Ke Gorontalo Jangan Cuma Main Air, Yuk Nguliner Sampai Perut Penuh!

Advertisement
Advertisement

Provinsi Gorontalo yang merupakan pemekaran dari Sulawesi Utara memiliki potensi bahari yang cukup banyak. Pantai, laut, hingga pulau-pulau kecil banyak ditemukan di kawasan ini sehingga sektor baharinya lumayan maju. Selain wisata yang berhubungan dengan basah-basahan, Gorontalo juga memiliki cukup banyak spot menarik untuk kamu yang hobi melakukan wisata kuliner.

Kalau kamu pergi ke Gorontalo, jangan cuma main air di pantai atau ke air-air terjun yang banyak ditemukan di sini. Sesekali cobalah untuk melakukan perjalanan kuliner yang tidak akan membuatmu merasa kecewa. Berikut beberapa daftar kuliner asli Gorontalo yang wajib kamu santap hingga perut jadi penuh sesak.

1. Ilabulo

Ilabulo adalah salah satu kuliner yang menjadi ikon dari Gorontalo saat ini. Dahulu kala, kuliner ini merupakan makanan ringan disajikan untuk raja-raja setelah terjadi konflik. Perdamaian di antara dua belah pihak menghadirkan Ilabulo yang sangat gurih, nikmat, dan membuat siapa saja yang menyantapnya jadi ketagihan.

Ilabulo [image source]
Ilabulo [image source]
Ilabulo adalah makanan olahan dari tepung sagu yang di dalamnya diisi dengan telur, ayam, jerohan, dan dicampur dengan bumbu rempah-rempah. Adonan dari sagu yang telah diberi isian ini dibungkus menggunakan daun pisang lalu dibakar hingga seluruh isinya matang dengan sempurna. Saat ini Ilabuho banyak dijual di pinggir jalan dan kerap dijadikan oleh-oleh yang unik dan menarik.

2. Binte Biluhuta

Dalam bahasa setempat, binte memiliki arti jagung dan biluhuta memiliki arti siram. Binte biluhuta memiliki arti pipilan jagung yang disiram dengan kuah rempah yang gurih. Jagung khas dari Gorontalo yang telah terkenal di mana-mana dikukus hingga matang. Di dalam mangkuk yang kosong, jagung yang telah matang itu dicampur dengan parutan kelapa dan suwiran daging ayam, dan udang. Kalau semua bahan sudah masuk, kuah gurih segera disiramkan untuk menambah kelezatan.

Binte Biluhuta [image source]
Binte Biluhuta [image source]
Oh ya, kuliner yang memiliki rasa nikmat ini sangat pas jika dimakan saat hangat. Rasa manis dari jagung khas Gorontalo akan berpadu sempurna dengan kuah gurih yang super nikmat dan gurih. Menyantap binte biluhuta sekali saja akan membuat rasanya selalu terkenang hingga kamu ingin kembali ke Gorontalo  dan makan lagi.

3. Ayam Iloni

Makanan yang gurih dan agak manis sudah, sekarang saatnya mencicipi makanan yang memiliki rasa pedas yang menggigit. Adalah ayam iloni yang merupakan kuliner olahan daging ayam yang menjadi andalan dari Gorontalo. Kalau kamu sedang melakukan perjalanan ke kawasan ini, jangan sekali-kali melupakan ayam yang kaya akan rempah-rempah asli Indonesia.

Ayam Iloni [image source]
Ayam Iloni [image source]

Ayam iloni mirip sekali dengan ayam bakar meski proses memasaknya dengan dipanggang di dalam oven yang panas. Daging ayam mentah dibumbui dengan bawang merah dan putih, kemiri, jahe, cabai, dan kunyit untuk memberikan warna kuning. Sebelum dipanggang, ayam ini akan dimasukkan ke dalam santan sehingga memiliki cita rasa gurih.

4. Kue Sabongi

Kue Sabongi adalah salah satu kue yang digemari oleh masyarakat di Gorontalo. Kue ini terbuat dari singkong dan juga pisang yang dicampur menjadi adonan. Setelah kalis, adonan bisa dipotong menjadi kecil-kecil sebelum akhirnya digoreng dan disantap hangat-hangat sebagai teman minum teh dan juga kopi.

Kue Sabongi [image source]
Kue Sabongi [image source]
Meski kue ini terlihat sangat sederhana, rasa yang diberikan sangatlah nikmat. Kue ini mudah ditemukan di jalanan Gorontalo dengan bentuk lonjong atau dibentuk mirip dengan donat. Kalau kamu ke Gorontalo, cobalah menyantap kue yang menjadi kegemaran banyak orang ini. Bila perlu bawalah beberapa buah untuk oleh-oleh meski hanya tahan 1 harian saja.

Inilah makanan-makanan khas dari Gorontalo yang layak kamu coba saat berkunjung di sana. Traveling ke sana tanpa wisata kuliner akan membuat menyesal melewatkan rasa nikmat yang tidak bisa ditemui di daerah lain ini.

Advertisement
Tags
kuliner gorontalo makanan khas Gorontalo
Share