Kuliner Ikan Mentah Asli Indonesia, Berani Coba?

Advertisement

Sajian ikan mentah selama ini identik dengan sashimi yang berasal dari Jepang. Padahal, tidak hanya di Negeri Sakura saja, kuliner ikan mentah juga ada di berbagai negara, termasuk Indonesia. Tidak perlu memasak menggunakan api, kamu bisa menyantap kuliner ikan mentah dengan lahapnya. Berbicara kuliner ikan mentah asli Indonesia, berikut ini ada daftarnya. Siapa tahu saja kamu berminat mencicipinya saat berada di daerah asalnya.

Gohu Ikan, Ternate

Gohu Ikan, Via Instagram/suzanty_sitorus
Gohu Ikan, Via Instagram/suzanty_sitorus

Gohu Ikan merupakan kuliner khas Ternate, Maluku Utara yang memanfaatkan ikan mentah sebagai bahan utamanya. Jenis ikan yang digunakan untuk pembuatan Gohu Ikan ini adalah tuna. Proses pembuatannya tidaklah rumit, ikan tuna dibersihkan kemudian dipotong dadu lali dicampur dengan air jeruk nipis, garam, dan juga daun kemangi.

Saat disajikan, kuliner ini akan disiram dengan tumisan bumbu dari irisan bawang merah dan cabe merah. Citarasa yang keluar adalah perpaduan antara segar, gurih, dan juga sedikit manis. Di Ternate, Gohu Ikan ini dikonsumsi sebagai lauk pendamping nasi ataupun bubur sagu.

Naniura, Tapanuli

Naniura, Via Instagram/rmsihol
Naniura, Via Instagram/rmsihol

Selanjutnya ada makanan yang bernama Naniura yang berasal dari Tapanuli, Sumatra Utara. Ini merupakan kuliner khas suku Batak yang terbuat dari ikan mas mentah yang direndam ke dalam berbagai rempah. Sekilas, penampilan Naniura ini mirip dengan ikan bumbu kuning. Karena memang bumbu-bumbu yang digunakan terbuat dari campuran 10 rempah dan bahan yang termasuk juga dengan andaliman. Bumbu andaliman sendiri merupakan rempah khas Batak yang membuat citarasa Naniura ini jadi makin beragam.

Ternyata, dahulu sajian ikan mentah ini hanya dihidangkan kepada para raja saja. Dan hanya juru masak kerajaan saja yang boleh mengolahnya. Namun seiring waktu berlalu dan perkembangan zaman begitu hebatnya, banyak masyarakat Batak yang mecoba kuliner ini. Dan sudah jadi menu yang ditawarkan di berbagai restoran atau rumah makan.

Rusip, Bangka Belitung

Sambal rusip hasil fermentasi via Instagram/hello.fika
Sambal rusip hasil fermentasi, Via Instagram/hello.fika

Rusip merupakan kuliner khas yang berasal dari Bangka Belitung. Bahan utama pembuatan kuliner ini adalah ikan teri atau yang disebut dengan ikan bilis. Cara pengolahannya dengan cara difermentasi. Ikan teri segar dicampur dengan garam dan gula merah lalu difermentasi kurang lebih selama 7 hari lamanya. Nah, setelah bau ikan berubah menjadi asam diberi bumbu berupa jeruk kunci, irisan bawang merah, dan juga cabe rawit.

Rusip ini disajikan sebagai pendamping lalapan atau sebagai pengganti sambal. Citarasa yang didapatkan akan segar dan juga pedas. Eits, buat Teman Traveler yang ingin membawanya pulang bisa saja. Karena memang sekarang ini rusip telah menjadi salah satu buah tangan khas Bangka yang mudah didapat.

Lawa Bale, Polewali

Lawa Bale, Via Instagram/adelyouuu
Lawa Bale, Via Instagram/adelyouuu

Suku Bugis, tepatnya yang tinggal di daerah polewali, Sulawesi Selatan juga memiliki hidangan ikan mentah, namanya adalah Lawe Bale. Kuliner ini memanfaatkan bahan dasar berupa ikan yang berukuran kecil seperti ikan teri ataupun ikan banjar. Cara pengolahannya, ikan diberi perasan jeruk nipis dan garam lalu dicampur dengan kelapa parut.

Tidak kalah dari Jepang ya, Indonesia juga punya kuliner ikan mentah yang pantas buat dicicipi dan dilestarikan. Bagaimana, apakah kamu bernai mencoba salah satunya?

Advertisement
Tags
gohu ikan Indonesia kuliner kuliner mentah ikan
Share