Kuliner di Pasar Johar Semarang, Lezatnya Bikin Kamu Terngiang

Advertisement

Semarang, kalau ke kota ini tidak boleh lupa membawa oleh-oleh lumpia khasnya. Namun tidak hanya itu saja, Teman Traveler bisa menjajal kuliner lain yang takkalah lezat. Banyak ditemukan penganan di sudut kota ini, pinggir jalan, kedai-kedai sederhana, restoran, dan pasar. Nah kali ini kita akan membahas apa saja kuliner Semarang di Pasar Johar yang bisa dijajal. Dibaca yuk ulasan berikut!

Es Dawet Durian

Es Dawet Durian Porsi Jumbo via Instagram@semarangfoodtravel
Es Dawet Durian Porsi Jumbo via Instagram @semarangfoodtravel

Walaupun hanya berjualan di atas gerobak dan tidak diberi nama khusus, namun es dawet durian ini tidak pernah sepi pengunjung. Kuliner di Pasar Johar ini berisi dawet, santan, air gula merah, serta aneka buah seperti durian berukuran cukup besar dan nangka. Bisa dikatakan kedai ini melegenda karena sudah berdiri semenjak 20 tahun lalu, dan cita rasanya tetap enak dengan porsi besar. Seporsi es dawet durian berisi 3 sampai 4 durian besar, dihargai Rp20 ribuan.

Nasi Goreng Babat Pak Karmin

Nasi Goreng Babat Pak Karmin via Instagram @makandoang
Nasi Goreng Babat Pak Karmin via Instagram @makandoang

Kuliner di Pasar Johar yang bisa Teman Traveler jajal adalah Nasi Goreng Babat Pak Karmin yang sudah melegenda di Semarang. Memang yang di Pasar Johar ini merupakan cabang dari pusatnya di kawasan Mberok Kota Lama Semarang, namun cita rasanya tidak berubah. Pak Sukarmin sudah berjualan nasi goreng babat hampir 50 tahun, sampai kini pun penikmatnya banyak.

Untuk mempertahankan cita rasa, Pak Karmin mencuci sampai bersih daging babat yang mengandung banyak lemak. Khusus untuk babat dengan daging halus direbus selama kurang lebih 3 jam, sedangkan babat kasar direbus paling tidak 8 jam sampai empuk. Setelah direbus, daging babat tersebut dimasak dengan bumbu rahasia bertekstur kental. Nasi goreng babat ini memiliki cita rasa nikmat pedas yang menggugah selera. Kalau Teman Traveler ke Semarang harus mencicip kuliner legendaris ini ya, cuma Rp25 ribuan kok.

Lumpia Gang Lombok

Lumpia Gang Lombok via Instagram @gitoeste
Lumpia Gang Lombok via Instagram @gitoeste

Nah camilan satu ini letaknya tidak jauh dari Pasar Johar sekitar 5 menit berjalan kaki, tepatnya di Gang Lombok Nomor 11 dekat dengan Klenteng Tay Kak Sie. Memang lumpia merupakan kudapan khas Semarang dan dijual di berbagai sudut di kota ini. Namun, konon Lumpia Gang Lombok ini merupakan kedai legendaris dan telah dikelola oleh generasi ketiga. Terdapat dua jenis lumpia yaitu basah dan kering, dengan isian rebung muda, udang, dan telor. Memiliki cita rasa gurih, apalagi ditambah saus kental dan daun bawang segar. Teman Traveler cukup siapkan kocek setidaknya Rp15 ribu, demi mencicip lumpia legendaris ini.

Nasi Glewo

Nasi Glewo via Instagram @komukinofest
Nasi Glewo via Instagram @komukinofest

Nasi glewo adalah penganan khas Semarang yang hampir punah ini bisa Teman Traveler temukan di Pasar Johar. Tampilannya serupa dengan Nasi Ayam Semarang, namun bedanya lauk Nasi Glewo adalah daging sapi dan koyor, dengan kuah santan bumbu kuning didominasi aroma kencur. Kuliner ini memiliki cita rasa lezat dan sedikit manis, semakin lezat karena penyajiannya ditambah emping mlinjo. Teman Traveler bisa menjajal nasi glewo dengan cukup merogoh kocek Rp20 ribuan saja.

Memang tidak salah nih kalau berwisata kuliner di Pasar Johar Semarang, bisa menjajal aneka ragam makanan. Mulai dari yang berbahan dasar nasi sampai es segar pelepas dahaga. Teman Traveler sudah pernah menemui makanan apa saja nih di Pasar Johar?

Advertisement
Tags
Indonesia Jawa Tengah kuliner Pasar Johar semarang
Share