Rekomendasi Kuliner Jogja, Segarnya Es Pinggir Jalan

Advertisement

Jogja, terkenal dengan beraneka rupa kuliner mulai dari makanan tradisional hingga modern semua bisa temukan di kota ini. Harganya pun bervariasi dari jajan pinggir jalan yang murah meriah hingga hidangan gedongan dengan harga selangit. Tapi meski berada di pinggir jalan, bukan berarti kualitas dan rasa diragukan. Berikut ini daftar es pinggir jalan di Jogja dengan rasa istimewa yang bisa bikin segar hati dan pikiranmu.

1. Es Jaipong Mang Rasta

gerobak Es Jaipong Mang Rasta [image source]

Kala matahari sedang terik-teriknya menyinari Yogyakarta di siang hari, membuatmu gerah dan kehausan, maka coba saja Es Jaipong Mang Rasta sebagai penyejuknya. Meski kini semakin jarang ditemui, tapi kalo punya Mang Rastra selalu mangkal di kawasan Krapyak jadi kamu tak perlu susah payah berkeliling. Es Jaipong ini cukup legendaris karena sudah dijajakan sejak 15 tahun yang lalu. Dalam satu mangkoknya terdapat beraneka isian, antara lain mutiara, cincau, agar-agar hijau, roti, nangka, serta candil, dan terakhir disiram dengan kuah santan tak lupa gula cair sebagai pemanisnya.

Es Jaipong Mang Rasta yang menggoda [image source]
Nama : Es Jaipong Mang Rasta

Harga : Rp3.000,-

Alamat : Jl. DI Panjaitan Yogyakarta, Depan Ponpes Al Munawir Krapyak

Buka : 10.00-14.00

2. Rujak Es Krim Pak Nardi

Rujak Pak Nardi [image source]

Bagaimana jadinya kalau rujak manis dicampur dengan es krim? Aneh atau enak? Biar tak penasaran, langsung saja datang ke kawasan Pakualam. Di sana ada pedagang es rujak yang katanya pertama di Jogja. Dalam satu porsinya berisi aneka buah yang telah dipotong-potong kemudian disiram dengan bumbu yang manis, pedas, dan kental. Sebagai sentuhan terakhir, tambahkan es krim di atasnya. Nikmati sensasi asam, manis, pedas, dan segar yang bercampur menjadi satu, nyam!

Rujak Pak Nardi [image source]
Nama : Rujak Es Krim Pak Nardi

Harga : Rp6.000,-

Alamat :  Jl. Harjowinatan, Samping Bilyard Pakualaman

3. Es Buah Pak Lantip

Es Buah Pak Lantip, segernya bikin ketip-ketip [image source]

Jika kamu mencari es buah legendaris di Jogja, maka di sinilah tempatnya. Telah berdiri sejak tahun 1985, kuliner Jogja yang satu ini tetap hits dari dulu hingga kini. Dalam semangkuk es buah Pak Lantip terdapat berbagai macam isian mulai dari cincau, kelapa muda, alpukat, sawo, melon hingga buah nangka. Selanjutnya ditambahkan es serut yang segar dan disiram dengan sirup serta susu. Kalau soal rasa jangan ditanya, jelas makyus!

Es Buah Pak Lantip yang hits dari dulu hingga kini [image source]
Nama : Es Buah Pak Lantip

Harga : Rp8.000,-

Alamat :  Jl Nyai Ahmad Dahlan, dari Plaza Ngasem ke Utara

Buka : 10.00- 17.00

4. Es Degan Tape Warung Handayani

Es Degan Tape khas Warung Handayani yang merona [image source]

Sering disebut juga dengan brongkos Handayani, Es Degan Tape menjadi salah satu primadona di warung ini. Yang membuatnya berbeda dari es degan lainnya adalah, perpaduan antara kelapa muda asli yang empuk dan lembut serta tape yang manis kemudian dicampur sirup, susu, serta es batu terasa mengguncang lidah. Sensasi segar langsung menyeruak di tenggorokan sejak tegukan pertama. Siapa saja yang mencobanya dijamin ketagihan.

