Kuliner Anti Mainstream Ini Gabungan dari Dua Masakan Enak, Sudah Coba?

Kuliner Indonesia selalu saja menarik untuk dicoba. Meski dimasak dengan cara sederhana, rasanya tetap istimewa. Bahkan tidak sedikit turis asing yang jatuh cinta dengan masakan nusantara. Menariknya lagi, ada juga kuliner yang merupakan gabungan dari dua masakan enak. Apa saja ya?

1. Pecel Gudeg

Gudeg Lumintu
Gudeg Lumintu [image source]
Berencana liburan ke Jember? Kamu wajib mencoba Pecel Gudeg. Sesuai namanya, kuliner ini merupakan campuran dari pecel dan gudeg yang bisa ditemukan di Warung Nasi Pecel Gudeg Lumintu. Menu ini memiliki bentuk unik di mana gudeg disiram dengan bumbu pecel. Tak lupa pula tambahan rempeyek kacang sebagai pelengkapnya. Soal rasa, dijamin kamu bakal ketagihan.

Gudeg Pecel
Gudeg Pecel [image source]

3. Rujak Soto

Rujak Soto Banyuwangi
Rujak Soto Banyuwangi [image source]
Selain Jember, Banyuwangi juga punya kuliner khas yang pastinya tak kalah anti mainstream. Namanya rujak soto yang merupakan perpaduan dari dua makanan enak. Seporsi kuliner ini terdiri dari sayuran rebus seperti kangkung dan taoge, serta potongan lontong yang dicampur dengan bumbu petis uleg. Selanjutnya disiram dengan kuah soto babat yang hangat. Tak lupa pula tambahan kerupuk yang membuat sajian ini bertambah nikmat.

Rujak Soto
Rujak Soto [image source]

3. Pecel Rawon

Pecel Rawon Pucang
Pecel Rawon Pucang [image source]
Jika Jember punya pecel yang dicampur dengan gudeg, lain halnya Surabaya. Kota Pahlawan ini memiliki kedai sederhana yang menawarkan pecel berkuah rawon dengan rasa istimewa. Seporsi pecel rawon di Warung Rawon Pucang ini terdiri nasi, sayuran, siraman bumbu pecel serta kuah rawon berwarna hitam. Menariknya lagi, ada tambahan lauk lain seperti ayam goreng, telur dadar, daging empal serta rempeyek yang renyah. Tentunya rasa dari setiap sendokan masakan ini nendang di lidah.

Pecel Rawon
Pecel Rawon [image source]

4. Bakmi Toprak

Bakmi Toprak Yu Nani
Bakmi Toprak Yu Nani [image source]
Namanya unik, tapi kuliner ini bukan merupakan campuran bakmi dan ketoprak. Makanan khas Solo ini berisi bakmi yang disiram dengan kaldu sapi yang mirip kuah bakso. Bukan hanya mie saja, ada tambahan irisan kol, sosis, tahu, tempat serta potongan daging koyor. Selain potongan cabai, makanan ini juga ditaburi kerupuk. Untuk dapat merasakan kelezatan dari menu ini, kamu bisa berkunjung ke warung Bakmi Toprak Yu Nani yang berada di Jalan Pandudewanata, Kartopuran, Serengan.

Bakmi Toprak
Bakmi Toprak [image source]
Bagaimana, dari keempat kuliner di atas mana yang sudah kamu coba? Atau punya rekomendasi makanan anti mainstream yang enak lainnya? Tulis di kolom komentar ya!

Tags
Indonesia Jawa Tengah Solo
Share