Jelajah Kuliner Jalan Kalipah Apo Bandung, Yuk Cobain 4 Makanan Ini

Lembang termasuk destinasi yang tengah naik daun di Bandung. Tak heran jika akses menuju kawasan ini sering macet. Jika tak ingin liburan gagal karena terjebak macet, ada agenda seru yang bisa dilakukan Teman Traveler. Apalagi kalau bukan jelajah kuliner Bandung seperti di Jalan Kalipah Apo Bandung. Banyak makanan enak dan menggiurkan di kawasan toko perabotan rumah tangga ini. Apa saja? Intip rangkumannya yuk!

1. Lotek Kalipah Apo 42

Lotek Kalipah Apo 42
Lotek Kalipah Apo 42 via instagram/@has_bro

Bicara kuliner di Jalan Apo? Sudah pasti ingat dengan lotek legendarisnya. Namanya Lotek Kalpiah Apo 42 yang sudah berdiri sejak tahun 1963. Buka dari jam 9 hingga pukul 5 sore, menu di sini tak banyak berubah. Masih enak dengan tekstur bumbu yang halus serta aneka sayuran lengkap. Tidak hanya lotek, warung ini juga menyediakan hidangan lain seperti gado-gado, rujak, laksa, hingga aneka bubur. Untuk harganya masih terjangkau dari Rp17.000-Rp26.000. Terjangkau bukan?

2. Lomie 61

Lomie 61
Lomie 61 via instagram/@foodgallerybdg

Mau ngemie enak di Bandung? Cobalah mampir ke Lomie 61 di Jalan Kalipah Apo No.73, tepat di sebelah Gang Siti. Seporsi hidangan ini berupa mie rebus yang disiram dengan kuah kental berwarna cokelat. Kuah tersebut berasal dari rebusan kaldu seafood yang beri pengental. Teman Traveler pasti bakalan ketagihan setelah mencobanya. Selain lomie, kedai ini juga menyajikan menu mie ayam yamin. Rasanya tak kalah nendang, apalagi ketika baru dihidangkan di atas meja.

3. Es Goyobod Kalipah Apo

Es Goyobod
Es Goyobod via instagram/@ugoalam

Tak hanya kuliner mengenyangkan, Jalan Kalipah Apo juga menyediakan menu segar-segar. Salah satunya es goyobod yang dapat ditemukan di depan Toko Subur. Racikannya sederhana, yaitu berisikan agar-agar, bubur mutiara, tape, kolang-kaling, alpukat serta es serut. Tak lupa tambahan susu kental manis, ketan hitam dan potongan nangka yang membuat rasanya makin nendang. Cocok banget untuk camilan di siang hari kan?

4. Susu Murni Kalipah Apo

Susu Murni Kalipah Apo
Susu Murni Kalipah Apo via instagram/@hospital_herbal002

Untuk Teman Traveler yang berniat jelajah kuliner Bandung saat malam hari di Jalan Apo, tak perlu khawatir. Masih ada tempat yang bisa dikunjungi kok. Salah satunya Susu Murni Kalipah Apo yang berlokasi di Jalan Kalipah Apo No 9. Buka dari jam 4 sore, menu utama di sini adalah susu murni. Sedangkan variannya lainnya dicampur dengan cokelat, stroberi, jahe, madu, hingga telur. Kedai ini boleh saja sederhana, tapi menu yang ditawarkan di sini sudah dikenal sejak tahun 1968. Legendaris kan?

Nah, itulah kuliner Jalan Kalipah Apo yang rasanya tak perlu diragukan lagi. Jadi, punya rekomendasi lain ketika jalanan ke Lembang macet bukan? Selamat berlibur.

Tags
Bandung Indonesia Jawa Barat kuliner bandung
Share