Kalimati Glodok, Pusat Kuliner Pecinan Legendaris yang Laris Manis

febri rama

febri rama

On Indonesia

Cari makanan dan jajanan khas yang enak di Jakarta paling pas ke daerah pecinan Glodok. Kawasan bersejarah ini sudah sejak dulu menjadi pusat perdagangan. Tentunya dengan kuliner-kuliner legendaris yang tak lekang oleh zaman. Dari sekian banyak tempat di sini, coba luangkan waktu khusus untuk menjelajahi Gang Kalimati. Ternyata lorongnya yang sempit dipenuhi dengan pedagang kuliner enak. Selengkapnya bisa kamu baca di bawah ini.

Gang Kalimati Glodok
Kuliner Gang Kalimati Glodok [image source]
Namanya juga pecinan, maka nuansa Tionghoa sangat kental di Gang Kalimati. Bukti sejarah ada di berbagai sudut. Salah satu yang paling khas adalah bangunan bergaya klasik lengkap dengan lampion dan jembatan merah. Dulunya adalah toko bernama Tjang Thjang Se, khusus menjual berbagai produk makanan dari luar negeri. Seperti China dan Inggris. Datang ke sini sebenarnya bukan hanya memberikan kepuasan dalam hal kuliner, tapi juga menjadi ajang wisata sejarah.

Gang Kalimati Glodok
Gang Kalimati Glodok [image source]
Ada banyak kuliner yang bisa kamu coba. Di depan gang persis biasanya ada penjual ci cong fan. Makanan khas yang mirip kwetiaw. Rasanya lezat karena terbuat dari tepung beras dengan sedikit tambahan kanji. Kemudian disajikan dengan kecap asin, sambal, hingga taburan bawang goreng. Jika ingin beli datanglah saat pagi hingga siang karena sore biasanya sudah habis. Penjualnya menggunakan gerobak sederhana.

Ilustrasi Ci Cong fan di Glodok
Ilustrasi Ci Cong fan di Glodok [Image Source]
Sebenarnya pilihan makanan di sini cukup banyak dari yang halal maupun non halal. Jika ragu, kamu bisa tanyakan terlebih dahulu pada penjualnya. Mereka semua akan menjawab dan melayanimu dengan ramah. Salah satu jajajan yang wajib kamu coba adalah mipan. Kuliner ini juga terbuat dari tepung beras. Cara menyantapnya dengan saus gula merah. Ada rasa asin, manis dan gurih yang menjadi satu kesatuan.

Gang Kalimati Glodok
Penjual Soto Tangkar [image source]
Kala Glodok sedang panas-panasnya, paling pas dihadapi dengan minum es cincau hijau. Penjualnya juga ada di dalam Gang Kalimati, kamu tinggal menelusuri saja hingga ketemu. Biasanya ada di dekat penjual mipan. Es cincau hijau disajikan dalam gelas besar. Konon minuman dari cincau dipercaya bisa menyembuhan sakit perut, panas dalam, hingga menurunkan tekanan darah tinggi.

Gang Kalimati Glodok
Soto Tangkar [image source]
Kalau lapar sudah mender tinggal pilih mana menu yang paling kamu suka. Misalnya soto tangkar legendaris yang seporsinya dihargai Rp25.000. Penjualnya bernama Pak Jumanta, ia telah berjualan sejak tahun 1971. Keberadaannya cukup terkenal di kalangan penikmat kuliner. Biasanya di jam 12.00 WIB saja dagangannya sudah habis.

Masih banyak kuliner legendaris lain yang ada di Gang Kalimati. Tunggu apa lagi, segera datang ke sini dan nikmati segala sajian istimewanya. Kalau sudah pernah, yuk ceritakan makanan favoritmu di kolom komentar.