Selain Dawet Telasih, Solo Punya 5 Es Segar yang Istimewa

Dawet Telasih Bu Dermi merupakan salah satu kuliner yang cukup populer di Solo. Jajanan menyegarkan ini mendadak dikenal karena menjadi makanan favorit Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Bukan hanya dawet ini saja, ada 5 es segar lain yang wajib kamu coba saat liburan ke kota ini.

1. Es Pak Kutir

Es Pak Kutir
Es Pak Kutir [image source]
Pernah dengar nama kuliner ini kan? Es Pak Kutir terletak di Jalan Mohammad Saleh Wedisastro, lebih tepatnya di sebelah timur Pasar Legi. Warung sederhana ini menawarkan es teler dan es campur dengan isian komplit. Ada buah segar seperti melon, sawo, nanas, blewah, nangka, hingga alpukat. Selain itu, seporsi jajanan menyegarkan ini juga berisi irisan roti, ketan ijo, tape, es serut, kolang-kaling dan nata de coco, serta siraman susu kental. Jika musim durian, kamu juga bisa memesannya dengan tambahan daging buah ini.

Es Pak Kutir
Es Pak Kutir [image source]

2. Es Marem

Es Marem Solo
Es Marem Solo [image source]
Es Marem merupakan kuliner yang cukup populer di Semarang. Bahkan cabangnya juga ada di Solo, yang berlokasi di Bunderan Patung Pandawa Solo Baru. Jajanan ini memang unik karena menggunakan tape oven yang dipotong kotak-kotak. Menariknya lagi, es marem bisa disajikan dengan kombinasi santan atau jeruk. Soal rasa, tak perlu diragukan lagi.

Es Marem
Es Marem [image source]

3. Es Buah Bunuh Diri

Es Buah Bunuh Diri Solo
Es Buah Bunuh Diri Solo [image source]
Mendengar namanya memang ngeri, tapi kamu bakalan ketagihan setelah mencobanya. Kedai Es Buah Bunuh Diri ini berlokasi di Kauman yang lebih tepatnya berada di depan Showroom Batik Keris. Berbeda dari lainnya, es buah ini memiliki porsi jumbo dengan isian warna-warni. Nah, untuk kamu yang terbiasa dengan porsi sedang, sebaiknya pesan satu mangkuk untuk berdua.

Es Buah Bunuh Diri
Es Buah Bunuh Diri [image source]

4. Es Kapal Tempoe Doeloe

Es Kapal Sriwedari Solo
Es Kapal Solo [image source]
Panasnya Solo memang pas didinginkan dengan segelas es segar. Selain es teler, kamu juga bisa menjajal es kapal dengan rasa istimewa. Tersaji sederhana, es ini memiliki warna putih kecoklatan yang bercampur dengan potongan es batu. Menariknya, ada sepotong roti tawar serta siraman susu kental sebagai pemanis. Rasanya mirip dengan es puter dalam bentuk cair. Salah satu kedai yang masih setia menyajikan kuliner legendaris ini ada di Jl. Bhayangkara no.28, Panularan. 

Es Kapal Sriwedari
Es Kapal Sriwedari [image source]

5. Es Gong

Es Gong 2000 Solo
Es Gong 2000 Solo [image source]
Mau yang lebih segar lagi? Coba saja es puding campur durian yang ada di Kedai Es Gong 2000. Tempat makan yang berada di Jalan Kapten Mulyadi, Shelter Lojiwetan, Kedung Lumbu ini menawarkan es segar yang berisi puding, jelly, nangka, kelapa serta siraman sirup yang menggugah selera. Selain porsi biasa, kamu juga bisa memesan es puding dengan daging durian berukuran besar. Dijamin nikmat.

Es Gong 2000
Es Gong 2000 [image source]
Masih bingung mencari kuliner es yang menyegarkan di Solo selain Dawet Telasih racikan Bu Dermi? Kelima tempat di atas bisa jadi rekomendasi nih!

Tags
Indonesia Jawa Tengah Solo Surakarta
Share