Lebaran di Bantul? Ini Rekomendasi Kulinernya dengan Rasa Mantul

Nama Kabupaten Bantul, Jogja belakangan makin naik daun dengan berbagai destinasi wisata kekinian yang terdapat di dalamnya. Sebut saja Hutan Pinus Pengger, Puncak Becici, sampai dengan Puncak Sosok. Tidak hanya wisata saja yang membuat Bantul menggiurkan buat dikunjungi, kulinernya juga. Inilah 5 daftar kuliner Bantul yang masuk 10 Top Kuliner Kabupaten Bantul versi Kementerian Pariwisata. Apa saja?

Sate Petir Pak Nano

Sate Petir Pak Nano, via Instagram/javafoodie
Sate Petir Pak Nano, via Instagram/javafoodie

Sate Petir Pak Nano atau yang disebut juga dengan Sate Petir Pak No merupakan rekomendasi buat kamu pecinta pedas. Alamat lengkapnya berada di Dusun Menayu, Kelurahan Tirtonirmolo, Kecamatan Kasihan, Bantul. Di sini kamu bisa merasakan sate kambing dengan rasa ekstra pedas yang menggugah selera. Warung ini telah dirintis sejak tahun 1984, dan pindah ke tempat yang sekarang pada 2004.

Sate Klatak Pak Pong

Sate Klatak Pak Pong, via Instagram/andreadiwijaya
Sate Klatak Pak Pong, via Instagram/andreadiwijaya

Tidak kalah rekomended dari yang sebelumnya ada Sate Klatak Pak Pong yang kondang enaknya. Ciri khas di tempat ini adalah menyajikan sate kambing ditusuk dengan jeruji besi yang nantinya disajikan dengan kuah gulai yang gurih. Citarasa benar-benar meresap, kamu akan kembali lagi untuk mencobanya. Alamatnya berada di Jl. Imogiri Timur Km. 10, Wonokromo, Pleret, Bantul.

Gudeg Mbah Marto Nggeneng

Gudeg Nggeneng, via Instagram/javafoodie
Gudeg Nggeneng, via Instagram/javafoodie

Mbah Marto selama ini kondang dengan mangut lelenya yang nikmat. Ternyata, selain mangut lele Teman Traveler juga bisa mencicipi gudegnya yang enak dan nendang. Lokasinya berada di Dusun Nggeneng, Desa Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Bantul. Lokasinya buka mulai dari pukul 11:00 sampai dengan 16:30 WIB. Jangan lupa mampir jika sedang traveling di sekitaran Bantul ya.

Tongseng Ayam Sudimoro

Tongseng Ayam Sudi Moro, via Instagram/streetfoodstories
Tongseng Ayam Sudi Moro, via Instagram/streetfoodstories

Sementara buat kamu yang pengin menyantap tongseng, ada Tongseng Ayam Sudimoro yang masuk dalam jajaran enak versi Kemenpar. Tempat ini kondang menyuguhkan tongseng ayam kampung yang mantap. Kurang pedas? Kamu bisa menambahkan irisan cabai. Sudah memiliki 3 cabang yang berbeda, salah satunya berada di Jl. Jenderal Sudirman No. 59B, Kurahan, Bantul, Kecamatan Bantul.

Sate Kambing Sor Talok Bantul

Sate Kambing Sor Talok Bantul, via Instagram/hobbykulinerr
Sate Kambing Sor Talok Bantul, via Instagram/hobbykulinerr

Kuliner Kabupaten Bantul lainnya adalah Sate Kambing Sor Talok. Ini merupakan tempat yang telah buka sejak tahun 2007. Ada sate kambing, tengkleng, sampai dengan tongseng.Alamatnya berada di Jl. Pramuka, Area Sawah. Trirenggo, Kecamatan Bantul, Jogja. Beroperasai mulai dari pukul 07:00 sampai dengan 19:00 WIB. Nah, sesuai dengan namanya, warungnya berada di bawah pohon talok (ceri Indonesia).

List yang menggiurkan buat dicoba bukan? Jika mudik dan lebaran di Bantul, jangan lupa untuk mencobanya ya. Menggiurkan dan tak akan mengecewakan.

Tags
Indonesia Jogja kuliner Jogja Kuliner Kabupaten Bantul
Share