4 Kuliner di Jalur Pantura yang Bisa Dicoba Saat Pulang Kampung

Momen mudik tidak hanya tentang kemacetan di jalan. Jika kamu menikmati perjalananmu, pasti bakalan menemukan sesuatu yang menarik. Salah satunya kuliner yang bisa ditemui saat di jalan. Nah, kamu yang berencana untuk mudik lewat jalur darat, berikut ada rekomendasi makanan enak yang bisa dicoba. Khusus kuliner di Jalur Pantura.

1. Nasi Megono, Pekalongan

Nasi Megono Bu Suli, Pekalongan
Nasi Megono Bu Suli, Pekalongan via instagram/@pekalonganculinary

Beruntung jika kamu sampai di Pekalongan ketika malam hari. Jadi bisa sekalian untuk menyantap buka dengan menu khasnya. Apalagi kalau bukan nasi megono, santapan lezat yang terdiri dari nasi, bihun goreng, serta cacahan nangka muda yang dikukus dan diolah bersama bumbu. Biasanya ada tambahan kecombrang agar makin nikmat. Salah satu tempat yang menawarkan menu ini adalah Lesehan Bu Suli di Jalan Jeruk. Rasanya nikmat, apalagi diisantap bersama tempe goreng hangat.

Nasi Megono Bu Suli
Nasi Megono Bu Suli via instagram/@siannakaur

2. Lontong Dekem, Pemalang

Lontong Dekem Pak Drajat, Pemalang
Lontong Dekem Pak Drajat, Pemalang via instagram/@permatasariyuan

Belum sampai Pekalongan sudah waktunya berbuka, paling enak mampir kota Pemalang. Di sini juga ada menu enak yang bisa dijadikan menu santap berbuka. Apalagi kalau bukan Lontong Dekem, hidangan berkuah dengan aneka rempah yang menghangatkan badan. Rasanya makin menggoda karena ada taburan serundeng, kerupuk dan bawang goreng. Menu ini sangat mudah ditemukan di pinggiran jalan. Salah satunya Lontong Dekem Pak Drajat di daerah alun-alun.

Lontong Dekem Pak Drajat
Lontong Dekem Pak Drajat via instagram/@nataliakrystiana

3. Es Campur Bandung, Ciregon

Es Campur Bandung, Cirebon
Es Campur Bandung, Cirebon via instagram/@placetogoandeat

Kesegaran es sebagai menu pembuka saat bedug magrib yang menggiurkan. Apalagi jika menu tersebut adalah es campur Bandung. Bukan di Kota Kembang, minuman menyegarkan ini letaknya di Cirebon yang juga termasuk jalur Pantura. Seporsinya terdiri dari buah alpukat, nangka, timun suri, pacar cina, degan, serta es serut. Tak lupa tambahan air gula serta susu kaleng yang membuatnya makin nikmat. Porsinya tidak hanya banyak, tapi juga penuh warna.

Es Campur Bandung
Es Campur Bandung via instagram/@edinurhamdi

4. Mie Kopyok, Semarang

Mie Kopyok Pak Dhuwur
Mie Kopyok Pak Dhuwur via instagram/@horizonhoman

Semarang juga salah satu kota bersinggah saat perjalanan mudik lewat jalur Pantura. Kuliner enak di ibukota Jawa Tengah ini tidak perlu ditanyakan. Ada banyak termasuk di sekitar Simpang Lima. Salah satu yang bisa dicoba adalah Mie Kopyok Pak Dhuwur. Seporsinya terdiri dari mie, potongan lontong, tahu pong, dan tauge. Tak lupa disiram dengan kuah kaldu yang kemudian ditaburi bawang goreng, seledri dan kerupuk gendar. Tak ada potongan daging, tapi menu ini sudah spesial banget.

Mie Kopyok Pak Dhuwur
Mie Kopyok Pak Dhuwur via instagram/@mastitoo

Nah, itulah kuliner di Jalur pantura yang enak banget. Bagaimana, sudah siap mudik? Jangan lupa untuk cek barang dan juga kesiapan kendaraan agar perjalanan tidak terhambat.

Tags
Cilegon Indonesia Jalur Pantura Pekalongan pemalang
Share