Es Degan Tape di Warung Handayani yang segar dan murah meriah [image source]
Nama : Es Degan Tape Warung Handayani

Harga : Rp7.000,-

Alamat : Jl. Gading No. 2 (Selatan Alun-Alun Kidul), Yogyakarta

Buka : 09.00 – habis

5. Es Tape Sompel

Es Tape Sompel yang rasanya juara [image source]

Bagi para penggemar tape, kuliner Jogja yang satu ini kudu dan wajib hukumnya untuk dicoba. Jangan salah sangka dengan penampilannya yang sederhana, karena ternyata rasanya begitu istimewa. Tape yang empuk dan lembut dicampur dengan kelapa, es serut, dan susu menghasilkan sensasi creamy, manis, asam, dan segar. Dijamin pengen nambah lagi!

Tekstur Es Tape Sompel yang begitu menggoda [image source]
Nama : .Es Tape Sompel

Harga : Rp5.000,-

Alamat : Jl. Gatut Kaca, Belakang JEC

Buka  : 10.00 – habis

6. Dawet Bayat

Dawet Bayat dengan tape istimewa yang memperkaya citarasa [image source]

Es dawet mungkin sudah sering kita jumpai terutama di pasar ataupun pinggir jalan, tapi kalau yang ini lain daripada yang lain. Keistimewaannya terletak pada tape hijau yang manis dan wangi menghasilkan rasa yang khas. Kuah santan kental dicampur gula jawa asli dan terakhir ditambahkan es batu terasa sangat segar jika diminum saat siang hari.

Salah satu Es Dawet yang hits di Jogja [image source]
Nama : Dawet Bayat

Harga : Rp3.000,-

Alamat : Pangukan Pringgodiningrat, Barat Kantor Kabupaten Sleman

Buka  : 10.00 – habis

7. Es Buah PK

Es Buah PK yang kaya rasa [image source]

Salah satu kuliner Jogja yang wajib dicoba dan konon katanya merupakan es paling enak disana adalah Es Buah PK. Dengan beragam isian seperti sawo, nangka, cincau, nanas, hingga kelapa muda yang kemudian ditaburi es serut serta susu dan sirup jeruk dalam satu mangkok penuh selalu bikin nagih siapa saja yang sudah mencicipi. Sudah buka sejak puluhan tahun lamanya, hidangan ini sudah memiliki tempat tersendiri di hati warga Jogja. Makanya kedai ini tidak pernah sepi pengunjung setiap harinya.

Salah satu es buah paling hits di Jogja [image source]
Nama : Es Buah PK

Harga : Rp8.000,-

Alamat : Jl. Pakuningratan, depan Panties Pizza

Buka  : 10.00 – 17.00

8. Es Cepot

Es Cepot yang segarnya nggak ketulungan [image source]

Merupakan kedai es pinggir jalan legendaris di Jogja. Disini menyajikan berbagai macam menu mulai dari es buah, campur, alpukat, hingga bubble drink. Salah satu yang paling digemari adalah Es Cepot Sirup Frambozen, yang dalam satu porsinya berisi campuran alpukat, jelly, cincau hingga kelapa muda. Soal rasa jangan ditanya, dijamin seger, manis, dan nagih. Cook deh buat yang lagi patah hati.

Aneka isi di dalam seporsi Es Cepot yang melimpah ruah [image source]
Nama : Es Cepot

Harga : Rp9.000,-

Alamat :Jl. Beo 38 Demangan, Jogja

Buka  : 09.00 – 15.00

Widih, kelihatan seger banget dan bikin ngiler, kan? Udah gitu harganya nggak sampai Rp10.000,-an jadi sangat bersahabat di kantong. Buat kamu yang belum coba, yuk disegerakan!

Advertisement
Tags
Es Jaipong ice cream Indonesia Jajanan kuliner Yogyakarta
Share