Kuliner Favorit Tujuh Presiden Indonesia, Semuanya Istimewa

Advertisement

Berbicara mengenai kuliner memang tidak ada habisnya. Namun pernah tidak, penasaran dengan makanan favorit mantan serta presiden yang ada di Indonesia? Nah, kamu yang belum tahu menu istimewa kesukaan mereka, berikut ini daftarnya!

1. Soekarno : Nasi Jagung

Nasi Jagung
Nasi Jagung [image source]
Susah percaya kan jika kuliner favorit presiden pertama RI ternyata adalah Nasi Jagung? Namun, kesaksian dari mantan pengawal pribadinya bernama Mangil, Soekarno memang sangat menyukai menu khas desa itu. Selain nasi jagung, sayur lodeh, sayur ayem hingga sambal terasi juga jadi kesukaannya. Hidangan lain yang terbilang unik seperti Bagar Hiu dan Pais Ikan menjadi makanan favorit Bapak Proklamator saat menjalani pengasingan di Bengkulu. Wah, pernah coba belum?

Pais Ikan
Pais Ikan [image source]

2. Soeharto : Nasi Lodeh Hingga Mie Instan

Nasi Lodeh
Nasi Lodeh [image source]
Tidak jauh berbeda dengan Soekarno, presiden kedua Indonesia juga menyukai makanan ala desa seperti sayur lodeh, tempe bacem dan ikan bakar. Menurut pengawal pribadinya, Soeharto memang tidak pilih-pilih soal makanan. Menu yang paling unik dan ternyata disukai oleh suami Ibu Tien ini adalah mie instan. Wah, ternyata mantan presiden kita juga suka dengan makanan sejuta umat itu ya!

Mie Instan
Mie Instan [image source]

3. BJ Habibie : Ayam Goreng

Ayam Goreng
Ayam Goreng [image source]
Pernah tinggal cukup lama di Jerman, mungkin banyak orang yang berpikiran jika menu favorit dari BJ Habibie adalah makanan luar. Ternyata anggapan tersebut salah besar. Suami dari Ibu Ainun ini malah menyukai ayam goreng yang ada di Rumah Makan Sari Bundo Juanda. Selain itu, kuliner lain yang juga difavoritkan adalah bubur Manado dengan suwiran ikan di atasnya.

Bubur Manado
Bubur Manado [image source]

4. Abdurrahman Wahid : Masakan Padang

Dendeng Batokok
Dendeng Batokok [image source]
Seperti halnya BJ Habibie, mantan presiden RI satu ini juga memiliki langganan kuliner. Berada di dekat kantor PBNU Jakarta, ternyata tempat favorit Gus Dur ini adalah Rumah Makan Padang Sederhana. Sedangkan menu yang sering dipesan adalah Dendeng Batokok, Otak Sapi Gulai dan Limpa Gulai. Minuman istimewa versi mantan presiden ini adalah jus alpukat dan es teh tawar. Wah siapa nih yang juga memiliki selera seperti Abdurrahman Wahid?

Es Teh Tawar
Es Teh Tawar [image source]

5. Megawati : Ikan Bakar Khas Gianyar

Ikan Bakar di Bali
Ikan Bakar di Bali [image source]
Dibandingkan presiden sebelumnya, Megawati ternyata hobi berkuliner. Berbagai macam makanan pernah ia cicipi. Dari banyaknya menu yang pernah dicoba, ternyata anak dari Presiden Soekarno ini sangat suka dengan kuliner Bali, terutama Ikan Bakar Khas Gianyar. Hampir setiap kali berkunjung ke Pulau Dewata, Megawati tidak pernah lupa mampir ke warung ikan bakar Pak Made, Jalan Pudak desa Batubulan, Gianyar Bali.

Ilustrasi Ikan Bakar Bali
Ilustrasi Ikan Bakar Bali [image source]

6. Susilo Bambang Yudhoyono : Pecel dan Tahu Sumedang

Pecel Madiun
Pecel Madiun [image source]
Mantan Presiden yang lahir di kota Pacitan satu ini juga memiliki makanan favorit yang istimewa. Bukan daging-dagingan, bapak dua anak ini ternyata suka dengan segala makanan dari tahu dan tempe. Ada pun kuliner lain yang menurutnya enak banget adalah pecel lele, pecel Madiun serta telur dadar. Sederhana tapi sangat istimewa. Selain itu, jajanan kesukaan SBY adalah Tahu Sumedang yang lengkap dengan cabe rawitnya.

Tahu Sumedang
Tahu Sumedang [image source]

7. Joko Widodo : Sate

Sate Yu Rebi
Sate Yu Rebi [image source]
Tidak kalah istimewa seperti mantan presiden lainnya, Joko Widodo atau yang lebih akrab disapa dengan Jokowi ini memiliki makanan favorit sendiri. Tidak neko-neko dalam memilih, ternyata beliau menyukai semua menu di warteg pinggir jalan. Mulai dari terong balado, tempe goreng hingga ikan teri sah jadi kesukaannya. Namun, salah satu yang paling disukai oleh bapak tiga anak ini adalah Sate yang dijual di Solo, seperti Sate Kere Yu Rebi dan Sate Buntel Bu Rejo. Wah, sudah pernah coba sate langganan Jokowi belum?

Sate Buntel
Sate Buntel [image source]
Dari menu yang disukai oleh mantan maupun presiden RI, semuanya Indonesia banget. Bahkan mereka juga tidak pilih-pilih soal makanan. Wah, siapa nih yang memiliki selera yang sama dengan mereka?

Advertisement
Tags
kuliner favorit presiden kuliner Indonesia Makanan Kesukaan Presiden
Share