5 Kuliner Olahan Kerbau di Demak, Mau Coba?

Advertisement

Kerbau bukan makanan umum bagi orang Indonesia yang lebih akrab mengkonsumsi daging sapi. Namun di Demak, kuliner dari daging hewan bertanduk ini menjadi favorit karena berhubungan dengan budaya setempat. Ternyata menurut kepercayaan warga setempat, Sapi bukan untuk dikonsumsi. Jika kamu sedang liburan ke sana, beranikan diri mencicipi aneka kuliner olahan kerbau di bawah ini:

1. Sate Kerbau

Sate kerbau.
Sate kerbau. [image picture]
Sate kerbau memiliki tekstur yang lebih tebal. Rempah-rempahnya sungguh terasa karena sudah dibumbui terlebih dahulu. Tersaji dengan saus berbahan kacang, serundeng, bawang merah, bawang putih dan kentang yang sudah dihaluskan. Kalau kamu ingin mencicipinya saat sore sampai malam hari datang saja di warung Pak Abu depan Pasar Kalinyamatan.

Sate kerbau.
Sate kerbau. [image picture]

2. Bakso Kerbau

Bakso Kerbau.
Bakso Kerbau. [image source]
Bakso Kerbau lebih besar dan mantap karena berisi telur puyuh di dalamnya. Ketika dimakan, maka akan lebih terasa tektur kenyalnya di lidah. Apalagi kalau disajikan dengan kuah yang masih panas. Kalau ingin menikmatinya, ada bakso beranak yang cukup populer di depan pintu masuk makam Sunan Kalijaga di Demak.

Bakso Kerbau.
Bakso Kerbau. [image source]

3. Soto kerbau

Soto Kerbau.
Soto Kerbau. [image source]
Seporsi kuliner ini berisi potongan besar daging kerbau segar, tauge rebus, daun bawang, dan nasi. Lebih nikmat kalau ditambahi sambal hijau yang khas. Limpa dan babat bisa menjadi tambahan lauk, berikut kerupuk kulit kerbau semakin menambah kegurihan. Di Demak yang paling terkenal kenikmatannya adalah di warung Bu Saki, Jalan Sultan Falah, Jogoloyo, Wonosalam.

Soto kerbau.
Soto kerbau. [image source]

4. Sup Kerbau

Sup kerbau.
Sup kerbau. [image source]
Biasanya seluruh bagian tubuh sapi yang dijadikan sup seperti buntut dan iga. Namun di Demak kerbau jadi bahan utamanya. Daging kerbau yang sudah dimasak empuk disajikan dengan kuah yang sudah berisi campuran kol, taoge dan tomat. Ingin merasakan kesegarannya? Silakan mampir ke Warung Cipto Roso di jalan lingkar Demak.

Sup kerbau.
Sup kerbau. [image source]

5. Pindang kerbau

Pindang kerbau.
Pindang kerbau. [image source]
Kuliner ini merupakan campuran antara soto dan rawon sehingga lebih komplit. Menu ini biasa disajikan dengan piring yang dialasi daun pisang. Kamu bisa mencobanya di warung pindang kerbau Bu Saki di Jalan Sultan Falah, Jogoloyo, Wonosalam.

Pindnag kerbau.
Pindang kerbau. [image source]
Meskipun kelihatannya kuliner Demak berupa olahan kerbau lebih ekstrem, tapi nikmat lho dan banyak variasinya. Kalau sedang jalan-jalan di Demak kamu bisa coba.

Advertisement
Tags
Demak Indonesia Kerbau kuliner
Share