Kuliner Enak di Medan, Pecinta Jeroan Wajib Coba

Makanan apa yang tak enak di Medan? Selain durian yang selalu tersedia sepanjang musim, kuliner dengan paduan seafood juga menggiurkan. Tak hanya itu, kuliner dengan campuran hati, ginjal, hingga otak juga diidolakan di kota ini. Nah, bagi kamu pecinta hidangan ini, Travelingyuk punya rekomendasi kuliner jeroan yang pastinya bakal menggagalkan agenda dietmu.

1. Gulai Usus Sapi

Gulai Usus Sapi di Medan
Gulai Usus Sapi di Medan via instagram/@kulinerkoko

Makanan kaya rempah ini merupakan kuliner khas Padang yang juga mudah ditemukan di Medan. Salah satu tempat yang menyajikan hidangan ini adalah Rumah Makan Nasi Kapau Uni Emi di Jalan Rotan No.83, Petisah Tengah. Gulai usus sapi atau tambusu ini memiliki tekstur lembut dengan isi putih telur. Hingga artikel ini ditulis, harga sepotong gulai ini sekitar Rp18.000.

Gulai Usus Sapi RM Nasi Kapau Uni Emi
Gulai Usus Sapi RM Nasi Kapau Uni Emi, via instagram/@makanhalalmedan

2. Tok Tok 888 Huyu (Non Halal)

Tok Tok Hayyu 888
Tok Tok Hayyu 888 via makanmana.net

Tok tok awalnya bukan sejenis makanan. Namun karena penjualnya menggunakan ketukan bambu saat berjualan, maka nama tok tok menjadi populer. Kuliner yang sudah ada sejak tahun 90-an ini berupa jeroan babi, kulit, darah, serta usus yang dicampur dengan kangkung taoge dan kerupuk. Kemudian, sajian ini disiram dengan saos berwarna cokelat dengan rasa manis. Penasaran dengan rasanya, mampir saja ke Tok Tok 888 Huyu yang berada Bundaran Cemara Asri.

Tok Tok Hayyu
Tok Tok HayyuTok Tok Hayyu via makanmana.net

3. Soto Kesawan Medan

Soto Kesawan Medan Isi Paru
Soto Kesawan Medan Isi Paru via instagram/@makanandimedan

Soto ada umumnya berisi suwiran ayam goreng dengan kuah hangat kaya rempah. Namun, sedikit berbeda dengan Soto Kesawan. Kuliner enak yang dapat kamu temui di Jalan Ahmad Yani No. 116 ini berisi potongan daging, udang, paru, dan banyak jeroan lainnya. Pengunjung pun bisa memesan dengan isian satu macam atau dicampur dengan lainnya sesuai selera. Penasaran kan? Buruan atur rencana liburan ke Medan.

Soto Kesawan Medan
Soto Kesawan Medan via instagram/@michaelblisss

4. Bakso Methodist

Bakso Methodist, Medan
Bakso Methodist, Medan via instagram/@takasihmurah_50k

Berburu kuliner di Medan, kurang lengkap jika belum menjajal Bakso Methodist. Makanan legendaris ini unik karena tak hanya disajikan bersama bola-bola daging, tapi juga dengan campuran daging dan tetelan. Tak hanya itu, hidangan yang berada di Jalan T. Cik Ditiro ini juga berisi beberapa jenis mie (mulai dari bihun, mie kuning, dan kwetiau), taoge, jeroan, dan daging. kamu juga bisa memadukan isiannya sesukamu, loh.

Bakso Methodist
Bakso Methodist via instagram/@locanatics

Cita rasa dari kuliner jeroan di atas memang tidak mengecewakan. Pun demikian, jangan terlalu sering mengonsumsi makanan tersebut. Pasalnya, jeroan cukup berbahaya bagi kesehatan. Tak hanya gangguan pencernaan, tapi juga mengakibatkan kolesterol.

Tags
Indonesia Kuliner Jeroan Medan Sumatera Utara
Share