk, simak informasin lengkapnya:

1. Soto Banjar

Soto Banjar [via Instagram]
Soto Banjar [via Instagram]
Soto memang bisa dibilang sebagai hidangan khas Indonesia yang dapat dengan mudah ditemukan di manapun, termasuk di Banjar. Nah, soto di Banjar berbeda dengan soto-soto lain yang kuahnya berwarna kekuningan. Soto Banjar memiliki kuah bening tanpa santan, yang biasanya dilengkapi irisan wortel, telur, soun, serta perkedel kentang. Soto Banjar biasanya juga menggunakan daging ayam kampung dan lebih nikmat disantap dengan lontong. Pecinta Soto Banjar biasa menikmati kuliner ciamik ini di warung Soto Banjar H. Anang Ayam Bapukah yang terletak di Jalan Pekapuran.

2. Lontong Orari

Lontong Orari [via Instagram]
Lontong Orari [via Instagram]
Saat mengunjungi Banjar jangan lupa sempatkan sarapan dengan sepiring lontong orari. Menu lezat ini terdiri dari potongan lontong berbentuk segitiga dengan kuah sayur nangka muda. Kuliner khas Banjar ini biasanya juga dilengkapi dengan lauk telur, ayam, atau haruan bumbu merah. Ada beberapa tempat yang bisa Anda kunjungi untuk merasakan kenikmatan lontong orari, antara lain warung Lontong Orari di Jalan Seberang Masjid, Bubur Ayam Bumi Mas, Jl. Bumi Mas, dan Bubur Ayam Nagasari, jl. Djok Mentaya.

3. Ketupat Kandangan

Ketupat Kandangan [via Instagram]
Ketupat Kandangan [via Instagram]
Makanan yang berasal dari Kabupaten Kandangan, Kalimantan Selatan ini juga terdiri dari lonting yang disiram dengan sayur berkuah santan mirip dengan opor. Cita rasa gurih makin terasa karena makanan ini menggunakan lauk ikan gabus panggang yang kemudian disiram dengan kuah santan. Ada juga ketupat Kandangan yang biasa dinikmati dengan sate perut ikan dan telur ikan. Yang unik, meski berkuah makanan ini lazim disantap langsung menggunakan tangan tanpa sendok. Beberapa warung ketupat Kandangan yang terkenal adalah Ketupat Kandangan Hj. Ida di Kampung Melayu dan Ketupat Kandangan Hj. Mursinah di Jl. Cenderawasih.

4. Ikan Patin Bakar

Ikan Patin Bakar [via Instagram]
Ikan Patin Bakar [via Instagram]
Patin merupakan salah satu ikan yang paling digemari masyarakat Banjar. Ikan ini biasanya diolah dengan cara dibakar yang diberi bumbu kecap. Daging patin yang sedikit kenyal dengan paduan rasa manis kecap sungguh nikmat tak terkira. Selain dibakar, patin juga sering djadikan pepes dengan bumbu rempah khas Kalimantan Selatan yang dilengkapi dengan tomat serta kemangi untuk menambah kesegaran. Kalau ingin menyantap lezatnya patin bakar atau pepes patin, Anda bisa mengunjungi Warung H. Fauzan di Jl. Sultan Adam atau Warung Sederhana di Jl. Gub Subarjo (Tri Sakti).

5. Gangan Asam

Gangan Asam [via Instagram]
Gangan Asam [via Instagram]
Gangan Asam merupakan makanan rumahan khas Kalimantan Selatan yang memiliki cita rasa asam pedas nan segar. Dalam bahasa Banjar, gangan memiliki arti sayur. Tapi jangan bayangkan sayur asam ini seperti sayur asam Betawi atau sayur asam di Jawa Timur yang memiliki kuah bening. Sayur asam ala Banjar memiliki kuah santan berbumbu kuning dengan isian ikan patin dan sayur tomat atau terong.

6. Tumis Kacang

Tumis Kacang [via Instagram]
Tumis Kacang [via Instagram]
Tumisan yang terbuat dari irisan kacang panjang mungkin tampak biasa saja dan mudah ditemui di mana pun. Tapi ada kekhasan tersendiri yang ditawarkan oleh tumis kacang khas Banjar. Kalau tumis kacang panjang pada umumnya hanya menggunakan bumbu bawang, cabai, dan kecap, masakan khas Banjar ini juga menggunakan santan saat proses pembuatannya. Ada juga tambahan udah yang makin melengkapi cita rsanya. Terbayang kan, bagaimana gurihnya santan berpadu udang dalam tumis kacang?

7. Mie Bancir

Mie Bancir [via Instagram]
Mie Bancir [via Instagram]
Penggemar mie tak perlu khawatir saat berkunjung ke Banjar. Di kota ini ada salah satu olahan mie yang sangat terkenal dengan nama Mie Bancir. Dalam bahasa Banjar, bancir berarti banci. Dinamakan demikian karena mie ini sebenarnya termasuk dalam jenis mie goreng namun masih memiliki sedikit kuah. Sebagai pelengkap, biasanya ditambahkan ayam suwir dan juga potongan telur bebek. Beberapa warung mie bancir yang wajib Anda datangi saat berkunjung ke Banjar adalah Mie Bancir Agus Sasirangan Jl. Hasan Basri dan Mie Bancir “Marasa Maka Tahu” Jl. Pekauman.

8. Nasi Itik Gambut

Nasi Itik Gambut [via Instagram]
Nasi Itik Gambut [via Instagram]
Siapa yang tak ketagihan merasakan paduan nasi putih hangat dan itik berbumbu balado yang dibungkus daun pisang? Ya, kuliner khas kota Banjar ini selalu berhasil memikat siapapun yang mencobanya dengan rasanya yang kuat dan penuh rempah. Di Banjarmasin sendiri ada satu warung legendaris yang menjual Nasi Itik Gambut, terletak di Jalan A. Yani Km 14 Gambut, dengan naman Warung Tenda Biru.

9. Ikan Saluang

Ikan Saluang [via Instagram]
Ikan Saluang [via Instagram]
Mencari makanan khas Banjarmasin yang bisa dijadikan oleh-oleh? Ikan saluang goreng adalah pilihan terbaik! Ikan berukuran kecil ini digoreng kering dengan lapisan tepung renyah. Rasanya sangat gurih dan nikmat dijadikan camilan maupun disantap dengan nasi. Ikan saluang biasanya dijual dalam kemasan plastik atau kardus sehingga pas sekali dijadikan oleh-oleh. Camilan nikmat ini bisa Anda dapatkan dengan mudah di toko oleh-oleh khas Banjarmasin.

10. Bingka

Bingka [via Instagram]
Bingka [via Instagram]
Makanan lain khas Banjar yang juga pas dijadikan oleh-oleh adalah bingka atau wadai. Camilan manis ini memiliki banyak jenis, ada yang terbuat dari kentang, tape, dan juga bingka barandam yang hanya terbuat dari campuran tepung, telur, dan gula.

Kini Anda sudah tahu kan, mau bersantap di mana ketika berkunjung ke Banjarmasin?

Advertisement
Tags
kuliner banjar makanan khas banjar soto banjar
Share