4 Kuliner Daerah di Pantura, Jangan Lupa Mampir Waktu Mudik

Mudik tak hanya menjadi kesempatan untuk bertemu keluarga besar. Namun ini juga menjadi kesempatanmu untuk mencoba berbagai macam kuliner legendaris setiap daerah. Terlebih lagi jika menggunakan kendaraan pribadi. Kamu dapat berhenti di setiap daerah yang dilewati dan mencoba sajian kulinernya. Jika akan melakukan perjalanan mudik lewat jalur utara, kamu bisa coba empat kuliner di pantura ini.

1. Soto Kudus

Soto Kudus dengan segala toppingnya via instagram
Soto Kudus dengan segala toppingnya via instagram/jktfoodbang

Di setiap sudut Kota Kudus, kuliner ini dapat kamu temukan dengan mudah. Penyajiannya berbeda dengan soto pada umumnya. Kuahnya bening serta disajikan dalam mangkuk kecil dan selalu berisi irisan ayam kampung. Namun resep soto kudus yang berbeda dapat ditemukan di Kedai Pak Ramidjan di Jalan Raya Kudus. Tempat ini menyajikan soto kudus dengan bahan utama daging kerbau.

2. Sate Blengong, Brebes

Sate Blengong dan Kupat glabed via instagram
Sate Blengong dan Kupat glabed via instagram/mitzyfranoto

Brebes memiliki kuliner yang menarik, salah satunya adalah sate blengong. Umumnya sate menggunakan daging sapi atau kambing. Namun hal berbeda akan kamu temukan saat mencicipi sate blengong. Kuliner ini menggunakan bebek dan mentok sebagai bahan dasarnya. Penyajiannya pun tidak menggunakan bumbu kacang, namun hanya menggunakan sambel kecap.

3. Empal Kuah Asem, Cirebon

Empal gentong dengan kuah bening via instagram
Empal gentong dengan kuah bening via instagram/atriatmas

Selain empal gentong, Cirebon juga memiliki kuliner legendaris yang bernama empal kuah asem. Kalau kamu tak suka dengan kuliner yang bersantan, empal kuah asem dapat menjadi opsinya. Jenis kuah inilah yang menjadi pembeda antara empal gentong dengan empal kuah asem. Setelah menempuh perjalanan panjang, kuliner berkuah segar ini tentu dapat menjadi pelepas penat yang tepat.

4. Soto Lamongan

Seporsi soto lamongan via instagram
Seporsi soto lamongan via instagram/jogjafood

Kuliner yang satu ini dapat dengan mudah ditemukan di setiap daerah. Namun tidak ada salahnya jika mencicipi rasa otentik langsung dari asalnya. Karakter yang melekat di soto lamongan adalah kuahnya yang kental dan menyerupai santan. Kuliner ini dapat kamu temukan di setiap sudut Lamongan.

Menempuh perjalanan jauh pasti menghabiskan banyak tenaga. Dengan beberapa kuliner di atas, kamu bisa mampir di beberapa daerah dan mengisi perut kembali. Selain soto lamongan, apa makanan yang sudah pernah kamu coba?

Tags
Indonesia kuliner legendaris Mudik Pantura
Share